Pengertian Rundown Acara Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Rundown Acara Lengkap

Rundown Acara – Dalam bahasa Indonesia yang dimaksud dengan rundown adalah laporan singkat, mengenai bagian utama dari suatu hal tertentu.

Pengertian Rundown Acara Beserta Penjelasannya Lengkap

Yang dimaksud dengan rundown acara adalah susunan program yang bersifat sistematis dari sebuah acara yang dibatasi dengan durasi. Pada umumnya rundown acara dibuat oleh panitia dalam sebuah acara. Biasanya rundown acara ini berbentuk tabel dan digunakan di beragam event atau acara, baik acara seminar, televisi, atau event semacam talkshow, konser musik, pernikahan, peresmian gedung, dan sebagainya.

Fungsi dari rundown acara ini adalah supaya sebuah acara tersusun dengan rapi, teratur dan lebih sistematis. Bagi audiens yang awam, rundown acara juga akan sangat membantu mereka dalam mengetahui serta memahami jalan/alur pada sebuah acara.

Dengan adanya rundown, maka di setiap bagian acara akan diatur dengan lengkap dan teratur dari awal sampai akhir acara. Contohnya berapa menit waktu yang akan digunakan untuk pembukaan, berapa menit kata sambutan, berapa menit jeda, dan begitulah seterusnya untuk bagian acara yang lainnya. Sehingga akan diketahui berapa kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk acara tersebut, sehingga dapat lebih menghemat waktu dan tak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia.

Rundown acara ini juga dibuat untuk mengkoordinasi panitia serta pengisi acara sehingga dapat mengelliminasi kesalahan yang mungkin terjadi. Penanggung jawab acara juga bisa mengontrol apa saja yang masih menjadi tugasnya. Panitia juga akan tahu kapan saatnya harus melakukan bagian acara ini, sehingga tidak akan ada yang kebingungan dan juga kekosongan ketika acara itu berlangsung nantinya.

Baca Juga :  Leaflet : Pengertian, Definisi, Sejarah, Fungsi Dan Kegunaan Leaflet Lengkap

Tetapi walaupun sudah diatur dengan detail acara dan waktunya, rundown acara juga masih bisa bersifat fleksibel. Artinya isinya masih dapat diubah sewaktu-waktu. Selama perubahannya tidak melenceng terlalu jauh dari konsep yang sudah ada, maka hal itu tentu menjadi bagian dari penanggung jawab dari acara tersebut, dan bisa segera mengkomunikasikannya dengan beberapa pihak yang terlibat. Sehingga tak ada bagian acara yang kosong atau hilang.

Ketika acara selesai, rundown acara tetap akan dibutuhkan untuk proses evaluasi apakah acara berlangsung dengan baik dan sukses. Atau masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Sehingga ke depannya bisa dibuat rundown yang lebih baik lagi, demi kesuksesan acara yang berikutnya.

Sekian pembahasan mengenai pengertian rundown acara dan bagaimana penjelasannya. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk memahami, cara membuat sebuah rundown acara yang baik dan benar.

Baca Juga :