Pengertian Wardrobe Lengkap

Posted on

Pengertian Wardrobe Lengkap

Wardrobe Adalah – Wardrobe bila diartika dari bahasa Inggris artinya lemari pakaian yang fungsinya adalah untuk menyimpan pakaian. Wardrobe adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa Inggris dan pada umumnya mempunyai tinggi sekitar 2 meter. Dan memiliki beberapa pintu dengan rak baju untuk menyimpan pakaian yang dilipat, atau gantungan untuk menyimpan pakaian yang harus digantung. Dan juga memiliki laci yang fungsinya untuk menyimpan surat berharga atau barang berharga.

Seiring dengan perkembangan zaman definisi wardrobe mulai mengalami pergeseran. Di dalam dunia pertelivisian dan perfilman, istilah wardrobe ini berhubungan erat dengan kostum dari pemain dan bukan lemari tempat menyimpan pakaian tersebut. sehingga pengertian dari wardrobe ini adalah pakaian atau busana. Definisi wardrobe artinya beragam aksesoris pendukung kostum bagi beberapa peran tertentu.
Adapun istilah dari wardrobe di dalam fotografi. Pengertian wardrobe dalam fotografi adalah busana yang digunakan, yang sesuai dengan objek foto. Misalnya busana prewedding, casual, dan lain sebagainya.
Orang yang bertugas di bagian wardrobe biasa juga disebut dengan wardrobe officer atau penata busana. Formalnya disebut dengan wardrobe production. Yang dimaksud dengan wardrobe production adalah orang yang bertanggung jawab atas setiap tata busana, mulai dari tahap desain, produksi sampai fitting baju model.
Tapi wardrobe production ini lebih sering disebut dengan wardrobe saja. Sesuai dengan namanya wardrobe officer memiliki tanggung jawab dalam pemilihan kostum, yang digunakan di sebuah acara. Kostum yang dipilih pun harus sesuai dengan tema program, dan talent acara atau setiap pemeran yang ada dalam acara tersebut. seorang wardrobe officer harus aktif dan kreatif dalam menyiasati busana dan aksesoris, yang nantinya akan dikenakan oleh pemain. Kemampuan dalam merancang pakaian dan menjahit, tak mutlak harus dimiliki tapi akan sangat mendukung wardrobe officer tersebut. untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan tugasnya, biasanya wardribe officer bekerjasama dengan costume designer atau perancang busana.
Seorang wardrobe officer juga biasanya tidak akan bekerja sendirian, karena ada asisten yang akan membantu pekerjaan mereka. Ada pula wardrobe supervisor yang tugasnya mengawai segala mecam pekerjaan wardrobe officer.
Berikut ini tips dalam memilih pakaian dari seorang wardrobe officer :

  1. Pilihlah pakaian dengan warna yang sesuai dengan tema acara.
  2. Hindari kostum yang warnanya putih mengkilap apalagi polos tanpa corak.
  3. Jangan memilih pakaian dengan motif kotak kecil karena hal itu dapat membuat hasil visual yang flickr.
  4. Hindari pakaian yang memiliki corak garis kecil, karena dapat membuat efek kelap kelip di mata.
READ  Contoh Surat Penawaran Produk Makanan Ringan

Suksesnya penampilan seorang talent atau pemain, ditentukan oleh kesuksesan wardrobe officer juga yang menjalankan tugasnya. Faktor lainnya yaitu tidak adanya wardrobe malfunction. Wardrobe malfunction ini adalah kesalahan berbusana yang terjadi secara tidak sengaja atau tiba-tiba. Misalnya baju yang melorot, busana yang sobek saat tampil di atas panggung, resleting celana yang tidak tertutup dan lain sebagainya.
Demikianlah penjelasan mengenai wardrobe yang sesungguhnya, dan pengertian wardrobe yang telah mengalami perkembangan zaman. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda, dan menambah wawasan anda.
Baca Juga :