Poster dan Slogan – Pengertian, Contoh serta Perbedaannya Lengkap

Pengertian, Contoh serta Perbedaan  Slogan dan Poster

Memahami Pengertian Slogan dan Poster

Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat untuk memberitahukan atau menyampaikan sesuatu. Dalam dunia periklanan, slogan disebut sebagai pernyataan dalam susunan kata tertentu tentang suatu produk atau jasa layanan yang terus-menerus diulang dalam iklan sehingga mudah diingat orang.

Pengertian, Contoh serta Perbedaan  Slogan dan Poster

Slogan juga digunakan untuk berkampanye, sebagai pernyataan untuk memacu semangat suatu kelompok atau organisasi, dan sebagai pernyataan cita-cita. jadi, fungsi slogan di antaranya adalah media pendidikan masyarakat, memacu semangat suatu kelompok, sebagai pernyataan cita-cita, ikian, dan alat propaganda politik. Tujuan slogan umumnya menyampaikan suatu informasi dan memengaruhi pandangan masyarakat terhadap informasi tersebut.

Bahasa slogan singkat, jelas, memiliki daya pikat atau menarik, dan bersifat membujuk atau persuasif. Singkat maksudnya tidak berbelit-belit. Jelas maksudnya tidak membingungkan dan mudah dipahami. Memiliki daya pikat maksudnya dapat membuat pembaca merasa tertarik. Selain itu, bahasa slogan bersifat membujuk sehingga pembaca terpengaruh terhadap isi slogan.

Kata-kata yang digunakan efektif, sugestif, dan mudah cilingat. Efektif maksudnya tidak menggunakan kata yang tidak bermanfaat atau boros kosakata. Sugestif maksudnya dapat menggugah hati masyarakat untuk membeli atau mengikuti isi slogan. Mudah diingat maksudnya tidak panjang atau berbelit-belit.

Poster

Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, biasanya berupa ajakan, pengumuman, atau iklan. Poster juga diartikan gambar atau tulisan di atas kertas atau kain yang dipasang di tempat umum dan berisi pemberitahuan.

Baca Juga :  24 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Naskah Drama

Fungsi poster di antaranya sebagai media pendidikan masyarakat, alat propaganda, iklan, atau murni sebagai suatu hasil karya seni tanpa maksud-maksud tersembunyi. Poster dapat berisi pernyataan-pernyataan berupa slogan. Sebagaimana slogan, tujuan poster umumnya menyampaikan suatu informasi dan memengaruhi pandangan masyarakat terhadap informasi tersebut.

Misalnya, berisi imbauan kepada masyarakat tentang suatu kegiatan, larangan menghindari perbuatan tertentu, ajakan untuk membeli barang tertentu, ajakan untuk menghadiri acara tertentu, dan alat propaganda politik atau berkampanye.

Selain bahasanya singkat, menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuatif; poster juga dapat dilengkapi gambar atau ilustrasi yang mendukung. Kata-kata yang digunakan juga bersifat efektif, sugestif, dan mudah diingat. Perbedaannya dengan slogan, slogan hanya terdiri atas satu kata, kelompok kata, atau kalimat pendek, sedangkan poster dapat menggunakan beberapa kalimat.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis slogan dan poster!

Menulis slogan

  • Memahami fungsi slogan yang akan ditulis.
  • Memahami sasaran atau siapa khalayak yang clituju slogan tersebut.
  • Kalimat atau pernyataan slogan sebaiknya merupakan hal yang baru, unik, dan gagasan besar.
  • Menggunakan persamaan bunyi (rima), penggabungan kata, dan musikalitas pengucapan agar slogan menarik.
  • Menggunakan kata, gabungan kata, atau kalimat pendek.
  • Menggunakan bahasa yang menarik, mudah diingat, mudah dipahami, singkat, dan membujuk.

Menulis Poster

  • Menentukan konsep pokok yang akan dipublikasikan kepada khalayak umum.
  • Menentukan pernyataan pokok yang akan dituliskan dalam poster.
  • Menentukan ukuran poster.
  • Menyiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan dalam membuat poster.
  • Menyiapkan gambar atau ilustrasi yang mendukung isi poster bila diperlukan.
  • Menggunakan bahasa yang singkat, jelas, mudah diingat, menarik, dan membujuk.
  • Tidak menggunakan kata-kata pujian yang berlebihan terhadap barang atau kegiatan yang diinformasikan.
Baca Juga :  Pengertian Konjungsi – Fungsi, Macam Dan Contohnya Lengkap
Poster dan Slogan – Pengertian, Contoh serta Perbedaannya Lengkap | hasbimutsani | 4.5