Titik, Garis, Dan Bidang – Pengertian Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Titik, Garis, Dan Bidang Lengkap

Pengertian Garis – Di dalam materi ruang tiga dimensi tentu tak bisa dipisahkan dari konsep titik, garis dan juga bidang. Konsep itu pun berurutan mulai dari konsep titik, garis kemudian bidang dan yang terakhir adalah ruang. Bila seseorang mempelajari konsep ruang maka harus menguasasi konsep bidang dahulu, bila konsep bidang telah dikuasai maka anda harus paham konsep garis, dan bila anda sudah menguasai konsep garis maka anda harus menguasai konsep titik.
Titik, Garis, Dan Bidang

Pengertian Titik

Dalam dunia menulis titik merupakan tanda yang digunakan untuk mengakhiri kalimat, tapi dalam dunia matematika titik adalah sesuatu yang mempunyai kedudukan tapi titik ini tak memiliki ukuran. Titik juga mempunyai kesamaan seperti di dalam dunia menulis, dalam dunia matematika titik dipresentasikan dengan noktah. Namun di dalam dunia matematika titik diberi nama dengan memakai huruf kapital misalnya A, B, C dan lain sebagainya.

Pengertian Garis

Garis adalah himpunan titik-titik yang anggotanya terdiri dari lebih satu titik. Titik itu berderet ke dua arah yang berlawanan sampai jauh tak terhingga. Sedangkan model atau representasi garis misalnya seperti seutas benang atau tali yang lurus, yang dapat diperpanjang ke dua arah yang berlawanan sampai jauhnya tak terhingga. Garis hanya mempunyai ukuran panjang, beda dengan titik yang diberi nama dengan memakai huruf kapital, tetapi garis diberi nama dengan memakai huruf kecil seperti g, h, k dan seterusnya. Atau dua buah huruf kapital misalnya AB, AC, BC dan seterusnya.

Pengertian Bidang

Bidang adalah himpunan dari beberapa garis yang dimana anggotanya terdiri dari satu buah garis. Permukaan sebuah kertas yang dapat diperlebar ke semua arah. Bidang mempunyai ukuran panjang dan lebar diberi nama dengan menyebutkan sebuah titik sudut dari bidang tersebut atau juga huruf dan seterusnya.
Itulah penjelasan mengenai pengertian garis, titik dan juga bidang secara lengkap. Semoga artikel ini dapat dipahami dan apa saja perbedaan antara ketiganya. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :