Tujuan Otonomi Daerah Di Indonesia Dan Penjelasannya Lengkap

Tujuan Otonomi Daerah Di Indonesia Dan Penjelasannya Lengkap

Tujuan Otonomi Daerah – Pada umumnya pengertian otonomi daerah adalah hak dan wewenang daerah untuk mengatur urusannya sendiri dalam pemerintahan serta masyarakat yang sesuai dengan ketentuan UU. Peraturan otonomi daerah ini diterapkan sejak tahun 1999 hingga saat ini. Tujuan dari penerapan otonomi daerah ini adalah untuk meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kreativitas, pemberdayaan dan peran serta dari masyarakat.

Tujuan Otonomi Daerah Di Indonesia Dan Penjelasannya Lengkap

Yang dimaksud dengan otonomi daerah adalah hak, wewenang serta kewajiban daerah otonom dalam mengatur dan juga mengurus sendiri sesuai dengan urusan pemerintahan dan kepentingan dari masyarakat setempat yang sesuai dengan aturan dari perundang-undangan.

Arti otonomi daerah menurut KBBI adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah dalam mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pelaksanaan otonomi daerah ini berlandas pada hukum dan sudah diatur di dalam perundang-undangan yang dimulai dalam UU no 22 tahun 1999 mengenai pemerintahan daerah.

Tujuan otonomi daerah ini menurut UU no 23 tahun 2014 yaitu menjabarkan fungsi dari otonomi daerah yang diantaranya yaitu meningkatkan pelayanan masyarakat, mengembangkan kehidupan berdemokrasi, mendorong pemberdayaan masyarakat hingga menumbuhkan kreativitas masyarakat.

Tujuan Otonomi Daerah

Apa saja yang menjadi tujuan dari otonomi daerah? Berikut ini penjelasan dan implementasi dari tujuan otonomi daerah yang ada di Indonesia :

1. Meningkatkan pelayanan masyarakat

Salah satu tujuan dari penyelenggaraan otonomi daerah yang utama adalah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di beberapa daerah. Dengan adanya otonomi daerah membuat lembaga daerah dapat langsung melakukan pelayanan publik, tanpa harus menunggu instruksi dari pemerintah pusat terelebih dulu dan tentunya akan memudahkan masyarakat.

Baca Juga :  Diversifikasi – Pengertian, Tujuan, Bentuk, Strategi dan Manfaatnya Lengkap

2. Mengembangkan kehidupan berdemokrasi

Tujuan dari otonomi daerah ini adalah untuk pengembangan kehidupan yang berdemokrasi di setiap daerah yang ada di Indonesia. Dengan adanya otonomi daerah ini maka membuat struktur pemerintahan daerah atau pemda harus jelas, sehingga harus dilakukan pemilihan kepala daerah dan juga anggota DPR lewat proses demokrasi yang sudah diatur.

3. Meningkatkan keadilan nasional

Tujuan otonomi daerah yang juga penting adalah demi keadilan nasional. Hal ini dilakukan dengan melalui kebijakan pemerintah daerah, pada masyarakat supaya terwujud keadilan serta stabilitas nasional. Artinya setiap pemda akan mengurus daerahnya masing-masing, sehingga pemerintah pusat fokusnya tidak terpecah.

4. Memeratakan wilayah daerah

Tujuan dari otonomi daerah ini juga untuk pemerataan wilayah daerah. Hal ini diwujudkan dengan melalui pemerintah daerah yang melakukan pembangunan dalam memajukan daerahnya, yang sesuai dengan kebutuhan daerahnya. Pemerintah daerah juga bisa melakukan pemekaran wilayah demi memajukan daerahnya masing-masing.

5. Memelihara hubungan yang serasi antara pusat dan daerah

Dengan adanya otonomi daerah ini juga diharapkan supaya bisa mempererat hubungan kerjasama, diantara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Diharapkan juga koordinasi serta sinergi diantara pusat dan daerah menjadi lebih baik, demi terwujudnya keutuhan NKRI di seluruh wilayah Indonesia.

6. Mendorong pemberdayaan masyarakat

Otonomi daerah juga ikut mendorong pemberdayaan masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan peran aktif masyarakat lewat organisasi daerah dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan kesehatan, misalnya seperti Ibu PKK, Karang Taruna atau Kelompok Tani. Tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat.

7. Menumbuhkan prakarsa dan kreativitas masyarakat

Otonomi daerah pun memiliki fungsi untuk menumbuhkan prakarsa dengan kreativitas masyarakat. Peran aktif masyarakat menuntut kreativitas dari warga sekitar dalam mengelola ekonomi serta pariwisata daerah. Prakarsa dari masyarakat akan terus berkembang seiring dengan aturan dalam otonomi tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Saham – Manfaat, Jenis-Jenis, Dan Risiko Saham Lengkap

8. Meningkatkan peran serta masyarakat

Satu hal yang pasti dari adanya otonomi ini adalah peran serta dari masyarakat daerah. Yang bisa diwujukan di dalam beragam hal, termasuk seperti yang telah dibahas sebelumnya yaitu pemberdayaan masyarakat lewat organisasi atau kreativitas masyarakat dalam bidang ekonomi.

9. Mengembangkan peran dan fungsi DPRD

Peran dan juga fungsi dari DPRD tentu menjadi lebih penting karena adanya otonomi daerah. Kebijakan dari DPRD akan berpengaruh secara langsung untuk warga, sehingga peran DPRD ini sangat penting termasuk sebagai penampung aspirasi masyarakat.

10. Menumbuhkan ekonomi daerah

Salah satu output dan juga fungsi daerah tentunya berdampak pada kondisi ekonomi di suatu daerah. Aktifnya peran serta masyarakat serta peran lembaga daerah akan membuat roda ekonomi menjadi lebih berkembang. Dampak dari pertumbuhan ekonomi ini akan berkembang sesuai dengan tujuan pembangunan ekonomi Indonesia.

Itulah pembahasan tentang tujuan otonomi daerah secara lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda, dan mampu melibatkan keaktifan masyarakat dalam bidang ekonomi.

Baca Juga :

Tujuan Otonomi Daerah Di Indonesia Dan Penjelasannya Lengkap | yurissa icha | 4.5