Pengertian Pesawat Sederhana – Jenis Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Pesawat Sederhana – Jenis Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Pesawat Sederhana – Jenis Dan Contohnya Lengkap

Pesawat Sederhana – Pesawat sederhana digunakan oleh manusia dalam memudahkan pekerjaannya. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai pesawat sederhana.

Pengertian Pesawat Sederhana

Adalah sebuah alat yang sederhana yang bisa digunakan dalam memudahkan manusia melakukan suatu usaha.

Jenis-Jenis Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu tuas (pengungkit), katrol, bidang miring dan roda bergandar (roda berporos). Berikut penjelasan lengkapnya :

Tuas (Pengungkit)

Adalah jenis pesawat sederhana yang memakai prinsip tuas. Contoh lainnya yaitu  gunting, pembuka kaleng atau botol, tang, cetekan kuku, pembolong kertas. Persamaan tuas adalah :

Keterangan :

Fk = gaya kuasa (N)

Lb = lengan beban (m)

Fb = gaya beban atau berat benda (N)

Lb = lengan beban

Perbandingan antara berat benda (W) dengan kuasa (F) disebut dengan keuntungan mekanis (M).

M = w/F

Keuntungan mekanis tuas juga dapat dihitung dengan persamaan M = lk/lb

Tuas hanya dipakai untuk memudahkan usaha, tidak untuk mengurangi usaha yang dilakukan. Berdasarkan letak titik tumpu, titik beban, dan titik kuasa, tuas dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

Tuas Jenis I

Adalah tuas dengan titik tumpu yang ada diantara titik beban serta titik kuasa. Contoh peralatan atau pesawat sederhana yang termasuk tuas jenis I adalah tang, gunting, catut, jungkit-jungkit, dan neraca.

Baca Juga :  Gelombang Elektromagnetik – Pengertian, Sifat, Spektrum Dan Contoh Soalnya Lengkap
Tuas Jenis II

Adalah tuas dengan titik beban yang ada diantara titik tumpu dan juga titik kuasa. Contoh peralatan atau pesawat sederhana yang menggunakan jenis ini adalah gerobak beroda satu, pelubang kertas, pemotong pelat logam, dan pemotong kertas.

Katrol

Digunakan untuk memudahkan dalam mengangkat suatu beban. Berdasarkan prinsip kerjanya, terdapat tiga jenis katrol yaitu katrol tetap, katrol bergerak, dan katrol takal.

Katrol Tetap

Katrol ini bisa dianggap sebagai tuas yang mempunyai lengan beban dan lengan kuasa yang sama panjang. Contoh katrol tetap adalah katrol yang digunakan untuk mengambil air disumur.

Pada katrol tetap tidak ada keuntungan mekanis, ada keuntungan arah gaya.

M = w/F = 1

Gaya yang diperlukan dalam mengangkat benda memiliki arah ke bawah. Sehingga pekerjaan akan terasa lebih mudah dilakukan bila dibandingkan dengan arah gaya ke atas.

Katrol Bergerak

Katrol bergerak memiliki prinsip yang sama dengan tuas yang memiliki titik beban diantara titik tumpu dengan titik kuasa.

Keuntungan mekanis katrol ada dua, keuntungan mekanis katrol yang bergerak juga bisa ditemukan dengan melihat jumlah tali yang banyak yang menggantung atau menahan beban pada katrol yang bergerak itu.

Katrol Takal

Takal merupakan katrol majemuk yang terdiri dari katrol tetap serta katrol bergerak. Keuntungan mekanis katrol majemuk yaitu tergantung pada banyaknya tali yang dipakai untuk mengangkat suatu beban.

Bidang Miring

Secara umum bidang miring dipakai untuk memindahkan barang dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi, atau sebaliknya. Contohnya memindahkan barang dari lantai keatas truk.

Rumus untuk mencari bidang miring adalah :

Keterangan :

S = panjang bidang miring atau papan (meter)

h = tinggi bidang miring dari tanah (meter)

Baca Juga :  Hukum Pascal – Rumus, Penerapan Dan Contoh Soalnya Lengkap

Contoh pesawat sederhana berdasarkan bidang miring adalah obeng, paku, sekrup, paku ulir, dan baut. Keuntungan mekanis (M) pada bidang miring adalah M = s/h

Roda Bergandar (Roda Berporos)

Roda bergandar terdiri dari roda atau alat pemutar yang dikaitkan dengan sebuah gandar yang bisa berputar bersama. Contoh roda bergandar ini adalah setir mobil, roda sepeda, dan gerinda. Karena keliling rida lebih besar dari keliling gandar, maka didapatkan keuntungan mekanis yang berwujud gaya. Keuntungan mekanik roda bergandar adalah :

M = jari-jari roda/jari-jari gandar

Sekian pembahasan lengkap mengenai pesawat sederhana. Semoga artikel ini mudah dipahami serta dapat membantu anda dalam menyelesaikan suatu soal yang berkaitan dengan pesawat sederhana. Dan juga menambah pengetahuan dalam ilmu fisika.

Baca Juga :