Pengertian Prestisius Secara Lengkap

Pengertian Prestisius Secara Lengkap

Pengertian Prestisius Secara Lengkap

Prestisius – Pengertian prestisius adalah suatu hal yang sifatnya mengesankan, terhormat, elegan, bermartabat dan juga bergengsi.

Pengertian Prestisius Secara Lengkap

Pengertian dari prestisius ini adalah suatu hal yang dapat dibanggakan oleh masyarakat, sehingga jika ada seseorang yang mempunyai hal itu maka ia akan disanjung dan juga dihormati oleh masyarakat setempat.

Yang dimaksud barang prestisius adalah jenis barang yang dinilai oleh masyarakat umum dan memiliki kedudukan, serta kehormatan untuk siapapun yang memilikinya. Misalnya barang prestisius yaitu Mobil Lamborghini, ferrari, Motor Ducati, Jam Tangan Rolex dan sebagainya.

Pengertian profesi prestisius adalah profesi yang terhormat dan juga disegani oleh masyarakat. Misalnya Dokter, Pengacara, PNS, anggota DPR dan lain sebagainya.

Pengertian citra presitisius adalah persepsi yang wah, eksklusif, superior dan memiliki nilai yang tinggi mengenai sebuah produk di mata masyarakat atau konsumen. Misalnya Iphone. Yang memiliki citra prestisius dibanding dengan handphone Nokia. Secara umum citra prestisius ini dibentuk dari harga yang premium atau harga mahal.

Istilah prestisius juga sering digunakan untuk menyatakan suatu hal yang bergengsi, memiliki pamor dan mengesankan. Contohnya profesi seorang dokter yang dipandang oleh masyarakat sebagai profesi yang prestisius, karena pendidikan yang harus ditempuh untuk menjadi dokter ini terbilang cukup sulit dan dalam waktu yang lama. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga mahal. Sesudah ia berhasil menjadi dokter biasanya seseorang akan naik statusnya, dan mempunyai prestise di mata masyarakat.

Presitisius ini biasanya berhubungan dengan segala sesuatu yang berbau prestise. Dan menurut KBBI prestise adalah wibawa yang dimiliki seseorang, sehubungan dengan prestasi dan juga kemampuan yang dimilikinya. Contohnya seseorang yang mampu untuk kuliah di Kedokteran biasanya akan memiliki prestisenya sendiri, karena jurusan itu termasuk jurusan yang sulit dimasukki dan dengan persaingan yang ketat yang dimana dari sekian pelamar dan hanya sedikit yang berhasil lulus.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan Orang Tua

Jika dilihat dari fakta dan perkembangannya seseorang bisa memiliki prestise karena hasil usahanya, atau bisa juga dari apa yang diwarisinya. Contohnya prestise yang dimiliki oleh seseorang yang dulunya miskin lalu ia bekerja keras sehingga menjadi berhasil. Atau prestise yang dimiliki oleh seorang anak yang terlahir dari keluarga yang kaya dan juga terhormat.

Prestise yang dimiliki oleh seseorang bisa dilihat dari beberapa hal seperti materi yang dimiliki, profesi, atau jabatan yang disandangnya, latar belakang keluarga serta keturunan. Atau bisa juga penghargaan yang diterimanya. Faktor mana saja yang paling memengaruhi prestise seseorang akan dikembalikan lagi pada kondisi masyarakat, karena prestise seseorang tak akan lepas dari masyarakat yang memandangnya. Contohnya ada pada di tempat penyakit yang merajalela maka seorang dokter mempunyai prestise yang lebih tinggi, dibanding dengan orang yang berasal dari keturunan bangsawan.

Pihak yang paling menentukan apakah suatu hal memiliki prestise atau tidak adalah masyarakat. Apa yang dianggap sebagai prestise oleh kelompok masyarakat, belum tentu sama dengan anggapan kelompok masyarakat Jawa di zaman dahulu yang dimana keturunan Raja atau bangsawan memiliki prestise yang tinggi. Tapi di zaman sekarang hal ini sudah berubah, yang dimana prestise lebih dilihat pada harta kekayaan atau jabatan yang dimiliki oleh seseorang.

Sekian ulasan tentang prestisius yang lengkap dan pengertiannya di berbagai bidang. Semoga informasi ini dapat dipahami, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Baca Juga :