Pengertian Komersial Dan Non Komersial Lengkap

Pengertian Komersial Dan Non Komersial Lengkap

Komersial Adalah – Nilai komersial adalah sesuatu yang memungkinkan seseorang untuk menarik keuntungan dari produk si pencipta. (Roger Hamilton : 2003).

Pengertian Komersial Dan Non Komersial Lengkap

Sedangkan yang dimaksud dengan kegiatan komersial adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi atau badan, yang tujuannya adalah untuk memperoleh suatu keuntungan. Baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Pengertian kegiatan non komersial adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi atau badan, bukan untuk mendapat keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung. (PERDA Kota Bukittinggi No 2 Tahun 2016).

Apa yang anda bayangkan bila mendengar kata komersial? Misalnya uang, keuntungan, dagangan dan sebagainya. Tak salah memang, karena di zaman sekarang saat roda perekonomian berputar dengan sangat cepat dan tuntutan hidup yang tinggi maka orang berlomba-lomba untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Apa saja yang bisa dikomersialkan dalam mengambil keuntungan? Misalnya saja seseorang mempunyai mobil, ia bisa mengkomersialkan mobil tersebut dengan menyewakannya saat sedang tak digunakan. Sehingga mobil itu bisa dimanfaatkan untuk mendapat tambahan penghasilan.

Arti kata komersial adalah profit oriented atau suatu hal yang berorientasi pada keuntungan.

Pengertian komersial adalah sesuatu yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang/jasa, yang mencakup seluruh kegiatan dan hubungan dalam industri perdagangan.

Bila merujuk pada KBBI, maka pengertian dari komersial ini adalah segala hal yang berkaitan dengan perdagangan yang bernilai tinggi, sehingga kadang mengorbankan nilai sosial dan budaya. Komersial bisa juga diartikan sebagai segala hal yang nilainya ekonomis, atau memiliki nilai yang lebih yang bisa diambil keuntungan darinya. Apapun jenis barangnya, bisa bersifat komersial.

Baca Juga :  Pengertian Konservatif Di Berbagai Bidang Lengkap

Contohnya bangunan yang berupa rumah, yang bisa dibuat komersial dengan cara direnovasi lalu disewakan atau dibuat menjadi rumah kos sehingga bisa menghasilkan suatu keuntungan. Lain halnya bila rumah itu digunakan untuk kebutuhan pribadi, maka rumah itu tidak akan bersifat komersial.

Pengertian non komersial adalah suatu hal yang tidak berorientasi profit atau sama sekali tidak fokus pada mencari keuntungan.

Misalnya pesawat non komersial dan iklan non komersial. Pesawat non komersial ialah jenis pesawat yang dipakai oleh angkatan udara. Sedangkan iklan non komersial adalah iklan layanan masyarakat yang tujuannya bukan untuk menawarkan barang/jasa, tetapi mengajak dalam hal mencapai kondisi kehidupan yang lebih baik. Misalnya :

  • Iklan bahaya rokok
  • Iklan bahaya narkoba
  • Iklan pemanasan global
  • Iklan perusakan hutan
  • Iklan pencemaran air

Terkadang dalam mengomersialkan sesuatu dalam mendapat keuntungan yang besar, orang bisa mengabaikan nilai sosial dan budaya. Seperti pembuatan tempat hiburan malam. Dalam meningkatkan nilai komersialnya pemilik tempat memberi layanan bagi wanita penghibur. Meskipun bernilai komersial tinggi, tetapi hal ini bertentangan dengan nilai sosial yang ada di masyarakat.

Ada beberapa istilah yang menggunakan kata komersial seperti misalnya iklan komersial, hukum komersial, bank komersial, properti komersial, perangkat lunak komersial dan masih banyak lagi.

Yang dimaksud dengan iklan komersial adalah iklan yang secara terang-terangan menawarkan barang dan jasa, misalnya iklan sampo, sabun, makanan, minuman, tokopedia, shoppee, dan lain sebagainya. Iklan adalah sarana untuk menawarkan produk barang/jasa untuk pengetahuan masyarakat agar lebih luas. Iklan komersial ini sesuai dengan namanya, yang ditujukan untuk mendukung pemasaran produk yang berupa barang/jasa dalam meraup keuntungan. Iklan dibuat semenarik mungkin sehingga memengaruhi orang untuk membeli produk itu.

Baca Juga :  Contoh Surat Jaminan Pembayaran Hotel Di Bali

Istilah lainnya yaitu perangkat lunak komersial. Pengertian perangkat lunak komersial ini adalah perangkat lunak komputer, yang dijual dengan cara komersial yang dimana untuk menginstal dan menggunakannya harus membeli lisensi terlebih dulu misalnya microsoft atau software. Bila tidak maka akan dianggap telah melakukan pembajakan/pelanggaran hak cipta. Adapun perangkat lunak yang sifatnya open source yang bisa digunakan tanpa harus membeli lisensinya, misalnya sistem operasi linux.

Pengertian komersial paper adalah salah satu sekuritas pasar uang yang berupa surat promise tanpa jaminan, yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan besar. Yang dimana sifat dari komersial paper ini adalah short term atau jangka pendek. Komersial paper biasa juga disebut dengan CP, yang secara umum tingkat return atau timbal balik dari CP ini cukup rendah. Misalnya deposito, cek, surat sanggup bayar, bank draft dan lain sebagainya.

Bank komersial adalah nama lain dari bank umum yang orientasinya adalah untuk mendapatkan laba, dan menyediakan berbagai jasa keuangan contohnya pembuatan deposito, tabungan, pinjaman kredit usaha dan produk investasi dasar yang lainnya.

Itulah pembahasan lengkap tentang pengertian komersial dan non komersial di berbagai bidang yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :

Pengertian Komersial Dan Non Komersial Lengkap | yurissa icha | 4.5