Pengertian Implikasi – Jenis Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Implikasi – Jenis Dan Contohnya Lengkap

Implikasi Adalah – Kata implikasi biasanya terdapat dalam sebuah penelitian, atau laporan penelitian. Berikut ini penjelasan secara lengkap mengenai implikasi, jenis dan juga contohnya.

Pengertian Implikasi

Implikasi adalah suatu efek atau akibat yang diperoleh ketika objek diberikan suatu perlakuan baik dengan sengaja ataupun tak sengaja. Dan dampaknya bisa dilihat pada jangka waktu tertentu. Sehingga istilah ini akan selalu ada di dalam sebuah laporan penelitian, terutama karena akan memberi hasil yang diinginkan atau diharapkan oleh para pembaca.

Jenis Implikasi

Implikasi adalah istilah yang paling cocok digunakan dalam melakukan kegiatan penelitian, dan jarang digunakan dalam bidang yang lainnya. Ada tiga jenis implikasi yang terdapat pada bidang penelitian, diantaranya yaitu :

Teoritis

Jenis yang satu ini adalah kajian yang mendasar dalam mendukung adanya penelitian, yang memungkinkan untuk bisa dilakukan. Secara umum teoritis bisa digunakan untuk meyakinkan orang lain.

Manajerial

Jenis implikasi ini adalah sebuah kebijakan yang ada di dalamnya yang terkait dengan objek yang sedang dilakukan atau diteliti. Kebijakan ini bisa berupa kode etik yang harus dilakukan dan ada dua jenis kebijakan yaitu :

  1. Procedural
  2. Substantive

Metodologi

Jenis yang terakhir adalah metode atau cara peneliti dalam menarik kesimpulan dengan cara yang benar.

Contoh Implikasi

Contoh implikasi yang ada di dalam bidang penelitian, yaitu :

Baca Juga :  Contoh Surat Pemesanan Kamar Hotel "Syariah" Untuk Semalam

Seorang peneliti ingin mebuktikan bagaimana reaksi kelinci saat dipertemukan dengan kelinci yang lainnya. Yang sebelumnya kelinci itu sudah diisolasi terlebih dahulu. Dari kasus ini maka anda bisa menerapkan jenis teoritis implikasi yaitu reaksi dari kelinci yang ketakutan di awal, dan menganggap bahwa kelinci yang lainnya itu asing. Teori ini bisa berfungsi untuk menarik kesimpulan di akhir penelitian tersebut. supaya cara ini berhasil maka harus ada keterikatan antara teori dengan penelitian yang dilakukan.

Implikasi manajerial bisa menggunakan kasus yang sama, maka si peneliti harus bisa memerhatikan etika saat melakukan isolasi pada kelinci itu. Kelinci juga harus bisa makan dan minum yang mencukupi dan ruangan yang bisa diatur sesuai dengan tubuh, serta bisa dimasukki oleh udara. Peneliti juga harus bisa mencari keterikatan atau akibat yang mungkin terjadi jika kebijakan itu dilakukan, dan tak dilakukan pada hasil dari penelitiannya.

Implikasi metodologi diperoleh dengan cara peneliti yang melaksanakan penelitiannya, dan bisa menyimpulkan hasil dari penelitian tersebut. semua itu dilakukan supaya kesimpulan diperoleh dari penelitian itu dan bukan dengan hasil yang biasanya. Peneliti bisa mencari keterikatan diantara hasil penelitian dengan cara untuk menyimpulkannya.

Sekian pembahasan tentang pengertian implikasi, jenis dan juga contohnya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda. Serta memberi manfaat yang baik.

Baca Juga :