Legenda – Pengertian, Ciri, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Legenda – Ciri, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Legenda – Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh si pemilik cerita sebagai suatu hal yang benar-benar terjadi. Legenda juga biasanya dianggap sebagai sejarah kolektif. Walaupun karena tak tertulis, maka kisah itu mengalami distorsi hingga sering jauh berbeda dengan kisah yang aslinya.

Legenda

Definisi legenda juga dianggap sebagai cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang dimana ceritanya dihubungkan dengan tokoh sejarah, dan dibumbui dengan keajaiban, kesaktian dan keistimewaan tokohnya.

Pengertian Legenda Menurut Para Ahli

  1. Pengertian legenda menurut Hooykaas adalah dongeng mengenai hal-hal yang berdasar pada sejarah yang mengandung suatu hal yang ajaib, atau keajaiban yang menandakan kesaktian.
  2. Pengertian legenda menurut William R. Bascom adalah cerita yang tak memiliki ciri yang mirip dengan mitos, yaitu yang dianggap benar-benar terjadi tetapi tak dianggap suci.
  3. Pengertian legenda menurut Emies adalah cerita kuno yang setengahnya berdasarkan sejarah dan setengahnya lagi berdasar angan-angan.
  4. Pengertian legenda menurut Pudentia adalah cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat, yang benar-benar terjadi tapi tak dianggap suci/sakral yang juga membedakannya dengan mite.
  5. Pengertian legenda menurut Buku Sari Kata Bahasa Indonesia adalah cerita rakyat terdahulu yang berhubungan dengan peristiwa sejarah.
  6. Pengertian legenda menurut wikipedia adalah cerita prosa rakyat yang dianggap sebagai sesuatu yang memang benar-benar terjadi.

Ciri-Ciri Legenda

Ciri-ciri suatu legenda adalah sebagai berikut :

  1. Dipercaya sebagai kejadian yang benar-benar terjadi.
  2. Sifatnya sekuler atau keduniawian.
  3. Tokoh legenda biasanya manusia.
  4. Sejarah kolektif yakni sejarah yang sering mengalami distorsi karena berbeda dari cerita aslinya.
  5. Sifatnya Migration atau berpindah-pindah.
  6. Bersifat siklus, maksudnya adalah menceritakan tokoh pada zaman tertentu.
READ  Pengertian Sporadis Secara Lengkap "Menurut Para Ahli"

Jenis-Jenis Legenda Dan Contohnya

Legenda Keagamaan

Adalah legenda yang bercerita tentang kisah dari suatu agama tertentu. Contohnya cerita tentang Sunan Kalijaga.

Legenda Kegaiban

Adalah legenda yang bercerita tentang kepercayaan pada alam gaib, contohnya legenda kegaiban antara lain Kisah Nyai Roro Kidul, Sang Penguasan Pantai Selatan.

Legenda Perseorangan

Adalah legenda yang bercerita tentang suatu kisah tokoh tertentu misalnya legenda si Pitung.

Legenda Lokal

Adalah legenda yang bercerita tentang peristiwa di suatu tempat seperti Gunung, bukit, danau dan lain-lain. Contoh legenda lokal antara lain: Legenda Gunung Tangkuban Perahu.

Sekian uraian tentang pengertian legenda yang diikuti dengan ciri, jenis dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan bisa menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :