3 Pola Curah Hujan di indonesia Beserta Penjelesannya

Posted on

3 Pola Curah Hujan di indonesia Beserta Penjelesannya

Pola Curah Hujan diindonesia – Secara keseluruhan rata-rata curah hujan di Indonesia cukup tinggi, yaitu 2.000 mm/tahun. Hal itu disebabkan wilayah Indonesia terletak di daerah tropika. Oleh karena itu, iklim di Indonesia adalah tropika lembap, yaitu ikiim tropis yang banyak mengandung uap air. Rata—rata curah hujan yang tinggi berpengaruh terhadap sebagian besar mata pencaharian penduduk, yaitu di sektor pertanian. Wilayah yang mempunyai curah hujan tinggi antara lain Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Adapun wilayah yang mempunyai curah hujan rendah, antara lain Nusa Tenggara dan sebagian Sulawesi.

Pola Curah Hujan di indonesia

Perbedaan tingkat curah hujan di wilayah-wilayah tersebut disebabkan oleh berbagai fakor, antara lain ketinggian tempat dan pola pergerakan angin. Berdasarkan faktor-faktor tersebut curah hujan di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga pola hujan, yaitu pola ekuatorial, pola monsun, dan pola lokal.

Pola Ekuatorial

Pola ekuatorial berhubungan dengan pergerakan zona konvergensi ke arah utara dan selatan mengikuti pergerakan semu Matahari. Hal itu dicirikan oleh dua kali maksimum curah hujan bulanan dalam waktu satu tahun. Di Indonesia, wilayah yang mengikuti pola ekuatorial adalah sebagian besar Sumatra dan Kalimantan.

Pola Monsun

Pola monsun dipengaruhi oleh angin laut dan angin darat dalam skala yang sangat luas. Hal dicirikan oleh adanya perbedaan yang jelas antara periode musim hujan dan musim kemarau dalam satu tahun. Kondisi itu terjadi di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Baca Juga :  Pertumbuhan Kota Di Indonesia Berdasarkan Sejarah Perkembangannya

Pola Lokal

Pola lokal sangat dipengaruhi oleh kondisi setempat terutama naiknya udara yang menuju dataran tinggi atau pegunungan, serta adanya pemanasan lokal yang tidak seimbang. Kondisi itu banyak terjadi di Maluku, Papua, dan sebagian Sulawesi.

Baca Juga :