Pengertian Nabi Dan Rasul Beserta Perbedaannya Lengkap

Posted on

Pengertian Nabi Dan Rasul Beserta Perbedaannya Lengkap

Pengertian Nabi Dan Rasul – Bagi umat islam nama Nabi dan Rasul tentu sudah tak asing lagi karena wajib diketahui. Sama halnya dengan sebutan Rasulullah SAW, yang seringkali kita ucapkan dalam doa dan shalawat. Berikut ini penjelasan tentang perbedaan antara nabi dengan rasul yang perlu anda ketahui secara lengkap.

Nabi

Adalah seorang hamba Allah yang diberi kepercayaan serta diberi wahyu oleh Allah SWT tapi tak diperintahkan untuk menyampaikan wahyu itu pada kaumnya. Wahyu juga diberikan untuk diamalkan pada dirinya sendiri, dan tak ada keharusan untuk disampaikan pada umatnya atau kaumnya.

Rasul

Adalah seseorang yang diberi kepercayaan atau diberi wahyu oleh Allah SWT untuk diamalkannya lalu wajib disampaikan pada umatnya.

Setiap Nabi dan Rasul mempunyai sifat wajib dan mustahil dan juga sifat jaiz.

Perbedaan Nabi Dan Rasul

  • Nabi mendapatkan wahyu untuk dirinya sendiri dan Rasul bukan untuk dirinya saja tapi juga diperintahkan Allah untuk disampaikan pada umatnya.
  • Setiap Nabi belum tentu Rasul tetapi setiap Rasul adalah Nabi.
  • Jumlah Nabi sangat banyak bahkan ada ratusan ribu, tapi juga Rasul sangat sedikit. Dan yang wajib diketahui dan diyakini adalah 25 Nabi. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, dari Abi Dzar bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Ketika ditanya tentang jumlah para Nabi “Jumlah para Nabi itu 124.000 Nabi, lalu berapa jumlah Rasul diantara mereka? Beliau menjawab: 312“.
  • Nabi yang pertama kali diutus ke bumi adalah Nabi Adam Alaihissalam. Sedangkan Rasul yang pertama adalah Nur Alaihissalam. Nabi dan Rasul penutup sekaligus dan menjadi Nabi yang Rahmatan lil alamin adalah Nabi Muhammad SAW.
  • Jenjang kerasulan lebih tinggi dibanding jenjang kenabian. Rasul diutus setelah menjadi Rasul dan Rasul lebih utama dari Nabi.
READ  Pengertian Muktamar Secara Lengkap

Dari seluruh Rasul yang ada, hanya Nabi Muhammad lah yang memperoleh gelar resmi yaitu Rasulullah. Yang merupakan satu-satunya penutup Nabi dan Rasul yang meliputi seluruh umat yang ada di seluruh alam. Maka jangan sampai terkecoh bila ada yang mengaku sebagai Nabi dan Rasul setelah Nabi Muhammad SAW. Karena sesungguhnya tak ada Nabi dan Rasul lainnya selain Beliau.

Adapun tugas-tugas Rasul diantaranya yaitu :

  • Menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada umatnya;
  • Mengajak dan mentauhidkan Allah, bahwa Allah lah yang wajib dan patut di sembah yang menciptakan alam semesta beserta isi-isinya;
  • Meluruskan umatnya dari segala bentuk kesesatan menuju jalan yang benar;
  • Memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan bertaqwa serta memberi peringatan kepada umat manusia.

Demikian pengertian Nabi dan Rasul beserta perbedaan dan tugasnya secara lengkap. Semoga artikel ini mudah dipahami dan semakin menambah pengetahuan anda dalam agama Islam. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :