Pengertian Sholat – Syarat Dan Rukunnya Lengkap

Pengertian Sholat – Syarat Dan Rukunnya Lengkap

Pengertian Sholat – Syarat Dan Rukunnya Lengkap

Pengertian Sholat – Setiap muslim wajib melakukan sholat dalam melaksanakan ibadah sholat fardhu/wajib. Yaitu sholat 5 waktu dalam 1 hari semalam. Hukum sholat 5 waktu adalah fardhu’ain.

Sejak kecil kita juga harus menanamkan kebiasaan sholat, dan saat beranjak baligh sholat tersebut menjadi sebuah kewajiban. Ada banyak keutamaan sholat yang dapat kita peroleh baik di dunia maupun di akhirat nanti. Berikut ini pembahasan serta penjelasan mengenai pengertian, syarat dan rukun sholat secara lengkap.

Pengertian Sholat

Menurut bahasa makna sholat itu artinya doa, dan secara istilah sholat adalah kewajiban yang terdiri dari ucapan serta perbuatan yang diawali dengan takbiratul ikhram serta diakhiri dengan salam dan juga rukun serta persyaratan tertentu.

Menurut hakikatnya sholat adalah menghadap jiwa pada Allah SWT yang dapat melahirkan rasa takut kepada Allah dan juga membangkitkan kesadaran, dan dalam setiap jiwanya terdapat kebesaran serta kekuasaan Allah SWT.

Menurut Ash Shiddieqy sholat adalah menggambarkan rukhus dan juga jiwa sholat yaitu berharap kepada Allah dengan sepenuh hati, jiwa dan raga. Dengan segala kekhusyuan dihadapan Allah serta ikhlas yang dilengkapi dengan hati yang selalu berzikir, berdo’a dan memujiNya.

Dalam mengerjakan sholat tentu harus selalu berusaha menjaga kekhusyuannya. Menurut bahasa khusyu berasal dari kata khasya’a yakhsya’u khusyu’an, yang artinya memusatkan penglihatan pada bumi dan memejamkan mata atau meringankan suara pada saat sholat.

Baca Juga :  Akhlakul Karimah – Dalil, Pengertian, Jenis, Dan Contohnya Lengkap

Arti khusyu itu lebih dekat dengan khudu yaitu tunduk dan takhasysyu’, yaitu membuat diri menjadi khusyu. Khusyu bisa melalui suara, gerak badan atau penglihatan. Ketiganya juga menjadi tanda kekhusyuan bagi seseorang yang sedang melaksanakan sholat.

Dalam istilah syara, khusyu adalah keadaan jiwa yang tenang dan tawadhu, lalu khusyu di hati ini sangat berpengaruh dan akan tampak pada anggota tubuh yang lainnya. Menurut A. Syafi’i khusyu’ artinya adalah menyengaja, ikhlas, tunduk lahir batin, dengan menyempurnakan keindahan bentuk ataupun sikap lahirnya (badan). Dan memenuhinya dengan kehadiran hati, kesadaran dan pemahaman segala ucapan maupun sikap lahiriyah tersebut.

Syarat Wajib Sholat

Ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan sholat, yaitu:

  1. Muslim (beragama Islam)
  2. Berakal sehat
  3. Baligh
  4. Suci dari hadas kecil & hadas besar
  5. Sadar

Syarat Sah Sholat

  1. Telah masuk waktu sholat
  2. Menghadap kiblat
  3. Menutup aurat
  4. Suci badan, tempat sholat dan pakaian yang digunakan dari najis
  5. mengetahui tata cara pelaksanaannya

Rukun Sholat

Ada beberapa rukun sholat yang wajib diketahui. Antara lain:

  1. Niat
  2. Berdiri tegap bila mampu, dan diperbolehkan duduk atau berbaring bagi yang udzur
  3. Takbiratul ihram
  4. Membaca suratul fatihah pada setiap rokaatnya
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Duduk Tasyahud Akhir
  10. Membaca tasyahud akhir
  11. Membaca shalawat Nabi
  12. Mengucap salam pertama
  13. Tertib (Dilaksanakan secara berurutan)

Sekian pembahasan mengenai pengertian sholat, syarat beserta rukunnya lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat meningkatkan keimanan dan ibadah kita kepada Allah SWT.

Baca Juga :