Pengertian Mutasi Rekening Dan Cara Mengeceknya Secara Lengkap

Pengertian Mutasi Rekening Dan Cara Mengeceknya Secara Lengkap

Mutasi Rekening – Pengertian mutasi rekening adalah seluruh catatan/riwayat transaksi yang terjadi pada sebuah rekening Bank, baik yang berupa aliran dana ataupun dana keluar. Kemajuan teknologi di suatu bidang memungkinkan kita untuk menikmati segala jenis kemudahan, yang dapat diakses dengan melalui internet.

Pengertian Mutasi Rekening

Salah satunya yaitu kemudahan di dunia perbankan, yang telah mengalami banyak sekali kemajuan yang pesat dalam perkembangannya. Anda tak perlu repot datang ke Bank atau ATM untuk melakukan aktivitas perbankan, karena hampir semua fitur dalam dunia perbankan ini bisa diakses dengan melalui internet. Termasuk mutasi rekening.

Berikut ini fungsi dan manfaat dari mutasi rekening :

  1. Sebagai laporan atas seluruh aktivitas yang terjadi, di dalam rekening tersebut dalam kurun waktu tertentu. Yang dimana aktivitas ini bisa berupa dana yang masuk dan keluar.
  2. Sebagai alat yang membantu berlangsungnya kelancaran pada sebuah transaksi di dalam sebuah bisnis, hal ini juga berlaku bagi mereka yang melakukan bisnis online dan menerima pembayaran melalui transfer bank.
  3. Sebagai kontrol atas semua transaksi yang telah dilakukan atau dijalankan selama kurun waktu tertentu, khususnya mereka yang banyak melakukan transaksi melalui internet banking dan mobile banking. Hal ini juga menjadi indikator pengaman bagi beberapa transaksi yang mungkin saja dilakukan oleh pihak lainnya, pada rekening bank anda tanpa sepengatahuan anda.

Mutasi Rekening

Mutasi rekening atau mutasi, merupakan history atau rincian transaksi dalam sebuah rekening baik transaksi masuk maupun transaksi keluar. Beda halnya dengan rekening koran, karena mutasi rekening ini beda bank maka beda juga jumlah mutasi yang ditampilkan. Sedangkan rekening koran tampilannya sama, antara bank yang satu dengan bank yang lainnya.

Baca Juga :  Estimasi – Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Dan Contohnya Lengkap

Ada beberapa mutasi yang hanya bertahan selama 7 hari saja, tapi ada juga yang sampai 1 bulan. Setelah jangka waktu tersebut mutasi akan hilang, dan bila anda ingin mengeceknya kembali maka harus dilihat dalam rekening koran.

Cara Cek Mutasi Rekening

Untuk cara mengecek mutasi rekening sangat mudah, anda bisa menggunakan beberapa pilihan seperti berikut ini :

  1. Via ATM
  2. Via SMS Banking
  3. Via Internet Banking
  4. Via Mobile Banking

Keunggulan dari mutasi rekening ini yaitu cara mengeceknya sangat mudah, dan tidak seperti rekening koran. Sehingga bisa digunakan dalam melakukan trasaksi secara online. Antara rekening koran dengan mutasi rekening sebenarnya fungsinya sama saja. Tapi perbedaannya hanya pada jumlah riwayat transaksi yang ditampilkan, serta bagaimana cara melihatnya.

Sekian ulasan tentang mutasi rekening, yaitu pengertian, fungsi/manfaat serta cara mengeceknya lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi anda, dan menambah wawasan anda di dunia perbankan.

Baca Juga :

Pengertian Mutasi Rekening Dan Cara Mengeceknya Secara Lengkap | yurissa icha | 4.5