Potensi Fisik dan Non Fisik Desa Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Potensi Fisik dan Non Fisik Desa Beserta Penjelesannya Lengkap

Potensi Desa

Potensi desa adalah segala sumber daya yang dimiliki desa, balk sumber daya alam fisik maupun sumber daya alam sosial. Pengertian potensi desa menurut BPS dalam Podes Sensus Ekonomi 2006 adalah kemampuan, daya, atau kekuatan yang memiliki kemungkinan untuk dikembangkan dalam wilayah otonomi desa. Oleh karena itu, potensi desa perlu untuk dikelola dan dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa.

Potensi Fisik dan Non Fisik Desa

Potensi desa terdiri dan dua jenis, yaitu potensi fisik dan potensi nonfisik.

Potensi Fisik

Potensi fisik desa meliputi, antara lain tanah, air, iklim, ternak, dan manusia.

  • Tanah menjadi sumber tambang dan mineral, sumber mata pencaharian, dan sumber penghidupan. Tanah-tanah di desa masih sangat luas sehingga memiliki potensi yang besar untuk berbagai penggunaan.
  • Air dalam bentuk sumber-sumber air memiliki potensi untuk berbagai keperluan. Air dalam keadaan atau kualitas dan tata airnya dliperlukan dalam rumah tangga dan kebutuhan irigasi.
  • Iklim merupakan kondisi alam yang berperan penting dan berpengaruh terhadap kehidupan desa agraris.
  • Ternak dalam arti sebagal sumber tenaga dan sumber bahan pangan. Tenaga hewan ternak dapat dimanfaatkan untuk membantu petani mengolah lahan pertanian.
  • Manusia memiliki dua potensi utama, yaitu memiliki kemampuan tenaga dan kemampuan berfikir. Tenaga dimanfaatkan sebagai sumber tenaga kerja dan kemampuan berfikir untuk perencanaan desa.

Potensi  Non Fisik

Potensi nonfisik meliputi budaya gotong royong, lembaga-lembaga sosial, dan aparatur desa.

  • Budaya gotong-royong menyimpan kekuatan berproduksi dan kekuatan membangun atas dasar kerja sama dan saling pengertian.
  • Lembaga-lembaga sosial, pendidikan, dan organisasi-organisasi sosial desa dapat memberikan bantuan sosial serta bimbingan dalam arti yang positif.
  • Aparatur desa atau pamong desa yang disiplin akan menentukan kelancaran dan ketertiban pemerintahan desa.
READ  Pengertian Desa Menurut UU Beserta Penjelasannya Lengkap

Potensi desa tidak sama di setiap tempat. Hal itu karena adanya perbedaan lingkungan geografis dan lingkungan sosialnya. Termasuk dalam lingkungan geografis antara lain jenis tanah yang berpengaruh terhadap tingkat kesuburan tanah. Keberadaan sumber-sumber air berpengaruh terhadap pola permukiman penduduk. Sementara itu, potensi sosial antara lain meliputi jumlah penduduk yang berpengaruh terhadap ketersediaan sumber tenaga kerja.

Baca Juga :