Pengertian Presipitasi – Fungsi, Pengertian, Dan Istilah Yang Terkait Lengkap

Pengertian Presipitasi – Fungsi, Pengertian, Dan Istilah Yang Terkait Lengkap

Presipitasi – Yang dimaksud dengan presipitasi adalah curah hujan atau turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi atau laut, dalam bentuk yang tidak sama atau berbeda. Antara lain curah hujan yang ada di daerah tropis dan curah hujan serta salju yang ada di daerah yang iklimnya sedang.

Pengertian Presipitasi

Terjadinya presipitasi ini adalah sebuah peristiwa klimatik yang mempunyai sifat yang alamiah. Maksudnya presipitasi ini merupakan perubahan bentuk dari uap air pada atmosfer menjadi curah hujan, yang menjadi akibat dari proses kondensasi.

Presipitasi adalah faktor utama yang mengendalikan berlangsungnya daur hidrologi di suatu wilayah, yang menjadi elemen yang utama yang harus diketahui yang mendasari pemahaman mengenai kelembapan tanah, dan proses peresapan air tanah serta debit aliran.

Presipitasi memiliki banyak karakteristik yang bisa memengaruhi produk akhir dari suatu hasil perencanaan pengelolaan daerah aliran sungai atau DAS.

Besar atau kecilnya presipitasi, waktu berlangsungnya hujan, serta ukuran dan intensitas hujan, baik secara sendiri atau merupakan kombinasi tentu akan memengaruhi kegiatan pembangunan wilayah.

Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

  1. Pengertian Presitisipasi menurut Traitmojo (2008) adalah turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi yang bisa terdiri dari embun, hujan, salju, dan hujan es. Prestisipasi pada daerah tropis dan hujan memberi peran atau fungsi yang besar. Hal itu terlihat dari seringnya hujan yang dianggap sebagai prestisipasi.
  2. Pengertian prestisipasi menurut Sosrodarsono (1976) adalah nama yang umum dari uap yang mengkondensasi dan jatuh ke tanah, pada rangkaian proses siklus hidrologi. Secara umum jumlahnya selalu dinyatakan dalam presipitasi (mm). bila uap air yang jatuh berbentuk maka disebut hujan, dan bila berbentuk padat maka disebut salju.
  3. Pengertian presipitasi menurut Endang Tituk (dkk : 2015) adalah peristiwa terjadinya proses pengendapan antigen yang terlarut oleh antibodi. Maka presipitasi pada antigen terlarut tersebut tak bergerak, dan mudah untuk ditangkap oleh sel fagosit.
  4. Pengertian presipitasi menurut Sigit Ari Wibowo (2015) adalah suatu peristiwa jatuhnya air dari atmosfer yang menuju ke permukaan bumi. Bentuk zat cair yang turun bisa berupa embun, hujan, salju dan hujan es.
  5. Pengertian presipitasi menurut KBBI adalah :
  • Proses pengendapan baik dari larutan atau dari udara permukaan ke permukaan bumi.
  • Kandungan kelembapan udara yang bentuknya cairan atau benda padat seperti hujan dan embun salju buatan. Yaitu hujan yang berasal dari beragam jenis awan yang dipilih sebagai hasil dari usaha manusia.
Baca Juga :  3 Macam Bentuk Gunung Dan 7 Tipe Gunung Api Lengkap

Macam-Macam Pengertian Presipitasi

  1. Pengertian presipitasi dalam siklus hidrologi adalah turunnya air dari atmosfer bumi yang menuju ke permukaan laut dan bumi, dalam bentuk yang berbeda-beda.
  2. Pengertian presipitasi kimia yaitu mengendapkan kandungan zat larutan yang disebabkan oleh adanya suatu reaksi kimia. Presipitasi juga bisa dipercepat dengan cara mengurangi kadar zat pelarutnya, atau dengan menambahkan agen presipitasi contohnya TCA. Hal itu juga merupakan salah satu yang dimanfaatkan di dalam pengolahan limbah cair.
  3. Pengertian presipitasi biologi yaitu suatu proses pengendapan yang terjadi saat suatu zat terpisah dari larutannya. Contohnya presipitasi antibodi yang dimana antibodi ini mengendapkan molekul antigen dengan bentuk gumpalan yang tidak larut. Oleh karena itu antigen dicerna dan ditelah oleh sel fagosit.

Istilah Yang Terdapat Pada Presipitasi

  1. Durasi hujan adalah lamanya presipitasi berlangsung, dengan satuan menit atau jam.
  2. Frekuensi hujan yaitu banyaknya kejadian hujan yang berlangsung, secara umum disebut dengan periode ulang.
  3. Tebal hujan yaitu jumlah presipitasi yang terjadi yang dinyatakan sebagai tebal lapisan air di atas permukaan tanah, dengan satuan mm atau inch.
  4. Intensitas hujan adalah laju/kederasan/intensitas hujan, yang merupakan kedalaman atau ketinggian air yang jatuh per satuan waktu. Dengan satuan mm/menit, mm/jam, atau inch/jam.

Demikianlah informasi mengenai presipitasi yang dilengkapi dengan fungsi, pengertian dan istilah yang terkait. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda dan memberi manfaat bagi anda.

Baca Juga :

Pengertian Presipitasi – Fungsi, Pengertian, Dan Istilah Yang Terkait Lengkap | yurissa icha | 4.5