Pengertian Ekonomi Manajerial – Ruang Lingkup, Tujuan, Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Ekonomi Manajerial – Ruang Lingkup, Tujuan, Dan Contohnya Lengkap

Ekonomi Manajerial – Adalah penerapan teori ekonomi serta seperangkat analisis ilmu keputusan. Ilmu yang membahas bagaimana suatu organisasi/bisnis bisa mencapai tujuan, dengan cara yang efektif dan juga efisien. Maksud dari ekonomi manajerial ini adalah untuk menggabungkan ilmu ekonomi dengan langkah dalam mengambil keputusan. Yang dalam hal ini ekonomi manajerial penting sebagai strategi yang paling efektif dan efisien dalam menjalankan sebuah bisnis.

Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli

  1. Menurut Hirschey, ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi sebagai metode untuk pengambilan keputusan menajerial dan administratif.
  2. Menurut Dominic Salavatore, pengertian ekonomi manajerial adalah pengetahuan/wawasan yang menunjukkan teori ekonomi dengan analisis pada pengambilan keputusan yang berdasar pada teori ekonomi, untuk menelaah bagaimana bisnis bisa mencapai tujuan dengan cara yang efisien.
  3. Menurut Ket, managerial economics adalah ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisir dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  4. Menurut Evan J. Douglas, pengertian ekonomi manajerial adalah bagian ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan prinsip metodologi ekonomi, dalam proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan/organisasi.
  5. Menurut Mc. Connel, pengertian ekonomi manajerial adalah alat analisis yang sangat penting bagi manajer dalam mengambil keputusan bisnis. Ekonomi manajerial juga adalah gabungan dari ilmu ekonomi dengan manajemen.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Teori Ekonomi

Teori ekonomi juga bisa menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Teori ekonomi ini dibagi menjadi teori ekonomi mikro dan makro. Ekonomi mikro termasuk dalam serangkaian teori mengenai pengambilan keputusan yang berdasar pada tingkah laku ekonomi seperti sumber daya, sistem perdagangan bebas dan konsumen individu. Dan teori makro membahas sistem pengambilan keputusan berdasarkan output, pendapatan, investasi, konsumsi, pekerjaan dan agregat ekonomi.

READ  Konsolidasi : Pengertian, Ciri, Dan Contoh Perusahaannya Lengkap

Pengambilan Keputusan

Prinsip ekonomi manajerial didasarkan dari alokasi terhadap sumber-sumber daya yang langka seperti prinsip “Man, Money, Material, Methode”. Peranan ekonomi manajerial dalam pengambilan keputusan manajerial harus menerapakan teori dan metode ekonomi.

Kemudian keduanya digabungkan dengan alat dan teknik analisis ekonomi dalam pemecahan masalah manajerial dengan optimal.

Ilmu Keputusan

Matematika dan ekonometri atau statistika dapat dijadikan sebagai model keputusan yang bertujuan untuk menentukan langkah optimal perusahaan atau bisnis untuk mencapai tujuan.

Ilmu Administrasi Bisnis

Ilmu administrasi dalam suatu bisnis dapat menjadi latar belakang teori dalam pengambilan keputusan, termasuk keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya manusia  dan manajemen pemasaran serta produksi.

Peranan dan Tujuan Ekonomi Manajerial

1. Sebagai Alat Evaluasi

Ekonomi manajerial bisa menjadi alat evaluasi bila terjadi pergantian manajer yang baru. Manajer yang baru dapat memperlajari apa saja yang kurang dan yang bisa dilanjutkan, dari strategi ekonomi manajerial yang dilakukan oleh manajer yang lama.

Era yang baru tentu akan membawa market baru yang lebih kompetitif di dunia bisnis. Hingga harus ada evaluasi dari kebijakan yang lama.

2. Membantu Manajer Menyelesaikan Masalah

Ekonomi manajerial juga sangat membantu sebagai penganalisis dalam pengambilan keputusan yang dilakukan manajer. Kemajuan ekonomi membuat kemajuan dalam kondisi pasar, yang sering berubah sehingga harus ada pembaruan kebijakan yang menjadi upaya dalam mengembangkan perusahaan/bisnis yang lebih efektif.

3. Mengatur Keuangan

Ekonomi manajerial juga bisa digunakan untuk mengatur keuangan dengan baik. Ekonomi manajerial juga penting dalam mengidentifikasi yang mana biaya yang penting dan mana biaya yang tidak perlu. Tujuannya untuk menghindari defisit perusahaan.

4. Mengetahui Lingkungan Industri, Perusahaan, dan Perekonomian

Peran ekonomi manajerial dalam aktivis analisis lingkungan industri, perusahaan, maupun perekonomian. Analisis lingkungan ini perlu dilakukan untuk mengetahui keadaan konsumen, pemasok, dan juga kompetitor.

READ  Mengenal Strategi Paket Bundling, Jualan Konsep “Paketan” Lengkap

Perusahaan juga harus melakukan analisis lingkungan yang dimana produk akan dikeluarkan. Analisis lingkungan ini dibutuhkan dalam pengambilan keputusan, kemudian perusahaan menghasilkan keputusan bagaimana caranya memperoleh keuntungan yang diinginkan.

5. Mendapatkan Keuntungan Perusahaan

Tujuan ekonomi manajerial juga untuk keuntungan perusahaan. Dengan adanya strategi ekonomi manajerial diharapkan bisa menganalisis hal yang membawa keuntungan di dalam perusahaan.

Contoh Pelaksanaan

Contohnya misalnya kegiatan di rumah sakit yang melakukan aktivitas dalam merawat pasien. Rumah sakit tentu harus memiliki informasi akurat mengenai jumlah pasien yang ditangani setiap harinya. Rumah sakit juga mempunyai standar prosedur bagaimana dokter, perawat, dan para pekerja di Rumah Sakit bisa bekerja dengan berkesinambungan dan bergantian dalam kurun waktu tertentu.

Untuk memperoleh kinerja yang optimal harus diawali dengan keputusan tepat tentang standar prosedur kerja. Sehingga potensi kesalahan dan kekurangannya bisa diminalisir.

Sekian pembahasan dan penjelasan tentang ekonomi manajerial yang meliputi pengertian, ruang lingkup dan peranannya di dalam strategi bisnis. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :