Persebaran Flora Dan Fauna di Indonesia – Pengertian, Faktor, Ciri dan Pembagian Wilayah

Pengertian, Faktor, Ciri dan Pembagian Wilayah Persebaran Flora Dan Fauna di Indonesia

Wilayah Indonesia terdiri atas sekitar 17.000 pulau besar dan kecil membentang sepanjang garis khatulistiwa. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Sementara itu, panjang wilayah Indonesia dan barat sampai ke timur sekitar 5.000 km.

Persebaran Flora Dan Fauna di Indonesia

Kondisi geografis tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna sangat melimpah. Indonesia juga diakul sebagai cara yang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia sangat dipengaruhi oleh sejarah geologi wilayah Indonesia pada masa lalu. Wilayah Indonesia terbentuk dan hasil perpaduan berbagai potongan daratan, baik yang berasal dan aktivitas vulkanik maupun daratan masa lalu. Masing-masing potongan daratan tersebut membawa flora dan fauna sehingga menambah jenis flora dan fauna yang telah ada.

Persebaran FLora di Indonesia

Indonesia memiliki habitat yang sangat luas meliputi rawa, hutan basah dan kering, padang rumput, serta gunung bersaiju. Oleh karena itu, jenis tumbuhan di Indonesia sangat beragam. Hampir semuajenis tumbuhan terwakili dengan baik di Indonesia. Namun, yang paling besarjumlahnya adalah darijenis tumbuhan berbiji yang ditemukan sekitar 2 0.000 jenis dan sekitar 2 50.000 jenis di dunia.

Baca Juga :  Dampak Bentuk Muka Bumi Bagi Kehidupan Manusia

Indonesia bersama dengan Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Papua Nugini membentuk kawasan tumbuhan yang disebut Malesia. Tumbuhan di kawasan ini sangat berbeda dengan tumbuhan di sekitarnya yang ditandai oleh adanya perubahan jenis tumbuhan. Perubahan tersebut mencerminkan teijadinya perubahan iklim,  dari iklim lembap yang tetap menjadi iklim yang memiliki musim.

Tipe tumbuhan dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, antara lain keadaan tanah, iklim, dan ketinggian tempat. Oleh karena itu, tumbuhan di Indonesia berbeda-beda. Namun, secara umum persebaran tumbuhan di Indonesia dikelompokkan menjadi enam jenis, yaitu hutan hujan tropis, hutan musim, hutan bakau, sabana, stepa dan padang lumut.

Hutan Hujan Tropis

Wilayah Indonesia yang berada di khatulistiwa selalu mendapat sinar matahari yang banyak sepanjang tahun, suhu udara yang relatif sedang sampai tinggi, dan curah hujan yang Juga tinggi. Kondisi mi memungkinkan tumbuhnya berbagai jenis tanaman, mulai dari lumut hingga pohon yang tingginya mencapai 50 m. Hutan hujan tropis tumbuh hijau sepanjang tahun di pulau-pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Di antara pulau-pulau tersebut, hutan hujan tropis yang paling luas dan lebat berada di Pulau Kalimantan.

Hutan Musim

Hutan musim tumbuh dan berkembang di wilayah yang memiliki perbedaan sangat jelas antara musim hujan dan musim kemarau. Saat musim kemarau pohon-pohon mengugurkan daun-daunnya guna mengurangi penguapan. Namun, sebaliknya saat musim penghujan pohon-pohon tersebut daunnya sangat lebat. Pohon jati dan pohon angsana merupakan vegetasi yang khas di hutan musim. Hutan musim di Indonesia tersebar di sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, serta di Nusa Tenggara Timur.

Hutan Bakau

Indonesia merupakan negara kepulauan yang seluruh wilayahnya dikeliling lautan. Oleh karena itu, wilayah pantainya berpotensi ditumbuhi pohon bakau Namun, hanya pantai-pantai tertentu saja yang dapat dijadikan tempat tumbut dan berkembangnya pohon bakau, yaitu pada pantai-pantai yang landal dan berlumpur. Daerah pantal di Indonesia yang menjadi tempat pertumbuhan bakau terutama adalah Pantai timur Pulau Sumatra, pantai utara Pulau Jawa, pantai-pantai di Kalimantan, dan pantai selatan Pulau Papua.

Baca Juga :  Menginterpretasi Makna Teks Cerpen Terlengkap

Sabana (Savana)

Sabana adalah padang rumput yang sangat luas yang pertumbuhannya diselm pohon-pohon yang tumbuhnya bergerombol. Sabana dapat tumbuh di wilayah dataran rendah yang curah hujamLya sedikit. Wilayah pertumbuhari sabana adalah Jawa Timur dan Nusa Tenggara.

Stepa (Padang Rumput)

Stepa adalah padang rumput yang sangat luas, tetapi tidak diselingi oleh adanya pohon besar lainnya. Stepa dapat tumbuh dan berkembang di daerah yang curah hujannya sangat sedikit. Stepa dapat tumbuh di Nusa Tenggara Timur.

Padang Lumut

Padang lumut dapat tumbuh terutama di daerah yang memiliki temperatur sangat rendah, seperti Puncak pegunungan di Pulau Sumatra, Sulawesi, dan Papua.

Persebaran Fauna di Indonesia.

Wilayah Indonesia yang terdiri dan beribu-ribu pulau dengan berbagai habitat yang ada menjadi wilayah yang kaya akan kehidupan satwa karena dua hal. Pertama, Wilayah Indonesia mencakup dua wilayah persebaran fauna dunia (zoogeografi) yaitu wilayah Oriental yang tersebar di kepulauan Sunda Besar yang meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali dan wilayah Australia, yaltu di Pulau Papua dan Kepulauan Aru. Kedua, wflayah Indonesia memperoleh banyak keuntungan dari pergerakan yang dilakukan oleh hewan-hewan dan kedua wilayah tersebut. Akan tetapi, batas diantara kedua wilayah tersebut tidak pasti. Pulau-pulau yang berada di tengah kedua wilayah Oriental dan Australia, yaitu Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara menjadi tempat pertemuan bagi kedua wilayah tersebut.

Indonesia memiliki 12% jenis mamalia dunia 16% jenis reptil dan amfibi dan 17%jenis burung dunia. Selain itu, terdapat berbagaijenis endemi antara lain 4 jenis dan 2.500 jenis burung dan 200 jenis dan 500 jenis mamalia.

Ciri menarik dan satwa Indonesia adalah tingkat endemi yang ditemukan. Banyak kelompok hewan mengalami persebaran yang luar biasa. Hal itu karena tidak adanya predator dan pesaing, misalnya tikus di Sulawesi, ikan pelangi di kawasan timur Indonesia, serta burung cenderawasth dan kupu-kupu sayap burung di Papua.

Baca Juga :  Mata : Pengertian, Bagian - Bagian dan Cacat Mata Lengkap

Secara umum persebaran fauna di Indonesia dibedakan menjadi tiga wilayah berdasarkan kondisi geografisnya, yaitu fauna Indonesia Barat, fauna Indonesia Tengah, dan fauna Indonesia Timur.

Fauna Indonesia Barat

Wilayah ini meliputi Pulau-pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan beserta pulau-pulau kecil disekitarnya. Fauna wilayah ini termasuk tipe oriental antara lain gajah, banteng, harimau, badak bercula satu, trenggiling, babi hutan, buaya, burung elang dan kijang.

Fauna Indonesia Tengah

Wilayah ini meliputi Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Nusa Tenggara. Wilayah ini ditempati oleh fauna khas Indonesia, antara lain anoa, babi,rusa, kura-kura, biawak, kuskus, komodo, burung maleo, kakaktua, dan cenderawasih.

Fauna Indonesia Timur

Wilayah ini meliputi Pulau Papua beserta pulau-pulau di sekitarnya. Fauna wilayah ini termasuk tipe Australia, antara lain kangguru, walaby, nokdiak, biawak, kura-kura, dan burung cenderawasih.

Baca Juga :