Pengertian dan Contoh Cara Menyimpulkan Pesan Pidato atau Ceramah

Posted on

Pengertian dan Contoh Cara Menyimpulkan Pesan Pidato / Ceramah

Pidato merupakan bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang. Dalam berpidato, berceramah, atau berkhotbah, kita menggunakan retorika. Apa yang dimaksud dengan retorika? Retorika adalah keterampilan berbahasa secara efektif, baik lisan maupun tulisan, karang-mengarang, atau pidato. Dengan menggunakan retorika, pembicara dapat menyampaikan hal-hal penting yang ingin disampaikan kepada para pendengar pidato tersebut.

Pengertian dan Contoh Cara Menyimpulkan Pesan Pidato atau Ceramah

Dalam sebuah pidato, harus ada hubungan yang harmonis antara pembicara dengan pendengar. Dan keharmonisan itu, para pendengar akan mampu menyimpulkan isi pidato yang disampaikan oleh pembicara.

Komentar terhadap Isi Pidato

Bagaimana memberi komentar yang baik? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar dapat memberi komentar yang baik tentang isi pidato atau ceramah atau khotbah.

  • Mendengarkan dengan penuh perhatian

Agar dapat memberikan komentar pidato secara lengkap, maka pada saat mendengarkan pidato harus dengan konsentrasi yang penuh. Perhatikan secara lengkap balk bagaimana penyampaian pidatonya, bahasanya, gaya pidatonya, termasuk isi atau materi pidatonya.

  • Menilai dengan objektif

Memberikan komentar boleh dikatakan juga sebagai bentuk lain dan menilai. Apa yang disampaikan oleh komentator adalah bentuk penilaian terhadap penampilan pidato. OIeh karena itu, sampaikan penilaian dengan objektif tanpa dicampuri rasa suka atau tidak suka dengan orang yang berpidato. Selain itu, jika penilaian diberikan secara objektif akan menjadi masukan yang sangat bermanfaat bagi yang berpidato agar penampilan benikutnya semakin baik.

  • Memberikan komentar dengan bahasa yang menarik dan komunikatif

Setelah semua bahan tentang komentar pidato sudah siap, berikan komentar atas pidato seseoran tersebut dengan bahasa yang simpatik. Jauhkan kalimat komentar yang bernada menggurui, tetapi berikan masukan sebagal saran penyempurnaan. Hindari pernyataan yang sifatnya menjelekkan. Sampaikan komentar clengan bahasa yang komunikatif sehingga orang yang dikomentari dapat mencerna apa isi komentar.

READ  5 Karakteristik Negara Berkembang (Maju) Menurut Bank Dunia

Beberapa teknik yang dapat digunakan dalam menutup sebuah pidato antara lain :

  • Menyimpulkan
  • Menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat berbeda,
  • Mendorong pendengar untuk bertindak
  • Mengakhiri dengan klimaks
  • Menyatakan kutipan sebuah sajak atau peribahasa, atau
  • Membuat pernyataan humoris atau anekdot.