Resort : Pengertian, Jenis Dan Karakteristiknya Lengkap

Resort : Pengertian, Jenis Dan Karakteristiknya Lengkap

Pengertian Resort : Jenis Dan Karakteristiknya Lengkap

Resort Adalah – Apa yang terlintas di pikiran anda bila mendengar kata resort? Sebagian besar mungkin akan membayangkan sebuah tempat penginapan yang indah, atau salah satu fasilitas penunjang dalam berlibur dan juga bersenang-senang.

Pengertian Resort , Jenis Dan Karakteristiknya

Di dalam bidang pariwisata istilah resort ini merupakan suatu tempat yang biasanya digunakan untuk relaksasi, berlibur, rekreasi dan sebagainya. Yang dimana resort ini juga menyediakan fasilitas pendukung seperti misalnya tempat menginap, tempat makan, sarana olahraga, sarana hiburan, dan pusat perbelanjaan.

Misalnya seperti di Bali, Raja Ampat, Pulau Lombok, dan masih banyak lagi tempat indah lainnya. Resort bisa berupa suatu bangunan, kota bahkan sebuah pulau yang biasanya dibangun di daerah yang mempunyai keindahan alam sehingga memiliki potensi untuk menarik minat wisatawan agar mengunjunginya.

Bila merujuk pada KBBI maka pengertian dari resort ini disebut dengan resor, yang merupakan suatu daerah dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Hal itu juga sejalan dengan pengertian resort dalam bidang pariwisata, yang dimana biasanya resort ini didirikan di tempat-tempat wisata yang berupa kelompok bangunan. Walaupun ada pula resort yang bentuknya pulau.

Resor ini juga didefinisikan sebagai daerah kekuasaan, contohnya kata resor yang dalam istilah kepolisian disebut dengan kepolisian resor. Yang artinya kepolisian yang membawahi daerah pada tingkat kabupaten. Pengertian resor yang berikutnya dalam KBBI adalah lingkungan kerja.

Pembangunan resor di beberapa daerah yang memiliki potensi wisata, adalah hal yang sangat penting karena bisa menambah daya tarik wisatawan. Bukankah kita sering mendengar beberapa lokasi wisata yang mempunyai keindahan alam tapi sepi pengunjung atau belum terlalu dikenal, karena minimnya fasilitas seperti misalnya tak adanya penginapan, tempat makan, tempat bermain dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan Pekerja Bebas Untuk Npwp

Dengan adanya resor tersebut maka pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas, sehingga liburan ke suatu tempat menjadi lebih mudah dan juga menyenangkan. Selain itu pembangunan resor bisa membuka lapangan kerja, yang dimana sebuah resor tentu memerlukan banyak pekerja dalam mengelola resor. Masyarakat yang ada di sekitar resor juga banyak yang diuntungkan, karena mereka bisa membuka berbagai usaha seperti menjual makanan, menjual souvenir, jasa pemandu wisata, dan lain sebagainya.

Bagi anda yang senang berlibur ke luar kota atau luar negeri, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya penginapan atau tempat bermalam. Penginapan memiliki berbagai tipe misalnya hotel, villa, resort, losmen, guest hotel, dan lain sebagainya.

Menurut wikipedia yang dimaksud dengan resort adalah tempat untuk berelaksasi atau relaksasi, dan menarik para pengunjung untuk berlibur. Resort juga disebut dengan tempat, kota, atau bangunan komersial yang dioperasikan oleh suatu perusahaan. Resort ini menyediakan banyak keinginan dari para pengunjung, seperti misalnya makanan, minuman, penginapan, olahraga, hiburan, dan perbelanjaan. Jadi, hotel merupakan salah satu fitur utama sebuah resort.

Jenis-Jenis Resort

  1. Resort di suatu daerah. Adalah sebuah bangunan komersial di kota resort, seperti misalnya wilayah rekreasi, situs bersejarah, taman tema, fasilitas permainan, atau atraksi turis lainnya bersaing dengan bisnis lain di kota itu. Misalnya hotel di sekitar Walt Disney World, resort di St. Martin di Karibia, atau bangunan di Aspen, Colorado, AS.
  2. Resort tujuan. Yaitu jenis resort yang berisi atau yang menawarkan makanan, minuman, penginapan, olahraga, hiburan, dan perbelanjaan di dalam bangunan sehingga tamu tidak perlu meninggalkan bangunan selama menetap di sana. Contohnya adalah Atlantis di Bahama, Costa do Sauipe di Brasil, atau Laguna Phuket di Thailand.
  3. Resort lengkap. Adalah resort yang menyediakan amenity dari suatu resort, yang memberi harga terjangkau yang meliputi kebanyakan atau seluruh item yang ada.
  4. Resort mewah. Disebut juga dengan resort eksklusif, memiliki tarif yang cenderung mahal dan memiliki fasilitas dan layanan standar bintang lima yang juga lengkap. Resort mewah ini sering mendapatkan banyak wisatawan, melalui kegiatan wisata seperti misalnya golf, olahraga air, fasilitas spa dan kecantikan, ski, serta ekologi alam atau ketenangan.
Baca Juga :  Pengertian Aspirasi Di Berbagai Bidang Lengkap

Pengertian Resort Menurut Para Ahli

  1. Menurut Mill (2002:27) resort adalah tempat untuk orang-orang berekreasi.
  2. Menurut Coltmant (1895:95) resort didesain untuk para wisatawan yang berekreasi. Resort ini dapat berupa resort yang sederhana atau resort mewah. Dan bisa mengakomodasi beragam kebutuhan, mulai dari keluarga sampai kebutuhan bisnis. Biasanya resort berada di beberapa tempat dengan latar belakang keadaan alam pantai atau lokasi tempat fasilitas seperti lapangan golf dan tenis disediakan.
  3. Menurut Pendit (1999) resort adalah tempat menginap yang mempunyai fasilitas yang khusus, untuk bersantai dan berolahraga seperti tenis, golf, tracking, dan jogging. Bagian concierge yang berpengalaman mengetahui bagaimana seluk beluk lingkungan resort, bila ada tamu yang hitch hiking berkeliling sambil menikmati keindahan di sebuah resort.
  4. Menurut Dirjen Pariwisata (1988:13) resort adalah sebuah perubahan tempat tinggal untuk seseorang di luar tempat tinggalnya, yang tujuannya adalah mendapat kesegaran jiwa dan raga serta hasrat dalam ingin mengetahui sesuatu. Hal itu juga bisa dihubungkan dengan kegiatan seperti misalnya olahraga, kesehatan, konvensi, keagamaan, dan keperluan usaha lainnya.
  5. Menurut O’Shannessy et al (2001:5) merupakan sebuah jasa pariwisata yang setidaknya di dalamnya ada lima jenis pelayanan, yaitu akomodasi, pelayanan makanan dan minuman, hiburan, outlet penjualan, serta fasilitas rekreasi. Pasar dari usaha resort ini adalah pasangan (couple), keluarga (families), pasangan yang berbulan madu (honeymoon couples), dan juga individu (single).

Karakteristik Resort

  1. Berada di daerah/tempat yang pemandangannya indah, misalnya pegunungan, tepi pantai, dan sebagainya, yang tidak dirusak oleh keramaian kota, lalu lintas yang padat dan bising, gedung bertingkat dan perumahan, serta polusi perkotaan.
  2. Biasanya motivasi para pengunjung adalah untuk bersenang-senang dan mengisi waktu luang dalam menuntut ketersediaan fasilitas pokok, seperti ruang tidur yang dijadikan area privasi. Dan didukung juga oleh fasilitas rekreasi outdoor seperti kolam renang, lapangan tenis, dan penataan landscape.
  3. Wisatawan yang berkunjung biasanya akan cenderung mencari akomodasi dengan arsitektur dan suasana yang khusus dan juga berbeda dari akomodasi yang lainnya. Wisatawan pengguna resort juga cenderung akan memilih suasana yang nyaman dengan arsitektur yang mendukung tingkat kenyamanan tersebut, dengan tidak meninggalkan citra yang memiliki nuansa etnik.
  4. Sasaran yang ingin dicapai adalah wisawatan yang akan berlibur, bersenang-senang menikmati pemandangan alam, pantai, gunung, dan tempat-tempat lainnya yang memiliki panorama indah.
Baca Juga :  Contoh Surat Pengakuan Penerimaan Pembayaran Pembelian Motor Bekas

Berdasarkan Keputusan Dirjen Pariwisata No. 14/U/11/1988 tentang Pelaksanaan Ketentuan Usaha dan Penggolongan Resort, resort digolongkan menjadi beberapa tipe, diantaranya yaitu esort bintang satu, resort bintang dua, resort bintang tiga, resort bintang empat, resort bintang lima, dan resort bintang lima diamond.

Dan fasilitas yang biasanya terdapat di resort adalah :

  • Area parkir.
  • Lobby resort (main lobby, lounge area, resepsionis, ruang kasir, customer service toilet umum).
  • Kamar resort (single room, twin room, triple room, superior room, suite room, presidential suite room).
  • Restoran.
  • Meeting room.
  • Fasilitas hiburan dan olahraga.
  • Laundry dan dry cleaning.

Itulah penjelasan lengkap tentang resort yang dilengkapi dengan pengertian menurut para ahli, jenis, dan karakteristiknya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda, dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :