Pengertian Grafik – Tujuan, Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Grafik – Tujuan, Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

Grafik – Dalam presentasi data atau memberi data yang pasti, biasanya masih ada orang yang tak paham saat data tersebut ditunjukkan dalam bentuk standar. Bentuk yang cenderung ribet dan tak menarik bisa membuat para pembaca merasa bosan, dan juga bingung. Maka dibuatlah grafik agar data yang diberikan lebih dipahami oleh setiap pembaca.

Dalam membuat grafik harus sesuai dengan data yang ada dan benar, karena jika dibuat-buat hanya akan menimbulkan ketidakselarasan. Berikut ini pembahasan lengkap mengenai grafik.

Pengertian Grafik

Grafik adalah bentuk variasi table yang bisa diberi angka atau ditampilkan dalam bentuk gambar. Grafik juga merupakan kombinasi yang terdiri atas huruf, symbol, angka, lambang, perkataan, lukisan, atau apaun yang dapat di berikan menjadi satu media. Dan untuk memberi konsep/ide pada sasaran di dalam proses penyampaian pesan atau maklumat pengirim.

Grafik juga bisa berbentuk rangka yang dibentuk menjadi objek visualisasi tabel. Yang terdiri atas angka yang disajikan atau diberi tampilan tambahan yang berupa gambar, garis, lingkaran, dan lain-lain. Grafik juga menjadi gambaran mengenai pasang surut keadaan/data yang akan digambarkan dengan gambar/baris. Grafik dibagi menjadi tiga bagian yatu lingkaran, batang, dan garis.

Tujuan Grafik

Tujuan dibuatnya grafik adalah untuk menunjukkan perbandingan informasi yang berkualitatif dengan cepat dan sederhana. Data yang diberi berbentuk deskriptif yang ruwet dan kompleks yang bisa disederhanakan menjadi bentuk grafik. Hal itu dibuat untuk memudahkan membaca dan memahami apa yang ada di dalamnya.

Fungsi Grafik

Fungsinya yaitu bisa menggambarkan data dalam bentuk angka dengan teliti, dan bisa menerangkan perkembangan serta bisa membandingkannya dengan objek/peristiwa yang saling berkaitan dengan cara yang singkat dan jelas.

READ  32 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap

Jenis-jenis Grafik

Grafik Batang

Adalah jenis grafi yang sederhana serta mudah dipahami karena hanya menggambarkan data yang berbentuk batang saja.

Grafik Baris

Adalah jenis grafik yang sering digunakan untuk bisa menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.

Grafik Lingkaran

Adalah jenis grafik yang penyajiannya berupa data statistik dengan menggunakan gambarnya yang berbentuk lingkaran, atau gambaran naik dan turunnya data dengan lingkaran yang bisa menggambarkan presentasi dari nilai seluruhnya.

Itulah pengertian grafik, yang disertai dengan tujuan, fungsi dan jenisnya secara lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Baca Juga :