Pengertian Holistik Beserta Penjelasannya Lengkap

Pengertian Holistik Beserta Penjelasannya Lengkap

Pengertian Holistik Secara Lengkap

Apa Itu Holitik – Pengertian holistik adalah cara pandang terhadap suatu hal yang dilakukan dengan konsep pengakuan, bahwa hal keseluruhan adalah sebuah kesatuan yang lebih penting dibandingkan beberapa bagian yang membentuknya.

Pengertian Holistik Beserta Penjelasannya Lengkap

Kata holistik sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya penekanan pada betapa pentingnya keseluruhan dan keterikatan diantara setiap bagian yang membentuknya. Kata holistik juga dikenal dengan cara yang luas dan banyak digunakan dalam beragam bidang. Misalnya :

Holistik di Dalam Ilmu Geografi

Di dalam ilmu geografi, holistik biasanya akan dihubungkan dengan beragam macam tindakan pengelolaan lingkungan hidup yang secerah menyeluruh menjadi sebuah kesatuan yang tak terpisahkan dari sebuah lingkungan itu sendiri.

Holistik Dalam Ilmu Pendidikan

Pendidikan holistik adalah filsafat pendidikan yang sumbernya yaitu dari sebuah pemikiran, bahwa pada dasarnya setiap individu bisa menentukan identitas dirinya. Dengan tujuan dan makna hidupnya yang melalui hubungan yang dijalin dengan masyarakat dan juga beberapa nilai spiritual yang dimilikinya dan lingkungan alam yang ada di sekitarnya. Bila dilihat dari historinya maka pendidikan holistik bukanlah sebuah hal yang baru, dalam kehidupan manusia. Yang dimana hal itu sebenarnya sudah diterapkan sejak lama dan dikenal dengan cukup luas.

Pada umumnya pendidikan holistik ini memiliki tujuan dalam membangun dan di dalam mengembangkan beberapa potensi yang dimiliki oleh individu. Yang dimana hal itu akan dilakukan dalam suasana pembelajaran yang berbeda, yang lebih menyenangkan, demokratis, dan juga humanis. Hal itu akan diterapkan melalui pengalaman di dalam berinteraksi dengan lingkungannya yang ada di sekitar kita.

Baca Juga :  Contoh Surat Pemesanan Kamar Hotel "Format Umum"

Pendidikan holistik ini juga diharapkan bisa membantu para peserta didik menjadi seorang pribadi yang mandiri, yang dimana orang itu mampu memperoleh kebebasan secara psikologis dan mampu mengambil keputusan dengan tepat dan juga baik untuk dirinya sendiri. Dan juga bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Dalam pendidikan holistik, segala kebutuhan dan potensi yang dimiliki secara individu akan menjadi hal yang sangat diperhatikan, yang dimana setiap individu akan dilihat secara utuh. Baik dari segi intelektualistik, artistik, emosional, kreativitas, fisik atau spiritual yang memang sejak awal sudah dimilikinya.

Yang dimaksud dengan holistik care adalah pelayanan kesehatan dalam mencari pengobatan untuk ketidakseimbangan, serta membuat pasien menjalani gaya hidup yang lebih seimbang dengan memerhatikan berbagai macam aspek kehidupan sebagai manusia yang saling memengaruhi dengan keseluruhan seperti misalnya kehidupan jasmani, sosial, mental, ekonomi dan spiritual. Holistik care ini disebut juga sebagai perawatan komprehensif.

Pengertian holistik marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dikembangkan dengan cara berpikir mengenai bisnis secara keseluruhan, yang dimana tempatnya di dalam perekonomian ini lebih luas dan dalam masyarakat, di dalam kehidupan pelanggannya. Singkatnya holistik marketing adalah strategi pemasaran yang menganggap bisnis secara keseluruhan, bukan sebagai entitas dari berbagai macam bagian yang berbeda.

Pengertian holistik marketing menurut Kotler adalah konsep pemasaran yang berdasar pada pengembangan, desain, implementasi program pemasaran, proses dan kegiatannya yang saling bergantungan. Holistik marketing juga menganut konsep semuanya penting. Dan solusi terbaiknya akan tercapai apabila pemasarannya luas, perspektif yang terintegrasinya juga telah terpenuhi. Bila bisnis dibuat berbagai departemen, maka departemen terintegrasi dengan cara bersama-sama dalam memproyeksikan citra bisnis yang sifatnya positif dan juga bersatu di benak pelanggan.

Baca Juga :  Contoh Surat Pemberitahuan Perubahan Nomor Rekening Bank Perusahaan

Konsep pemasaran holistik ini melibatkan kegiatan pemasaran yang saling berhubungan dalam memastikan bahwa pelanggan akan cenderung membeli produk mereka dibanding produk kompetitor.

Pengertian holistik di dalam sejarah adalah menggali informasi sejarah masa lalu dengan konsep yang menyeluruh seperti misalnya mengeksplorasi makna, dan juga alasana pada dimensi spiritual, literatur, arkeologi, geologi, filsafat, linguistik dan penyebaran mitos serta praktek kuno.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian holistik dalam berbagai bidang. Semoga artikel ini memberi manfaat dan dapat dipahami dengan baik oleh anda semua.

Baca Juga :