Karangan Deskripsi – Pengertian, Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Karangan Deskripsi – Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis, Dan Contohnya Lengkap

Karangan Deskripsi – Adalah sebuah karangan yang menunjukkan objek atau kejadian dengan sangat jelas, sehingga seolah-olah pembaca dapat ikut merasakan, melihat atau mengalaminya sendiri dalam hal yang akan dibahas di dalam karangan tersebut. seringkali hal yang menggambarkan di dalam karangan deskripsi ini adalah hasil pengamatan dari panca indera.

Karangan Deskripsi – Pengertian, Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis Dan Contohnya

Ciri-Ciri Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut :

  • Karangan menggambarkan objek yang nyata atau dapat diterima oleh panca indera.
  • Karangan menunjukkan objek dengan sangat jelas hingga membuat pembaca seolah dapat ikut merasakan atau mengalami sendiri apa yang dijelaskan oleh penulis.
  • Karangan bersifat objektif, dengan bahasa lain dari penulis yang menunjukkan suatu objek atau benda yang secara nyata dan juga apa adanya serta tak berpihak.
  • Karangan dibuat dengan menggunakan metode impresionistis (subjektif), realistis (objektif) atau sikap penulis.

Tujuan Karangan Deskripsi

Tujuan dari karangan ini yaitu agar pembaca bisa membayangkan atau seolah merasakan atau melihat pada wacana yang diberikan.

Marahimin (1994), menyatakan tujuan dari karangan deskrisp adalah:

  • Memberikan arahan
  • Menjelaskan terhadap suatu hal
  • Menceritakan peristiwa
  • Merangkum

Cara Membuat Karangan Deskripsi

  • Menetapkan tema karangan
  • Menetapkan tujuan
  • Mengumpulkan informasi
  • Merancang kerangka karangan
  • Melakukan pengembangan kerangka karangan
  • Melakukan penyuntingan karangan

Jenis-Jenis Karangan Deskripsi

Karangan Deskripsi Spatial

Adalah jenis karangan deskripsi yang menunjukkan objek di dalam bentuk tempat atau ruang. Penulis bercerita atau menggambarkan tempat/ruang, menurut keadaan yang nyata hingga pembaca dapat membayangkan dengan jelas tempat yang dimaksud penulis.

Karangan deskripsi spatial ini adalah jenis karangan deskripsi yang memberi gambaran suatu hal/benda yang berbentuk ruang atau tempat.

READ  Leaflet : Pengertian, Definisi, Sejarah, Fungsi Dan Kegunaan Leaflet Lengkap

Karangan Deskripsi Realistis

Adalah jenis karangan deskripsi yang dijelaskan pada pembaca dengan cara yang objektif. Cara menyampaikannya dengan cara, apa yang disampaikan pada pembaca lewat karangan adalah nyata dan apa adanya. Penulis tak menerangkan kesan/opini pribadi pada objek yang diceritakan.

Karangan Deskripsi Impresionatis

Adalah jenis karangan deskripsi yang memberi gambaran objek dengan cara subjektif, atau sesuai dengan apa yang dirasakan dan juga dilihat oleh penulis. Pandangan pembaca tidak terlalu diperhatikan oleh penulis.

Karangan Deskripsi Artistik atau Impresionitik

Karangan deskripsi yang satu ini memberi penekanan pada tanggapan emosional yang dirasakan pembaca, atau pendengarnya. Saat menulis karangan ini penulis pun berupaya untuk memberi kesan pada setiap pembacanya.

Karangan Deskripsi Ekspositori

Adalah karangan yang logis, dan penulis seringkali hanya mendeskripsikan objek yang sesuai dengan apa yang dilihat dan juga dirasakan oleh penulis saja, dan tidak mengutamakan perasaan emosi atau kesan pembaca.

Contoh Karangan Deskripsi

Contoh Karangan Deskripsi Spasial

Ruang Kelasku
Ruang kelas kami, kelas VII B sangatlah luas dan nyaman. Ruangan itu begitu luas untuk menampung 30 siswa-siswinya dengan panjang sekitar 7 meter dan lebar sampai 6 meter.

Karena luas tersebut, seringkali ruangan ini juga digunakan untuk rapat oleh guru-guru. Kelas kami memiliki 31 pasan meja dan kursi yang menghadap lansung pada dua buah papan tulis yang sangat besar. Dan juga, kami juga mempunyai dua buah lemari yang besar dan ditaruh di samping meja guru dan dibelakang tempat duduk siswa yang paling belakang.

Lemari yang terletak didepan dipakai untuk menaruh perlengkapan kelas misalnya buku absen, buku cetak dan alat-alat seperti spidol, dan penghapus.

Kemudian, lemari yang terletak di belakang dipakai untuk meletakkan alat-alat kebersihan seperti sapu, alat pel, ember dan lain sebagainya.

Selain luas, kelas kami juga sangatlah indah. Kami memberikan hiasan pada tembok yang kami beri warna putih dan ditambah poster-poster motivasi dan gambar-gambar para pahlawan.

Bukan saja hal itu, kelas kami juga mempunyai beberapa bunga yang kami letakkan di meja guru dan dipinggir jendela menjadikan kelas kami terlihat sangat indah menawan. Oleh sebab itu kelas kami sangat membuat nyaman. Sehingga kami dan guru-guru juga betah untuk berlama-lama berada dikelas.

Demikian pengertian karangan deskripsi yang disertai dengan ciri, tujuan, jenis, cara membuatnya dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membuat karangan deskripsi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

READ  Pengertian Autobiografi : Struktur, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Tujuannya Lengkap

Baca Juga :