Fabel : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Fabel : Arti, Ciri-Ciri, Struktur, Dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Pengerian Fabel – Fabel adalah jenis dongeng yang bercerita tentang kehidupan hewan yang dimana hewan-hewan itu bisa berperilaku seperti manusia. Pengertian fabel lainnya yaitu suatu cerita yang menampilkan hewan sebagai tokoh utamanya. Di dalam cerita fabel tersebut, hewan menjadi memiliki perasaan, berbicara, berpikir, bersikap, dan memiliki emosi layaknya manusia pada umumnya.

Fabel

Fabel disebut sebagai cerita moral karena cerinya mengandung pesan moral pada pembaca. Secara umum fabel dibuat untuk mendidik anak-anak, karena biasanya mereka memang menyukai tokoh binatang. Tujuannya adalah supaya anak-anak mencontoh tokoh yang baik, dan tak mencontoh sikap yang buruk.

Ciri-Ciri Fabel

  • Tokoh utama di dalam cerita fabel adalah hewan atau binatang.
  • Pada umumnya cerita fabel memiliki alur yang sederhana, singkat, dan cepat, sehingga sangat mudah untuk dipahami.
  • Biasanya tema utama dalam cerita favel mengangkat tentang hubungan sosial.
  • Semua tokoh dalam fabel (binatang) dapat berpikir, berbicara, dan berperilaku seperti manusia.
  • Tokoh-tokoh (binatang) yang digambarkan dalam fabel juga memiliki karakter seperti manusia, seperti; baik hati, penyabar, pemarah, egois, cerdik, dan lain sebagainya.
  • Karakter tokoh dalam fabel tidak dijelaskan secara terperinci.
  • Cerita fabel mengandung amanat atau pesan moral kepada pembacanya.

Jenis-Jenis Fabel

Jenis fabel biasanya dibedakan berdasarkan kategori munculnya. Antara lain sebagai berikut :

Fabel Klasik

Adalah cerita dongeng yang telah ada sejak zaman dulu dan tak diketahui kapan kemunculannya. Fabel klasik ini diwariskan dengan lisan dari generasi ke generasi selanjutnya, misalnya cerita Kancil dan Buaya, Gagak dan Elang, Kalkun dan Elang, Semut dan Belalang, dan lain-lain.

Ciri-ciri fabel klasik yaitu :

  • Cerita fabel klasik biasanya sangat pendek.
  • Tema yang diangkat dalam fabel klasik sangat sederhana.
  • Fabel klasik sarat dengan pesan moral atau petuah kepada pembacanya.
  • Tokoh hewan dalam fabel masih memiliki sifat hewani.
READ  Karangan Deskripsi – Pengertian, Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis Dan Contohnya

Fabel Modern

Adalah cerita yang kemunculannya belum terlalu lama, yang dimana pembuatannya adalah bentuk ekspresi kesastraan dari penulisnya.

Ciri-ciri fabel modern yaitu :

  • Cerita fabel modern bisa panjang atau pendek.
  • Tema ceritanya cenderung lebih rumit.
  • Karakter setiap tokoh dalam fabel modern dibuat unik.
  • Fabel modern terkadang berupa epik atau saga.

Struktur Teks Cerita Fabel

Fabel juga mempunyai struktur teks yang unik dan sedikit berbeda dengan jenis dongeng yang lainnya. Struktur cerita fabel diantaranya sebagai berikut :

  1. Orientasi. Adalah bagian dari cerita fabel yang memperkenalkan tokoh di dalam cerita, latar tempat, waktu. Setelah tahap orientasi, cerita fabel akan masuk ke tahap berikutnya.
  2. Komplikasi. Adalah bagian fabel yang menceritakan tentang tokoh utama yang menghadapi suatu masalah. Hal ini adalah bagian inti dari cerita fabel.
  3. Resolusi. Adalah bagian dari cerita fabel yang menjelaskan tentang pemecahan masalah apa yang dihadapi oleh tokoh utama. Biasanya dalam cerita fabel tersebut diceritakan juga tokoh utama dalam memecahkan masalah, dengan cara yang kreatif.
  4. Koda. Adalah bagian dari cerita fabel yang menjelaskan adanya perubahan pada setiap tokoh. Di bagian ini juga berisi pelajaran dan juga pesan moral yang bisa dipetik oleh pembaca.

Sekian uraian lengkap mengenai pengertian fabel yang disertai dengan ciri, struktur dan jenisnya. Semoga dapat dimengerti dan dapat menambah wawasan anda semua, dalam cerita fabel bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :