Pengertian Lingkungan Kerja – Jenis, Manfaat, Faktor Dan Indikatornya Lengkap

Pengertian Lingkungan Kerja – Jenis, Manfaat, Faktor Dan Indikatornya Lengkap

Pengertian Lingkungan Kerja – Jenis, Manfaat, Faktor Dan Indikatornya Lengkap

Lingkungan Kerja – Pengertian lingkungan kerja yaitu sebuah kehidupan sosial, politik, dan juga fisik yang memiliki pengaruh pada pekerjaan serta dalam melaksanakan tugasnya. Kehidupan manusia tidak lepas dari keadaan lingkungan yang ada di dekatnya, antara manusia dengan lingkungannya memiliki hubungan yang sangat dekat.

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

  1. Pengertian lingkungan kerja menurut Bambang (1991:122) adalah salah satu faktor yang memengaruhi kinerja sebagai seorang pegawai. Seorang pegawai yang bekerja di suatu lingkungan kerja yang mendukung dia untuk bekerja dengan maksimal, tentu akan menghasilkan kinerja yang baik. Tapi sebaliknya bila seorang pegawai bekerja di dalam suatu lingkungan kerja yang tak mendukung dan memadai, maka dalam bekerja dengan maksimal pun akan sulit karena ia cenderung malas dan cepat lelah sehingga kinerja pegawai itu menjadi rendah.
  2. Pengertian lingkungan kerja menurut Sedarmayanti (2001:12) adalah suatu kondisi lingkungan kerja dapat dikatakan baik atau sesuai, apabila manusia dapat menjalankan aktivitasnya dengan cara yang optimal, sehat, amakan dan nyaman. Kesesuaian lingkungan kerja juga dapat dilihat dari jangka waktu yang lebih lama, lebih jauh dari lingkungan kerja yang kurang baik yang dapat menuntut tenaga kerja serta waktu yang lebih banyak dan tidak mendukung diperolehnya rancangan kerja yang sifatnya efisien.
  3. Pengertian lingkungan kerja menurut Nitisemito (1992:25) adalah segala sesuatu yang ada di sekitar pekerja serta yang memengaruhi dirinya, dalam menjalankan tugas yang diberi.
Baca Juga :  Pengertian Holistik Beserta Penjelasannya Lengkap

Jenis Lingkungan Kerja

Sedarmayanti (2001:21) juga menyatakan bahwa terdapat dua jenis lingkungan kerja, yaitu lingkungan kerja fisik dan non fisik. Berikut penjelasannya :

Lingkungan Kerja Fisik

Adalah seluruh kondisi yang berupa atau berbentuk fisik yang ada di dekat tempat kerja, yang bisa menjadi pengaruh pegawai baik secara langsung atau tak langsung. Lingkungan kerja fisik juga bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu kategori lingkungan kerja langsung dan tak langsung. Berikut penjelasannya :

  • Lingkungan Kerja Langsung

Yang berkaitan dengan  karyawan, misalnya pusat kejra, meja, kuris dan lain sebagainya.

  • Lingkungan Kerja Perantara/Umum

Yang disebut dengan lingkungan kerja yang memengaruhi kondisi manusia, misalnya temperatur, kelembapan, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, getaran mekanik, bau tidak sedap, warna dan lain sebagainya.

Untuk bisa meminimalkan pengaruh lingkungan fisik pada karyawan, maka langkah yang pertama yang harus dijalankan adalah mempelajari manusia baik secara fisik dan perilaku yang kemudian dijadikan sebagai dasar dalam memikirkan lingkungan fisik yang sesuai.

Lingkungan Kerja Non Fisik

Adalah seluruh kondisi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan atasan atau hubungan dengan sesama rekan kerja. Ataupun hubungan dengan bawahan. Perusahaan seharusnya bisa memberi contoh kondisi yang mendukung kerja sama antar tingkat atasan dan bawahan, atau yang memiliki status yang sama. Kondisi yang harusnya tercipta adalah suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik dan juga terkendalinya diri. Sehingga lingkungan kerja non fisik merupakan kelompok lingkungan kerja yang tak dapat diabaikan.

Manfaat Lingkungan Kerja

Ishak dan Tanjung (2003) menyatakan bahwa manfaat dari lingkungan kerja yaitu terciptanya gairah kerja, sehingga produktivitas dan prestasi kerja pun menjadi lebih tinggi. Sementara manfaat yang didapatkan karena bekerja dengan orang yang termotivasi adalah pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan tepat. Yang artinya pekerjaan diselesaikan dengan standar yang benar dan pada skala waktu yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Anomali - Pengertian Dan Contohnya Lengkap

Prestasi kerja juga akan dipantau oleh individu yang bersangkutan, serta tak akan mengakibatkan begitu banyak pengawasan dan semangat juang yang tinggi.

Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja

Siagian (2006:63) juga menyatakan untuk tercipta lingkungan kerja yang baik maka terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian, antara lain yaitu :

  1. Bangunan tempat kerja
  2. Ruang kerja yang lega
  3. Ventilasi pertukaran udara
  4. Terdapat tempat-tempat ibadah keagamaan
  5. Terdapat saranan angkungan khusus ataupun secara umum untuk karyawan menjadi nyaman dan mudah.

Indikator Lingkungan Kerja

Sedarmayanti (2004:46) menyatakan terdapat indikator lingkungan kerja, antara lain:

  • Penerangan atau cahaya pada tempat kerja
  • Temperatur atau suhu udara pada tempat kerja
  • Kelembapan udara pada tempat kerja
  • Sirkulasi udara pada tempat kerja
  • Getaran mekanis pada tempat kerja
  • Bau tidak sedap pada tempat kerja
  • Tata warna pada tempat kerja
  • Dekorasi pada tempat kerja
  • Musik pada tempat kerja
  • Keamanan pada tempat kerja

Sekian penjelasan mengenai lingkungan kerja yang meliputi pengertian, jenis, manfaat, faktor dan juga indikatornya secara lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua, dan dapat menambah pengetahuan anda dalam hal pekerjaan atau bekerja.

Baca Juga :