Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri Dan Contohnya Lengkap

Teks Persuasi – Adalah adalah suatu tulisan yang isinya mengajak atau berusaha merebut perhatian, yang isinya mengandung unsur ajakan untuk pembaca supaya melakukan hal tertentu. Untuk jenis teks persuasif sendiri pada umumnya berupa pengalaman yang mengisyaratkan suatu hal yang penting. Biasanya teks persuasi dipakai dalam sarana di beberapa lembaga kesehatan, pemerintahan dan badan usaha tertentu sebagai paragraf propaganda.

Teks Persuasif

Pengertian teks Persuasif dan Contohnya

Pengertian lainnya dari teks persuasif adalah paragraf yang memiliki tujuan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca dengan maksud tertentu. Yang dimana hal ini dilakukan supaya dapat melaksanakan dan menerima gagasan dari penulis dari pendapat atau pandangan tertentu.

Ciri-ciri Teks Persuasif

  • Isinya mengandung fakta dan bukti yang menjadi faktor yang kuat dalam memengaruhi atau suatu kalimat yang berbentuk ajakan atau bujukan.
  • Tulisan dengan tujuan untuk mendorong/memengaruhi suatu hal.
  • Bahasa yang digunakan dibuat provokatif, menarik dan juga antusias. Hal itu dilakukan supaya pembaca bisa lebih yakin.
  • Membuat pembaca menjadi lebih percaya dengan penjelasannya yang menarik.
  • Berupaya supaya menimbulkan kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dan pembaca.
  • Berupaya bisa menghindari konflik yang dimana hal itu dilakukan supaya pembaca yakin serta tercapainya kesepakatan.
  • Memperlihatkan beragam fakta dan menjadi penguat argumentasi atau dalil.

Contoh Teks atau Paragraf Persuasif

“Dengan mengkonsumsi buah-buahan tubuh akan mendapatkan berbagai nutrisi serta vitamin yang di butuhkan seperti Vitamin C. Karena kandungan pada Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit”.

Bila dilihat secara umum teks tersebut berupaya untuk memperoleh perhatian dari pembaca dan memberi pandangan baru melalui tujuan dari isi paragrafnya.

READ  Sudut Pandang – Pengertian, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Bentuk Teks atau Paragraf Persuasif

Bentuk teks atau paragfraf persuasif pada umumnya yaitu sebagai berikut :

  • Bentuk pidato, contohnya propaganda, kampanye lisan dan penjual jamu ditempat-tempat terbuka.
  • Bentuk tulisan, contohnya iklan, brosur dan selebaran.
  • Bentuk elektronik, contohnya iklan TV, bioskop dan internet

Jenis Teks atau Paragraf Persuasif

Teks persuasif ini digolongkan ke dalam beberapa jenis yaitu :

Persuasi politik

Sesuai dengan namanya persuasi politik untuk hal di bidang politik yang kaitannya dengan bidang politik serta kenegaraan. Biasanya para ahli politik dan juga kenegaraan menggunakan persuasi jenis ini sebagai kebutuhan politik dan negara.

Persuasi pendidikan

Persuasi ini pada umumnya digunakan oleh orang tertentu yang berkecimpung atau masih berhubungan dengan pendidikan atau tujuan pendidikan. Misalnya guru yang menggunakan persuasi pada siswanya supaya mereka giat belajar, suka membaca dan lain sebagainya.

Atau seorang motivator/inovator pendidikan yang memanfaatkan persuasi pendidikan, dengan menerapkan beragam konsep pendidikan yang tujuannya bisa dilaksanakan oleh setiap pelaksana pendidikan.

Persuasi Advertensi

Biasanya persuasi ini digunakan di dalam bidang usaha atau dunia usaha yang tujuannya untuk memperkenalkan barang/jasa. Persuasi iklan ini bisa memengaruhi konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan itu. Sebaliknya, persuasi yang kurang baik adalah bila tidak mampu memengaruhi konsumen untuk membeli barang yang sudah diiklankan itu.

Persuasi Propaganda

Informasi merupakan objek yang disampaikan pada persuasi propaganda. Sehingga tujuan dari persuasi bukan hanya berhenti di penyebaran informasi saja, tapi dengan informasi diharapkan pembaca atau pendengar ingin atau mau dan sadar dalam melakukan sesuatu.

Demikian pengertian teks persuasi, yang disertai dengan jenis, ciri dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini dapat dipahami dan membantu anda untuk membuat teks persuasi yang tepat. Semoga bermanfaat.

READ  24 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Naskah Drama

Baca Juga :