Pengertian Intensif Dan Ekstensif Lengkap

Posted on

Pengertian Intensif Dan Ekstensif Lengkap

Intensif Adalah – Intensif dan ekstensif adalah dua sifat yang berkaitan dengan keadaan teoridinamika dari sebuah sistem. Sistem adalah bagian dari alam, yang menjadi pusat perhatian utama dalam terjadinya sebuah eksperimen. Sistem juga bisa ditandai dengan adalah volume pada suatu besaran tertentu, dan juga mol gas yang ada di dalamnya.
Pengertian Intensif Dan Ekstensif
Di dalam kehidupan sehari-hari definisi intensif adalah sebuah kata sifat yang mengacu pada kegiatan yang fokus, dan juga bersungguh-sungguh. Misalnya Heru memiliki tekad untuk belajar insentif selama satu bulan, demi lulus Ujian Nasional yang sebentar lagi dimulai. Pengertian ekstensif dalam kehidupan sehari-hari memiliki jangkauan yang lebih luas lagi. Misalnya Heru membaca ekstensif dalam memahami apa saja poin yang penting di dalam sebuah bacaan.
Yang dimaksud dengan sifat intensif adalah sifat dari sebuah materi yang sama sekali tak bergantung pada jumlah dan juga materi tersebut, dan tak bisa diakumulasi. Contoh dari sifat intensif adalah :

  • Bau. Yaitu bau yang hanya berkaitan dengan gas atau uap yang keluar dari dalam materi.
  • Rasa. Yaitu suatu rasa yang ditentukan oleh komposisi yang terkandung dalam sebuah materi.

Pengertian dari sifat ekstensif adalah sifat dari sebuah materi yang ditentukan oleh jumlah dan juga ukuran dari materi tersebut.
Contoh dari sifat ekstensif adalah :

  • Volume. Pada dasarnya semakin besar ukuran pada suatu materi, maka akan semakin besar juga jumlah volume pada materi itu sendiri.
  • Massa/berat. Semakin banyak jumlah dari sebuah materi, maka akan semakin besar juga jumlah massa dari materi tersebut.

Perbedaan sifat ekstensif dan intensif bisa dilihat dari sebuah sistem, yang dimana ada sejumlah massa di beberapa bagian dengan temperatur yang sama. Total massa dan volume yang dimiliki oleh benda itu adalah akumulasi dari setiap komponen dan disebut dengan sifat ekstensif. Sedangkan suhu/temperatur adalah sifat dari intensif.

READ  Contoh Surat Serah Terima Barang Pinjaman "Keperluan Usaha dan Umum"

Pengertian Membaca Intensif dan Ekstensif 

Membaca adalah kegiatan untuk memahami suatu isi dari sebuah teks yang ada. Membaca juga bisa dilakukan dengan cara intensif dan ekstensif. Menurut buku bahasa Indonesia SMP yang ditulis oleh Ratna Purwaningtyastuti, pengertian membaca intensif adalah membaca dengan sungguh-sungguh pada suatu sumber bacaan. Dan membaca ekstensif adalah membaca dengan sungguh-sungguh dalam jangkauan yang lebih luas. Sehingga membaca ekstensif dibutuhkan minimal dua buah bacaan.
Teknik dalam membaca ekstensif yaitu :

  1. Membaca hanya di bagian yang pentingnya saja.
  2. Melompati bagian yang tak penting atau bagian yang tidak diinginkan.
  3. Menggunakan teknik membaca layap untuk mengetahui gagasan pokok dari sebuah bacaan.
  4. Menggunakan teknik membaca tatap, yaitu membaca untuk mendapatkan informasi dengan cepat seperti pada kamus, buku telepon dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tentang intensif dan juga ekstensif, dan pengertiannya dalam beragam bidang secara lengkap. Semoga informasi ini berguna bagi anda, dan menambah pengetahuan anda.
Baca Juga :