Struktur Tulisan Resensi Buku Yang Benar Dan Lengkap

Posted on

Struktur Tulisan Resensi Buku Yang Benar Dan Lengkap

Struktur Tulisan Resensi

Tahukah kalian apa yang dimaksud meresensi? Meresensi buku ialah memberikan penilaian terhadap sebuah buku dengan cara memaparkan, menjelaskan, dan atau mengkritik isi buku tersebut. Saat meresensi diperlukan modal berupa ketekunan dan kesabaran dalam memahami buku. Selain itu, pengetahuan terhadap buku lain yang sejenis juga diperlukan sebagai perbandingan.

Struktur Tulisan Resensi Buku Yang Benar Dan Lengkap

Meresensi buku memiliki tujuan. Tujuan meresensi buku adalah sebagai berikut

  • Memberikan informasi tentang apa yang diungkapkan dalam buku.
  • Memberikan pertimbangan kepada pembaca mengenai pantas dan tidaknya sebuah buku dibaca atau dimiliki.
  • Mengajak pembaca memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan masalah-masalah yang muncul dalam buku yang diresensi.

Agar hasil resensi buku berjalan objektif, penulis resensi harus memperhatikan dua faktor. Pertama tujuan pengarang menulis buku. Kedua, maksud si peresensi sendiri membuat resensinya. jika kedua hal itu sudah dipahami, maka peresensi buku tidak akan kesulitan untuk menulis resensi buku.

Hal yang mesti ada dalam sebuah resensi buku adalah sebagai berikut.

  • Judul Resensi
  • Data Buku

Bagian ini berisi karakteristik fisik sebuah buku yang diresensi. Pada bagian ini akan diinformasikan secara objektif tentang identitas buku. Informasi yang harus disampaikan meliputi: judul, penulis, penyunting (jika ada), penerbit, tahun terbit, cetakan ke berapa, dan tebal buku.

  • Bagian Pendahuluan

Bagian ini berisi ulasan tentang judul buku, paparan singkat isi buku, gambaran secara keseluruhan isi buku, informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan buku. Pada bagian ini juga perlu diulas tentang gaya penulisan buku, membandingkan antara buku yang diresensi dengan buku lain yang memiliki tema sama. Dapat juga membandingkan dengan buku lain yang ditulis oleh penulis yang sama dengan buku yang diresensi. Selain itu, dapat pula berisi paparan tentang kekhasan pengarang  atau memperkenalkan penerbit.

  • Bagian lsi
READ  Pengertian Pengetahuan Eksplisit Dan Implisit Beserta Faktornya Lengkap

Bagian isi berisi ulasan, pertimbangan, penilaian terhadap buku. Bagaimana kualitas isi buku, kelebihan dan kekurangannya dapat dituangkan dalam bagian isi.

  • Bagian Penutup

Kritik atau saran kepada penulis atau penerbit dapat disampaikan dalam bagian ini. Penulis resensi juga dapat memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang perlu tidaknya pembaca membaca atau memiliki buku tersebut. Dengan berbagai ulasan dan pertimbangan yang diberikan, resensi dapat berguna bagi pembaca sekaligus bagi penulis dan penerbit. Bagi pembaca, resensi sangat bermanfaat untuk mempertimbangkan matang-matang perlu tidaknya memiliki buku yang terbit, sedangkan bagi penerbit dan penulis, resensi sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan menyempurnakan buku yang ditulis dan diterbitkan itu.

Dalam menulis resensi buku, kita mesti memperhatikan Iangkah-langkah berikut.

  • Memahami buku yang akan diresensi secara menyeluruh. Buku yang hendak diresensi harus dibaca menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pahaman dalam memaknai sebuah buku. Dan halaman awal hingga akhir sebaiknya dibaca.
  • Mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku. Bentuk fisik buku meliputi fisik buku secara keseluruhan, seperti judul buku, penulls, penerbit, kota terbit dan tahun terbit, termasuk sampul buku. jumlah halaman beserta indeks dan daftar pustaka termasuk di dalamnya. Bentuk fisik buku mengindikasikan ciri-ciri buku.
  • Menunjukkan kelebihan dan kekurangan buku. Tidak ada kesempurnaan dalam sebuah buku. Sebuah buku pasti mengandung kelebihan dan kekurangan sekaligus. Karena itu, tugas meresensi adalah tugas untukmenunjukkan kelemahan dan kelebihan sebuah buku.
  • Merangkum isi buku. Buku yang diresensi hendaknya dirangkum isinya. Tujuannya agar pembaca dapat mengetahul isi buku itu sehingga dapat mengambil manfaat darinya.
  • Menanggapi isi buku. Tanggapan pribadi terhadap isi buku tentu amat diperlukan. Tanggapan isi buku dipandang sebagai penilaian pribadi terhadap buku yang diresensi, yakni apakah bukunya secara umum memiliki gagasan yang menarik atau tidak?