Santri : Pengertian, Kelompok dan Metode Membentuk Perilakunya Lengkap

Posted on

Pengertian Santri Serta Metode Yang Membentuk Perilakunya Lengkap

Santri – Santri adalah seorang pelajar atau seseorang yang belajar ilmu agama, serta memiliki tugas sebagai santri untuk menjalankan dan mentaati peraturan yang sudah terbuat dari pondok dan tidak melanggar aturan. Berikut penjelasan lengkapnya.
Santri : Pengertian, Kelompok dan Metode Membentuk Perilakunya Lengkap

Definisi Santri

Pada umumnya santri adalah sebutan untuk seseorang yang mengikuti pendidikan agama islam di pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut sampai pendidikannya selesai. Menurut bahasa santri berasal dari bahasa sansekerta, atau shastri yang artinya kitab suci, agama dan ilmu pengetahuan. Ada juga yang mengatakan kata santri berasal dari kata cantrik, yang artinya pembantu begawan atau resi. Seorang cantrik akan diberi upah yang berupa ilmu pengetahuan oleh begawan atau resi tersebut. tak jauh berbeda dengan seorang santri yang mengabdi di sebuah pesantren, yang dimana konsekuensinya yaitu ketua pokok pesantren yang memberi tunjangan pada santri tersebut.
Menurut Nurcholish Madjid, asal usul kata santri berasal dari dua pendapat. Diantaranya yaitu :

  1. Santri berasal dari kata sastri yaitu bahasa sansekerta yang artinya adalah melek huruf. Pendapat ini menurut Nurcholish Madjid berdasarkan pada kaum santri kelas literaly bagi orang Jawa, yang berusaha mendalami agama dengan melalui kitab yang bertuliskan bahasa Arab.
  2. Pendapat lainnya mengatakan bahwa kata santri yang sesungguhnya berasal dari bahasa Jawa, yaitu cantrik yang artinya seseorang yang selalu mengikuti seorang guru kemanapun guru pergi dan menetap.

Kelompok Santri

Santri adalah para siswa yang mendalami ilmu agama di pesantren, baik yang tinggal di pondok maupun pulang setelah selesai waktu belajar. Zamakhsyari Dhofir dibagi menjadi dua kelompok, yang sesuai dengan tradisi pesantren yang diamatinya. Diantaranya yaitu :

  1. Santri Mukmin. Adalah para santri yang menetap di pondok. Biasanya diberikan tanggung jawab untuk mengurusi kepentingan pondok pesantren. Bertambah lama tinggal di pondok, dan statusnya akan bertambah. Biasanya mereka diberi tugas oleh Kyai untuk mengajarkan kitab dasar kepada santri yang lebih junior.
  2. Santri Kalong. Adalah santri yang selalu pulang setelah selesai waktu belajar, atau jika malam ia berada di pondok dan siang ia pulang ke rumah.
READ  Syarat Ibadah Haji – Rukun Dan Wajib Haji Lengkap

Metode Membentuk Perilaku Santri

  1. Metode Keteladanan (Uswah Hasanah)
  2. Latihan dan Pembiasaan
  3. Mengambil Pelajaran (ibrah)
  4. Nasehat (mauidah)
  5. Kedisiplinan
  6. Pujian dan Hukuman (targhib watahzib)

Sekian pembahasan mengenai pengertian santri, serta metode yang membentuk perilaku santri pada umumnya. Semoga informasi ini berguna bagi anda semua, dan dapat menambah pengetahuan anda.
Baca Juga :