Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli – Budaya diambil dari bahasa sansekerta yang artinya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan akal dan juga budi dari manusia. Secara harfiah pengertian budaya adalah cara hidup yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat yang diwariskan dengan turun temurun pada generasi yang berikutnya. Perbedaan antara antara agama, suku, politik, pakaian, lagu, bahasa, bangunan, maupun karya seni akan membentuk suatu budaya.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

  1. Pengertian budaya menurut Soelaiman Soemardi & Selo Soemardjan adalah buah atau hasil cipta karya dan juga rasa masyarakat. Suatu kebudayaan memang memiliki hubungan yang sangat erat dengan perkembangan di masyarakat. Seorang arkeolog yaitu R.Soekmono menyebutkan bahwa budaya adalah hasil kerja/usaha manusia yang berupa benda atau hasil buah pemikiran manusia semasa hidup.
  2. Pengertian budaya menurut Effat al-Syarqawi menurut pandangan islam adalah khazanah sejarah kelompok masyarakat yang tercermin dalam kesaksian dan beragam nilai yang menggariskan suatu kehidupan, harus memiliki makna dan juga tujuan rohaniah.
  3. Pengertian budaya menurut Lehman, Himstreet, dan Batty adalah kumpulan dari beberapa pengalaman hidup yang ada dalam sekelompok masyarakat tertentu. Pengalaman hidup yang dimaksud di sini adalah yang berupa kepercayaan, perilaku, & gaya hidup suatu masyarakat.
  4. Pengertian budaya menurut Parsudi Suparian adalah suatu hal yang melandasai perilaku di dalam masyarakat, karena buda adalah pengetahuan manusia yang seluruhnya dipakai untuk mengerti serta memahami lingkungannya serta pengalaman yang terjadi padanya.
  5. Pengertian budaya menurut Ki Hajar Dewantara adalah hasil perjuangan masyarakat pada alam dan zaman yang membuktikan kemakmuran dan kejayaan hidup masyarakat dalam menyikapi atau menghadapi kesulitan serta rintangan dalam mencapai kemakmuran, keselamatan dan kebahagiaan di hidupnya. Budaya yang ada di Indonesia sangat berpengaruh pada perkembangan zaman dari masa ke masa, dan berubahnya kondisi alam yang terdapat di Indonesia.
  6. Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat adalah sistem gagasan dan juga rasa, dari suatu tindakan dan karya yang dihasilkan oleh manusia di dalam kehidupannya yang bermasyarakat yang dijadikan kepemilikannya di dalam belajar.
  7. Pengertian budaya menurut KBBI adalah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Dan secara tata bahasa arti dari kebudayaan ini diturunkan dari kata budaya, yang artinya cenderung menunjuk pada cara berpikir manusia.
  8. Pengertian budaya menurut  Kluckhohn dan Kelly adalah segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang sifatnya implisit maupun  irasional, rasional, yang ada di suatu waktu. Yang menjadi acuan yang potensial dalam tingkah laku manusia.
  9. Pengertian budaya menurut E.B. Taylor adalah keseluruhan yang kompleks yang mencakup kepercayaan, kesusilaan, seni, adat istiadat, hukum, kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang sering dipelajari oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat.
  10. Pengertian budaya menurut Linton adalah keseluruhan dari sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang menjadi kebiasaan yang diwariskan dan juga dimiliki oleh anggota masyarakat tertentu.
  11. Pengertian budaya menurut R. Soekomo adalah hasil kerja dan usaha manusia yang berupa benda atau hasil buah pemikiran manusia pada masa hidupnya.
  12. Pengertian budaya menurut Edward T Hall adalah komunikasi serta komunikasi budaya.
  13. Pengertian budaya menurut Geert Hofstede adalah pemrograman bersama atas pikiran yang membedakan anggota kelompok yang satu dengan yang lainnya.
  14. Pengertian budaya menurut  Jensen dan Trenholm adalah seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat istiadat, aturan dan juga kode.
  15. Pengertian budaya menurut Fizee adalah tingkat kecerdasan akal setinggi-tingginya yang dihasilkan dalam suatu tempo sejarah bangsa pada puncak perkembangannya, hasil yang dicapai oleh suatu bangsa dalam lapangan kesusatraan, falsafah, ilmu pengetahuan dan kesenian, dan sebagai way of life bangsa khususnya hubungan dengan adat istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.
  16. Pengertian budaya menurut Bounded et.al adalah suatu hal yang terbentuk oleh pengembangan kepercayaan manusia, dengan melalui suatu simbol tertentu.
  17. Pengertian budaya menurut Francis Merill adalah seluruh perilaku dan produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota di suatu masyarakat yang ditemukan dengan melalui interaksi simbolis. Kebudayaan ini artinya adalah pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial.
  18. Pengertian budaya menurut wikipedia adalah cara hidup yang berkembang, serta dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya.
  19. Pengertian budaya menurut Al. Krueber (1958: 582-583) adalah sistem dari ide dan konsep. Kebudayaan juga merupakan wujud rangkaian tindakan yang berpola aktivitas dan manusia.
  20. Pengertian budaya menurut Croydon (1973: 4) adalah sistem pola yang terpadu, yang sebagian besar ada di bawah ambang batas kesadaran. Tetapi semua yang mengatur perilaku manusia seperti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.
  21. Pengertian budaya menurut Dr. K. Kupper sistem gagasan yang menjadi pedoman serta pengarah untuk manusia, dalam bersikap serta berperilaku baik secara individu maupun kelompok.
  22. Pengertian budaya menurut Djojodigono(1958) adalah daya budi yang berupa cipta, karsa dan juga rasa.
  23. Pengertian budaya menurut Dawson Dalam bukunya yang berjudul Age of the Gods adalah cara hidup bersama.
  24. Pengertian budaya menurut Drs. Mohammad Hatta adalah cipta hidup dari sebuah bangsa.
  25. Pengertian budaya menurut Drs. Sidi Gazalba adalah cara berpikir dan merasa yang menyatakan diri di seluruh segi kehidupan, dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan ruang dan waktu.
  26. Pengertian budaya menurut EB. Tylor Dalam bukunya Primitif Culture adalah keseluruhan yang bersifat kompleks, yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan dan kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.
  27. Pengertian budaya menurut Edward Spranger adalah segala bentuk dan ekspresi dari kehidupan batin suatu masyarakat. Dan peradaban adalah wujud kemajuan teknologi serta pola material kehidupannya.
  28. Pengertian budaya menurut Herskovits suatu hal yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lainnya, yang lalu disebut dengan superorganik.
  29. Pengertian budaya menurut Larson dan Smalley (1972: 39) adalah blue print yang memandu perilaku seseorang di dalam komunitas, serta diinkubasi di dalam kehidupan berkeluarga. Hal ini juga mengatur perilaku kita di dalam kelompok, dan membuat kita peka pada masalah status serta membantu mengetahui apa tanggung jawab kita untuk grup. Budaya yang strukturnya berbedalah yang mendasari dan membuat bulat masyarakat serta komunitas persegi.
  30. Pengertian budaya menurut Mitchell (Dictionary of Soriblogy) adalah sebagian perulangan dari keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia serta produk yang dihasilkan manusia dan telah memasyarakatkan secara sosial, bukan sekadar dialihkan dengan cara genetikal.
  31. Pengertian budaya menurut  Mangunsarkoro adalah segala hal yang didapatkan individu dari masyarakat, yang meliputi kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri. Melainkan merupakan warisan dari masa lalu yang diperoleh dari pendidikan formal/informal.
  32. Pengertian budaya menurut Ralph Linton (1945: 30) adalah cara hidup masyarakat yang mana saja dan regular, tak hanya tentang sebagian.
  33. Pengertian budaya menurut Raymond Williams (1961: 16) adalah seluruh kehidupan yang meliputi materi, intelektual, dan spiritual.
  34. Pengertian budaya menurut Sir Edwards B Tylor adalah keseluruhan yang kompleks dari ide dan segala hal yang dihasilkan manusia dengan kesamaan pengalaman historis.
  35. Pengertian budaya menurut Sutan Takdir Alisyahbana adalah manifestasi dari suatu cara berpikir.
  36. Pengertian budaya menurut William H. Haviland adalah seperangkat peraturan serta norma yang dipunyai bersama oleh anggota masyarakat, yang bila dilaksanakan oleh anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan bisa diterima oleh seluruh masyarakat.
Baca Juga :  Pengertian Legitimasi : Kekuasaan, Hukum dan Politik Beserta Contohnya Lengkap

Demikian pembahasan lengkap dari pengertian budaya menurut para ahli. Semoga artikel ini berguna bagi anda, dan dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :