Pengertian Puasa Dan Macam-Macam Puasa Lengkap

Posted on

Pengertian Puasa Dan Macam-Macam Puasa Lengkap

Pengertian Puasa – Setiap umat islam yang telah baligh wajib melaksanakan puasa. Bagi yang beragama islam tentu sudah paham mengenai puasa, yaitu menahan diri untuk tidak makan dan tidak minum selama seharian penuh sampai tiba waktunya untuk berbuka. Berikut penjelasan lengkapnya tentang pengertian dan macam-macam puasa lengkap.
Pengertian Puasa Dan Macam-Macam Puasa Lengkap

Pengertian Puasa

Secara bahasa itu adalah shaum dalam bahasa Arab yang artinya menahan diri dari segala sesuatu. Sehingga puasa adalah menahan diri dari segala perkara seperti misalnya makanan, minuman, berbicara, menahan hawa nafsu dan syahwat, dan lain sebagainya. Sedangkan secara istilah puasa adalah menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa, yang dimulai sejak terbitnya fajar sampai matahari telah terbenam.

Macam-macam Puasa

Ada beberapa jenis puasa, diantaranya yaitu :

  1. Puasa wajib yang terdiri dari: puasa ramadhan, nadzar dan kafarat.
  2. Puasa sunnah yang terdiri dari: puasa senin kamis, muharam, syawal, arofah dls.
  3. Puasa makruh yang terdiri dari puasa yang dikhususkan pada hari jumat dan sabtu.
  4. Puasa haram yang terdiri dari puasa hari raya idul fitri dan hari raya idul adha serta puasa sepanjang tahun.

Puasa Wajib

Puasa ramadhan

Merupakan puasa yang wajib dilakukan selama 1 bulan penuh, yang hukumnya wajib bagi setiap umat muslim yang telah baligh. Kewajiban dalam melaksanakan puasa di bulan ramadhan ini ada di dalam surat Al Baqarah ayat 183.

Puasa nadzar

Adalah puasa yang disebabkan oleh janji, nadzar adalah janji. Sehingga puasa ini juga hukumnya wajib.

Puasa kafarat atau kifarat

Adalah puasa yang dilakukan untuk menggantikan dan atau denda, atas suatu pelanggaran yang hukumnya wajib. Puasa ini juga ditunaikan karena perbuatan dosa, sehingga tujuannya adalah untuk menghapus dosa yang sudah dilakukan. Jenis puasa kafarat antara lain yaitu kafarat karena melanggar sumpah atas nama Allah, kafarat dalam melakukan ibadah haji, kafarat karena berjima’ atau berhubungan badan suami istri di bulan ramadhan, membunuh tanpa sengaja, membunuh binatang saat sedang ihram.

READ  3 Sumber Ajaran Islam Dan Penjelasannya Lengkap

Puasa Sunnah

Puasa sunnah senin kamis

Rasulullah sudah memerintahkan umatnya untuk menjalankan puasa setiap hari Senin dan Kamis. Karena di hari Senin adalah hari kelahiran Beliau, dan Kamis adalah hari pertama turunnya Al Quran. Di hari Senin dan Kamis juga, amal perbuatan manusia diperiksa, sehingga Beliau menginginkan ketika kita diperiksa, kita sedang berada dalam keadaan puasa.

Puasa sunnah syawal

Puasa enam hari di awal bulan Syawal atau setelah bulan Ramadhan. Yang dapat dilakukan secara berurutan dimulai dari hari kedua di bulan Syawal, atau bisa juga dilakukan dengan tidak berurutan. Rasulullah pun bersabda, “Keutamaan puasa ramadhan yang diiringi dengan puasa syawal ialah seperti orang yang berpuasa selama setahun.” (HR. Muslim).

Puasa muharrom

Adalah puasa di bulan Muharram dan yang paling utama adalah hari ke 10 bulan Muharram yaitu Assyuro. Puasa juga mempunyai keutamaan dan yang paling utama adalah sesudah puasa ramadhan.

Puasa arofah

Adalah puasa di hari ke 9 Dzulhijah yang dimana keistimewaannya adalah dihapuskannya dosa-dosa di tahun lalu, serta dosa di tahun yang akan datang. Dosa yang dimaksud adalah khusus untuk dosa yang kecil, karena dosa yang besar hanya dapat diampuni dengan jalan bertaubat serta dengan taubatan nasuha.

Puasa di bulan Sya’ban

Di bulan syaban ini segala amal akan diangkat kepada Rabb, sehingga diperintahkan untuk memperbanyak puasa.

Puasa daud

Adalah puasa yang biasa dilakukan oleh Nabi Daud, caranya yaitu sehari puasa sehari tidak. Dan dengan cara selan seling ini maka puasa Daud sangat disukai oleh Allah SWT.

Puasa Makruh

Bila melakukan puasa di hari Jumat atau Sabtu dengan niat dikhususkan atau sengaja maka hukumnya makruh, kecuali bermaksud atau berniat mengqada puasa ramadhan, nadzar atau kifarat.

READ  Hari-Hari Besar Islam Lengkap Dengan Makna Dan Penjelasannya

Puasa Haram

  • Hari Raya Idul Fitri. Jatuh pada tanggal 1 syawal yang ditetapkan sebagai hari raya umat muslim. Di hari ini puasa diharamkan karena hari idul fitri adalah hari kemenangan, karena sudah berpuasa selama 1 bulan penuh selama bulan ramadhan.
  • Hari Raya Idul Adha. Tanggal 10 Dzulhijah adalah hari raya kurban dan hari raya yang kedua untuk umat muslim. Berpuasa di hari ini juga diharamkan.
  • Hari Tasyrik. Jatuh di tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijah.
  • Puasa setiap hari atau sepanjang tahun dan selamanya.

Itulah ulasan mengenai pengertian puasa beserta macam-macam puasa dan penjelasannya. Semoga artikel ini memberi manfaat, dan menambah pengetahuan anda mengenai kapan boleh dan tidak boleh anda berpuasa.
Baca Juga :