Teks Eksposisi – Pengertian, Tujuan, Ciri, Contoh, Struktur, Kaidah Kebahasaan Dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Teks Eksposisi – Tujuan, Ciri, Contoh, Struktur, Kaidah Kebahasaan Dan Jenisnya Lengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi – Teks eksposisi adalah suatu teks yang mengandung paragraf/karangan yang di dalamnya terdapat sejumlah pengetahuan, serta informasi yang disajikan dengan singkat, padat, akurat dan mudah untuk dipahami. Teks eksposisi yang sifatnya nyata, real, dan ilmiah atau dapat disebut juga sebagai teks non fiksi.

Teks Eksposisi

Tujuan Teks Eksposisi

Adalah untuk menerangkan atau menjelaskan dengan jelas beberapa informasi tertentu pada pembaca, dan menjadikan setiap pembaca mendapatkan pengetahuan dengan rinci dari suatu hal atau kejadian dengan membaca teks eksposisi.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Teks eksposisi juga memiliki ciri dan karakteristik, yang diantaranya yaitu :

  • Menjelaskan informasi atau pengetahuan mengenai suatu hal
  • Gaya informasi yang sifatnya mengajak
  • Pemaparan memakai bahasa baku dan ditampilkan secara lugas
  • Sifatnya netral atau tidak memihak
  • Fakta yang dipakai sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi.

Struktur Teks Eksposisi

Dalam membuat teks eksposisi juga mempunyai struktur, yaitu :

Pembukaan

Adalah bagian yang mengandung pandangan awal penulis tentang suatu permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.

Isi (Thesis)

Adalah isi teks eksposisi yang di dalamnya terdapat kumpulan pendapat dari orang lain yang dianggap lebih ahli, yang berhubungan dengan permasalahan serta pokok bahasan yang sedang dibahas. Dalam melakukan indentifikasi struktur teks eksposisi ini sangat mudah, kita dapat mengidentifikasi thesis dengan memerhatikan pemilihan katanya.

Argumentasi

Bagian ini berisi bukti yang relevan yang mendukung thesis atau isi dari teks eksposisi. Secara umum argumentasi akan berisi fakta yang berkaitan dengan inti bahasan, contohnya tanggal, latar, narasumber, dan pemakaian angka-angka yang seringkali bersifat konkrit.

READ  Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai Lengkap

Penegasan Ulang

Bagian ini berisi kesimpulan yang meliputi pembukaan, thesis sampai argumentasi yang disajikan penulis, yang disajikan dengan bahasa yang berbeda serta lebih singkat.

Kaidah Bahasa Teks Eksposisi

Di dalam teks eksposisi ini memiliki ciri kebahasaan serta kaidahnya, antara lain yaitu :

  • Memakai pronomina adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  • Menggunakan konjungsi. Yang dapat digunakan dalam teks eksposisi untuk menguatkan argumentasi.
  • Menggunakan kata leksikal tertentu atau kata yang mengarah pada kamus yaitu kata yang mengarah pada benda, baik secara nyata atau abstrak. Di dalam kalimat yang berkedudukan subjek dilihat dari bentuk serta artinya, terdapat yang berbentuk nomina dasar atau turunan.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks ini menggunakan penjabaran yang sederhana atau bentuk konkrit dari sebuah ide. Memberi ilustrasi sesuatu dan mempunyai kesamaan sifat, serta menggunakan kata penghubung.

Teks Eksposisi Berita

Teks ini menyajikan informasi dari suatu kejadian, teks ini juga sering dijumpai di dalam berita atau surat kabar.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks yang satu ini menjelaskan ide/gagasan dalam kalimat utama dengan metode perbandingan.

Teks Eksposisi Proses

Teks ini mengandung panduan atau tata cara dalam membuat sesuatu.

Teks Eksposisi Definisi

Teks ini memuat definisi dari suatu objek.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks ini mengandung pertentangan diantara objek dengan objek yang lainnya. Jenis eksposisi ini sering menggunakan frasa penghubung seperti  Meskipun begitu, akan tetapi, sebaiknya.

Teks Eksposisi Analisis

Proses memisahkan masalah dari gagasan utama untuk menjadi beberapa sub bagiannya. Kemudian melakukan pengembangan dengan cara beruntun.

Contoh Teks Eksposisi

Fakta Hukum Di Indonesia
Tesis:
Seharusnya hukum di Indonesia seperti yang sudah diatur pada Undang-Undang telah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku kejahatan.
Namun begitu, faktanya seringkali terjadi ketidakadilan hukum yang bisa merugikan banyak orang. Hukum dapat saja tegas tetapi menjadi mendadak tumpul pada saat berhadapan dengan koruptor, itulah yang terjadi saat ini.
Argumentasi:
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa koruptor di Indonesia menerima hukuman yang bisa disebut tingkatan ringan, bahkan ada koruptor yang memperoleh tunjangan fasilitas mewah padahal telah dianggap merugikan negara.
Kita tentu sering melihat di berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa sampai tewas. Tetapi belum pernah kita tahu koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas
Penegasan Ulang
Hukum di Indonesia dapat dibilang hanya tegas kepada rakyat kecil. Contoh adalah kasus yang pernah dialami nenek Asyani.
Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, jika dibanding dengan hukuman yang diterima oleh koruptor.
Demikian kaidah kebahasaan teks eksposisi yang dilengkapi dengan pengertian, tujuan, ciri, struktur, jenis serta contohnya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda yang sedang mempelajari teks eksposisi. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :