Pengertian Paripurna Secara Lengkap

Pengertian Paripurna Secara Lengkap

Pengertian Paripurna Secara Lengkap

Arti Paripurna – Paripurna artinya adalah penuh atau lengkap. Istilah ini tidak berdiri sendiri dan lebih sering digabungkan dengan kata yang lainnya, yang membentuk sebuah istilah baru seperti misalnya rapat paripurna, sidang paripurna, manusia paripurna, apel paripurna, konsili paripurna, dan lain sebagainya.

Pengertian rapat paripurna adalah suatu rapat yang dilaksanakan oleh DPR, baik DPR RI maupun DPRD yang dimana rapat itu dihadiri oleh seluruh anggota DPR minimal 2 atau 3 anggota, dipimpin oleh pimpinan DPR, dan dihadiri oleh minimal tiga orang pimpinan DPR. Rapat ini juga merupakan forum paling tinggi dalam pelaksanaan tugas, serta wewenang DPR sehingga selama pelaksanaannya tak boleh diadakan rapat atau kegiatan yang lainnya. Rapat paripurna ini juga wajib diawali dengan mendengar dan menyanyikan lagi Indonesia Raya.

Adapun istilah dari rapat paripurna yang biasanya diadakan di masa reses. Rapat ini bisa terlaksana bila diusulkan oleh Presiden, pimpinan alat kelengkapan DPR, pimpinan fraksi, dan anggota DPR sebanyak minimal 28 orang. Rapat ini baru bisa dilaksanakan sesudah disetujui oleh BAMUS atau badan musyawarah, atau rapat konsultasi.

Di dalam agama Islam juga dikenal istilah manusia paripurna. Yang dimana menurut M.Quraish Syihab pengertian manusia paripurna adalah manusia yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik, sebagai khalifah di bumi dan melaksanakan perintah Allah sebagai seorang hamba baik sebagai individu atau dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebelum instansi atau organisasi memulai aktivitasnya di pagi hari, biasanya akan dilaksanakan apel, yaitu sejenis upacara/pertemuan yang dihadiri oleh anggota instansi untuk mendata kehadiran atau untuk mendengarkan amanat dari pimpinan. Apel paripurna adalah apel yang wajib dihadiri ataupun diikuti oleh seluruh anggota organisasi dengan lengkap.

Baca Juga :  Contoh Surat Penawaran Produk

Sebelum mulai suatu pementasan atau pagelaran biasanya diadakan dahulu dengan latihan paripurna, yaitu suatu latihan terakhir yang menyempurnakan keseluruhan pementasan yang akan ditampilkan dan juga dilakukan. Seolah-olah latihan itu adalah pementasan yang sebenarnya.

Adapun istilah konsili paripurna yang dikenal di dalam lingkungan gereja katolik. Konsili paripurna adalah musyawarah besar para pemuka gereja katolik setempat, di dalam majelis gereja yang sama. Konsili ini diadakan berdasarkan konferensi dari para uskup dan persetujuan tahta apostolik.

Pengertian paripurna kesehatan yaitu penyelenggaraan pelayanan kesehatan dengan menyeluruh yang meliputi rawat jalan, rawat inap, dan juga gawat darurat.

Pelayanan paripurna merupakan jenjang pelayanan yang lengkap, mulai dari awal sampai akhir.

Demikian pembahasan tentang arti paripurna dalam berbagai bidang yang ada secara lengkap. Semoga informasi ini dapat dipahami secara utuh dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :