Pengertian Domestik Di Berbagai Bidang Lengkap

Posted on

Pengertian Domestik Di Berbagai Bidang Lengkap

Domestik Adalah – Pengertian domestik menurut KBBI adalah suatu hal yang berkaitan dengan atau mengenai suatu permasalahan di dalam negeri. Arti domestik juga bermakna tentang segala sesuatu yang sifatnya kerumahtanggaan. Artinya istilah domestik ini meliputi segala hal yang masuk ke dalam ruang lingkup internal di dalam negeri, atau di dalam rumah tangga.
Pengertian Domestik Di Berbagai Bidang
Masih menurut KBBI, istilah domestik juga dapat diartikan sebagai binatang peliharaan yang jinak. Misalnya kuda bisa dijinakkan dan dijadikan hewan peliharaan bisa disebut dengan hewan domestik. Atau kucing yang sangat umum tinggal di rumah-rumah lalu dijadikan peliharaan, disebut dengan hewan domestik.
Sehingga istilah hewan domestik ini bukan mengacu pada hewan dalam negeri, tetapi jenis hewan peliharaan yang jinak dan bisa dipelihara oleh manusia. Hewan domestik tidak sama dengan hewan liar yang sudah dijinakkan, seperti apapun jinaknya serigala ia tetap merupakan hewan yang berbahaya bagi manusia. Berapa banyak dari kita yang mendengar tentang hewan liar yang dipelihara oleh manusia, tiba-tiba menyerang majikannya.
Istilah domestik ini juga dapat diganti dengan kata lokal yang maksudnya adalah sama-sama menunjukkan suatu hal yang berkaitan dengan dalam negeri, atau di dalam suatu wilayah tertentu. Seperti misalnya wisatawan domestik yang bisa disebut dengan wisatawan lokal. Atau pasar domestik yang juga disebut dengan pasar lokal. Sinonim lainnya yang juga bisa digunakan adalah dalam negeri, nasional, nusantara, pribumi, regional, setempat, tempatan, internal dan juga kerumahtanggaan.
Istilah domestik memang sudah tak asing lagi di telinga kita, di dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar dan menggunakan istilah tersebut. contohnya pasar domestik, perdagangan domestik, limbah domestik dan lain sebagainya. Istilah itu memang digunakan untuk menyebutkan suatu hal yang berkaitan dengan dalam negeri atau dalam rumah tangga.
Segala hal yang berkaitan dengan urusan di dalam negeri atau di dalam rumah tangga bisa ditembahkan dengan kata domestik di bagian belakangnya. Maksud rumah tangga di sini adalah tidak terbatas pada rumah tangga keluarga saja, tapi bisa juga rumah tangga organisasi, rumah tangga partai dan rumah tangga perusahaan. Misalnya saja penerbangan domestik dan wisatawan domestik. Atau bisa juga dalam urusan domestik yang artinya urusan dalam negeri atau rumah tangga baik rumah tangga dalam keluarga, organisasi, dan sebagainya.
Pengertian lainnya dari domestik di berbagai bidang, diantaranya yaitu :
Pengertian ekonomi domestik adalah segala kegiatan ekonomi yang bersumber pada pasar domestik.
Yang dimaksud dengan pasar domestik adalah kegiatan perdagangan yang prakteknya berlangsung di suatu negara di luar kegiatan ekspor atau impor.
Yang dimaksud dengan penerbangan domestik adalah jenis penerbangan di dalam negeri.
Pengertian wisatawan domestik yaitu wisatawan yang asalnya dari dalam negeri, atau wisatawan yang hanya pindah dalam lingkungan wilayah di negerinya sendiri untuk sementara waktu. (Pendit : 2006).
Pengertian domestik tour adalah tour wisata atau perjalanan, yang pelaksanaannya masih ada di dalam negeri dan peserta tournya juga dari dalam negeri atau wisatawan nusantara. Contoh domestik tour ini yaitu 7 hari 7 malam tour ke Lombok yang dimana para pesertanya berasal dari wilaya Jakarta.
Pengertian limbah domestik adalah limbah yang berasal dari beragam kegiatan sehari-hari di dalam kehidupan rumah tangga tapi tidak termasuk tinja. (UU nomor 18 tahun 2008).
Definisi dari limbah domestik adalah sampah yang asanya dari rumah tangga yang terbawa oleh media air.
Arti lainnya dari limbah domestik adalah limbah yang dibuang dari satu pemukiman penduduk, pasar, pertokoan, atau perkantoran, yang perannya penting dalam pencemaran perairan di pantai. (Suhartono : 2009).
Itulah penjelasan serta pembahasan lengkap dari pengertian domestik di berbagai bidang. Semoga informasi ini berguna bagi anda, dan menambah wawasan serta pengetahuan anda.
Baca Juga :