Pengertian Sumber Daya Mineral di indonesia dan Fungsinya

Pengertian Sumber Daya Mineral di indonesia dan Fungsinya

Mineral Sebagai SDA

Mineral merupakan bahan pembentuk batuan yang tersusun oleh ikatan dan satu atau lebih unsur bukan logam dan atau melalui berbagai proses kimiawi dan fisika yang secara alami seiring dengan peristiwa geologi. Penstiwa yang berkaitan dengan pembentukan mineral dan bebatuan adalah magnetik kegunungapian, sedimentasi, serta kegiatan karena perubahan kondisi lingkungan (proses metamorfik).

Pengertian Sumber Daya Mineral di indonesia dan Fungsinya

Sumber daya mineral memiliki dua pengertian. Pertama, sebagai salah satu kompinen sumber daya alam yang sehari-hari dikenal sebagai bahan tambang atau bahan galian, memiliki kemampuan untuk menunjang berbagai aspek kehidupan secara alami serta untuk keperluan berbagai bahan baku industri. Kedua, sebagai bahan galian yang terdiri dan bebatuan, kelompok mineral, atau individu, sedangkan untuk memperolehnya diperlukan teknologi pencarian dan pengelolaan.

Berbagai jenis sumber daya mineral dapat digolongkan berdasarkan kegunaannya. Pertama adalah unsur-unsur kimia yang berguna karena sifat logamnya, antara lain besi, alumunium, mangan, titanium, tembaga, timah hitam, dan seng. Kedua adalah bahan-bahan bukan logam antara lain natrium kiorida, kalsium fosfat, belerang, pasir, batu, batu bara, minyak tanah, gas bumi, dan air.

Mineral dan bebatuan pada umumnya bersifat padat, kecuali minyak dan gas bumi yang masing-masing bersifat gas dan cair. Bahan galian memiliki sifat kelangkaan keterbatasan, dan tidak dapat diperbarui. Artinya, keberadaannya pada berbagai tempat di bumi tidak merata (ada kawasan yang berlimpah dan ada kawasan yang tidak ada). Oleh karena itu, jika bahan galian habis karena ditambang, untuk memperolehnya harus dicari di tempat yang lain. Keadaan tersebut memberikan acuan terhadap keterbatasan cadangan yang dimiliki oleh suatu kawasan atau negara.

Baca Juga :  8 Pola dan Bentuk Persebaran Desa Beserta Gambarnya Lengkap

Baca Juga :

Pengertian Sumber Daya Mineral di indonesia dan Fungsinya | hasbimutsani | 4.5