(Resensi Lengkap) Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Posted on

(Resensi Lengkap) Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Memahami Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Rangkuman isi Buku

Menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer hampir sama dengan menulis rangkuman buku lainnya. Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah mencatat pokok-pokok penting yang ada dalam buku. Untuk memudahkanmu, perhatikan sistematika penyajian buku yang direalisasikan dalam bentuk bab, subbab, dan seterusnya. Kamu juga dapat menggunakan daftar isi buku sebagai panduan untuk mencatat pokok-pokok penting yang ada dalam buku. Selanjutnya, berdasarkan pokok-pokok penting yang kamu catat, tulislah kembali dengan bahasamu sendiri rangkuman buku yang telah kamu baca tersebut.

Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Rangkuman hendaknya memperhatikan runtutan penjabaran dan ide keseluruhan dan buku yang telah dibaca. Hal ini dimaksudkan agar rangkuman tersebut tidak menyimpang atau keluar dan ide awal buku yang telah kamu baca. Keruntutan juga berguna agar tidak ada loncatan atau ketakberaturan pemahaman orang yang akan membaca rangkuman yang kamu buat.

Membaca Buku Ilmu Pengetahuan

Buku ilmu pengetahuan populer adalah buku yang berisi pengetahuan yang diuraikan dalam tulisan yang mudah dipahami, menggunakan ragam bahasa populer, dan menjelaskan istilah teknis keilmuan secara sederhana. Buku ilmu pengetahuan populer bermacam jenisnya sesuai bidang keilmuannya. Membaca buku ilmu pengetahuan populer sangat bermanfaat karena dapat menambah pengetahuan dan wawasanmu.

Menulis Rangkuman Isi Buku Ilmu Pengetahuan Populer

Langkah-langkah menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan berikut ini!

  • Membaca data buku,meliputi : judul buku, nama pengarang, penerbit, kota penerbit, hingga tahun terbit.
  • Membaca daftar isi dan kata pengantar buku. Bagian daftar isi dapat digunakan untuk menentukan pokok-pokok isi buku atau membuat kerangka rangkuman.
  • Membaca bagian isi buku bab demi bab dan menandai atau mencatat bagian yang penting. Sambil membaca bab demi bab, kamu dapat mengambil bagian penting untuk melengkapi kerangka yang teiah dibuat berdasarkan daftar isi.
  • Menyusun seluruh catatan berdasarkan sistematika dalam daftar isi.
  • Mempersingkat uraian atau penjelasan dengan membuang bagian-bagian penjelas.
  • Membaca kembali rangkuman yang telah disusun dan memperbaiki ejaan serta tata bahasanya.