Pengertian Sabar Dalam Islam, Contoh, Manfaat, Dalil Dan Hadistnya Lengkap

Pengertian Sabar Dalam Islam, Contoh, Manfaat, Dalil Dan Hadistnya Lengkap

Sabar Dalam Islam – Secara bahasa sabar dalam bahasa Arab diambil dari kata sobaro yasbiru yang artinya menahan. Mari simak ulasan lengkap tentang sabar di dalam islam dan penjelasan contoh, manfaat, dalil serta hadisnya.

Pengertian Sabar Dalam Islam, Contoh, Manfaat, Dalil Dan Hadistnya Lengkap

Pengertian Sabar Dalam Islam

Sabar adalah menahan diri dari beragam kesulitan dan kesedihan yang dengan kata lain artinya menahan diri dari hal yang tidak disukai dan dibenci.

Arti sabar secara luas adalah menahan diri supaya tak mudah marah, benci, dendam, tidak mudah putus asa, berkeluh kesah, melatih diri agar selalu melakukan ketaattan dan membentengi diri untuk tidak melakukan perbuatan keji dan maksiat.

Contoh Sikap Sabar

Terutama di dalam agama islam, ada tiga jenis sabar yaitu sabar dalam ketaatan, sabar dalam menghadapi musibah, dan sabar dengan tidak melakukan maksiat. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis sabar :

1. Sabar dalam ketaatan

Dalam melaksanakan perintah dari Allah SWT tentu bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, dan akan terasa berat sehingga memerlukan kesabaran yang tinggi. Seperti misalnya sabar dalam menahan diri dari sifat malas, dan agar selalu istiqamah dalam menjalankan kewajiban shalat lima waktu, serta sabar dalam menjalani ibadah puasa sabar seperti menjaga hati, lisan, pikiran, dan sabar dalam menuntut ilmu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga :  Sifat Wajib, Mustahil, Dan Jaiz Nabi Dan Rasul Lengkap

2. Sabar dalam menghadapi cobaan dan musibah

Sabar atas cobaan, ujian dan segala musibah yang menimpa kita. Mempunyai keyakinan bahwa Allah tak akan menguji hambaNya di luar batas kemampuan hambaNya. Jika kita mendapat cobaan maka kita harus ikhlas dan sabar dalam menghadapi cobaan tersebut. karena Allah SWT sesungguhnya selalu bersama dengan orang-orang yang sabar.

3. Sabar dalam kemaksiatan

Yaitu menjauhi segala hal yang diharamkan dan juga dilarang oleh Allah SWT. Segala bentuk maksiat itu memang menyenangkan, tetapi Allah SWT melarangnya. Sehingga orang yang beriman wajib menjaga serta menahan diri dari segala jenis dan bentuk maksiat.

Manfaat Sabar

Dengan bersabar, ada banyak manfaat yang kita rasakan langsung. Diantaranya yaitu :

1. Akan berpengaruh baik bagi Ketenangan pada Tubuh dan Pikiran

Dengan bersabar maka akan membuat tubuh dan juga pikiran lebih tenang, anda juga tak akan terbebani dengan target apa saja yang ingin diraih, dan tak akan stres.

2. Menikmati Sebuah Proses

Bila dalam sesuatu hal kita melakukannya dengan terburu-buru, maka anda akan selalu berusaha serta hanya melihat targetnya saja. Karena dalam setiap proses yang begitu berharga maka nikmati saja proses tersebut.

3. Menstabilkan Tempo dengan Lingkungan

Bukan pada diri pribadi saja yang akan merasakan dampak bila kita tak sabar, tapi lingkungan pun akan menjadi terpengaruh. Dan juga bisa timbul emosi yang stabil serta tak mudah dipengaruhi oleh lingkungannya.

4. Hidup Damai

Dengan sabar maka hal itu tidak akan menimbulkan kegelisahan, kebencian dan juga permusuhan. Tapi dengan anda sabar, maka anda akan merasakan hidup yang lebih damai karena segala sesuatu dilakukan dan mengalir dengan sendirinya.

Baca Juga :  Nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an Dan Artinya Lengkap

Dalil Tentang Sabar

Ada beberapa ayat al quran yang berkaitan dengan sabar, yang diantaranya sebagai berikut :

Firman Allah SWT QS. Al-Baqarah: 153 :

Yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar“. (QS. Al-Baqarah: 153)

Firman Allah SWT QS. Al-Baqarah: 177 :

Yang artinya : “Dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa“. (QS. Al-Baqarah: 177)

Berikut ini adalah Hadits mengenai sabar, diantaranya sebagai berikut :

Yang artinya: “Sangat menakjubkan semua urusan orang yang beriman, sesungguhnya segala urusannya itu sangat baik baginya, dan hal itu tidak dimiliki oleh seorangpun, kecuali orang yang beriman. Apabila ia mendapatkan kesenangan ia bersyukur, maka yang demikian itu sangat baik dan apabila ia tertimpa kesusahan ia  sabar, maka yang demikian itu sangat baik baginya“. (Hadist Riwayat Muslim)

Yang artinya : “Barangsiapa yang sabar akan disabarkan Allah, dan tidak ada pemberian Allah yang paling luas dan lebih baik daripada kesabaran“. (Hadist Riwayat . Bukhari, Muslim, Ahmad, at-Tirmidzi, Nasa’i, Abu Dawud, Malik dan Ad-Darimi)

Demikian penjelasan dan pembahasan mengenai sabar dalam islam, semoga artikel ini bisa menjadi pedoman bagi setiap muslim dalam melatih sabar di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :

 

 

Pengertian Sabar Dalam Islam, Contoh, Manfaat, Dalil Dan Hadistnya Lengkap | yurissa icha | 4.5