Penyebaran Vegetasi : Pengertian, Faktor, Jenis, Macam dan Contohnya

Penyebaran Vegetasi : Pengertian, Faktor, Jenis, Macam dan Contohnya

PERSEBARAN VEGETASI

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Vegetasi

Faktor – faktor yang mempengaruhi persebaran berbagai jenis vegetasi antara lain iklim, kondisi tanah, serta ketinggian tempat dan bentuk lahan.

Penyebaran Vegetasi

  • Iklim meliputi suhu udara, kelembapan udara, dan angin.
  • Kesuburan tanah merupakan faktor yang berfungsi bagi tumbuhnya berbagai jenis tanaman.
  • Bentuk lahan merupakan faktor yang mempengaruhi kecocokan vegetasi terhadap suhu udara.

Hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis merupakan vegetasi yang sangat subur di permukaan bumi. Hutan hujan tropis banyak dijumpai di daerah beriklim tropis, antara lain Amerika Selatan, Semenanjung Amerika Tengah,Afrika, Madagaskar Australia bagian utara, Indonesia, dan Malaysia. Di daerah hutan hujan tropis tedapat berbagai macam jenis tumbuhan karena sepanjang tahun hutan itu mendapat curah hujan di atas 2.000 mm/tahun, serta keadaan alamnya memungkinkan tumbuhnya berbagai jenis tanaman. Adapun pohon-pohon utamanya memiliki ketinggian antara 20—40 m dengan cabang-cabangnya yang berdaun lebat.

Hutan Gugur

Hutan gugur terdapat di daerah berildim sedang, antara lain Amerika Serikat bagian timur, Kepulauan Inggris, Australia, dan di ujung selatan Benua Amerika. Di daerah tersebut curah hujannya merata, yaitu antara 750 mm — 1.000 mm/tahun. Di hutan gugur pohon-pohon tidak terlalu rapat dan jumlah tumbuhannya relatif sedikit.

Savana

Daerah savana atau padang rumput yang ditumbuhi pohon-pohon yang berserakan atau bergerombol terbentang dan daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Di daerah tersebut pada umumnya mempunyai curah hujan yang tidak teratur, yaitu antara 250 mm — 500 mm!tahun. Daerah padang rumput itu dapat dijumpai di Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Siberia, Argentina, dan Australia.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam - Pengertian dan Pembagian Jenisnya Lengkap

Padang Lumut

Padang lumut merupakan jenis vegetasi yang banyak dijumpai di daerah berildim kutub, misalnya di sekitar Arktik dan di pulau-pulau kecil dekat Antartika. Daerah itu mempunyai musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Fenomena mi disebabkan peredaran Matahari hanya mencapai 23,5 °LU/LS. Oleh karena itu, musim tumbuh tanaman sangat pendek, yaitu 30 sampai 120 hari/tahun. Dengan demikian hanya tumbuhan-tumbuhan tertentu yang mampu bertahan hidup dalam kondisi suhu yang dingin. Beberapa jenis tumbuhan khas yang hidup di daerah itu antara lain lumut, rumput, dan semak.

Baca Juga :