Pengertian Aspirasi Di Berbagai Bidang Lengkap

Posted on

Pengertian Aspirasi Di Berbagai Bidang Lengkap

Aspirasi Adalah – Yang dimaksud dengan aspirasi adalah keinginan yang kuat atau cita-cita. Pengertian lainnya yaitu harapan dan perubahan yang lebih baik yang tujuannya yaitu untuk meraih keberhasilan di masa yang akan datang.

Pengertian Aspirasi Di Berbagai Bidang Lengkap

Definisi dari aspirasi adalah keinginan serta harapan dalam indivitis mengenai prestasi atau keberhasilan. Aspirasi ini akan mengarahkan aktivitas individu agar lebih fokus dalam mencapai tujuan tersebut (Slameto : 2003).

Arti lainnya dari aspirasi adalah keinginan yang sangat kuat yang ditandai dengan sebuah usaha, dalam meraih sesuatu yang dipandang dengan lebih tinggi serta lebih bernilai dari keadaan yang sekarang. Keinginan ini dapat berupa peningkatan status individu atau keinginan yang sifatnya extreme, terlalu berani dan juga tak wajar (Hurlock : 1979).

Pertanyaannya adalah, apakah aspirasi dapat menjadi bahan bakar yang hebat dalam mencapai tujuan anda, atau hanya sekadar harapan saja? Untuk lebih memahami kata aspirasi, mari lihat contoh berikut ini :

Masa anak-anak adalah masa yang paling umum dalam memiliki keinginan serta cita-cita. Sering kita temui atau dengar, anak-anak yang ingin menjadi dokter, guru, arsitek, pilot, polisi, bahkan menjadi artis. Menurut pengertian aspirasi itu, maka artinya anak-anak memang memiliki aspirasi.

Di dalam perjalanannya, anak-anak ini tidak semuanya berhasil dalam menggapai cita-cita. Tetapi di usia muda, sangat mudah untuk seseorang terpengaruh oleh lingkungannya. Seseorang pada lingkungannya ibarat spon yang mudah sekali menyerap air. Hal ini dapat membentuk seseorang untuk menjadi orang yang dewasa yang tak bisa diaspirasikan atau dicita-citakan sebelumnya.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan Persetujuan Resmi dan Tidak Resmi

Tetapi ada yang membedakan antara anak-anak dan orang dewasa. Seseorang yang dewasa akan mencapai titik dalam hidupnya, yang dimana ia sadar bahwa aspirasinya tak akan membawanya dari titik A ke titik B. apa yang akan membawanya hanya kemauan dalam bertindak, pengaruh, pikiran serta sikapnya.

Sehingga jelas bahwa aspirasi hanya sebuah harapan tapi tak ada tindakan dalam mencapainya. Ia seperti bibit tanaman yang hanya akan tumbuh dan berkembang, menjadi tanaman tertentu bila disiram, diberi pupuk, dan dirawat dengan baik.

Contoh lainnya dari kata aspirasi yang sering kita temui adalah dalam bidang politik. Yang dimaksud dengan aspirasi rakyat adalah usulan, keinginan atau kehendak yang disertai dengan harapan supaya dapat tercapai. Contohnya aspirasi rakyat supaya pemerintah menurunkan harga BBM. Aspirasi ini hanya akan menjadi sebatas usulan serta harapan dari masyarakat saja, yang tak akan terwujud bila dari pemerintah sendiri tidak mengambil tindakan untuk mewujudkannya.

Pengertian aspirasi mahasiswa adalah beragam tuntutan yang dikemas ke dalam ide yang kreatif, bagi mahasiswa yang mengusulkan proses perubahan mengenai suatu hal tertentu. Secara umum pembentukan aspirasi ini memang dibuat oleh mahasiswa khususnya senat mahasiswa.

Pengertian aspirasi di bidang kesehatan adalah kondisi yang dimana partikel kecil seperti cairan atau serpihan makanan masuk ke dalam paru-paru, yang dapat menyebabkan seseorang sulit bernapas. Aspirasi ini pada umumnya banyak terjadi pada bayi. Pengertian aspirasi pada bayi ini merujuk pada bayi, yang tersedak karena ASI.

Pengertian aspirasi pnemonia adalah paru-paru yang telah terinfeksi karena masuk atau terhirupnya benda asing, seperti makanan kecil yang masuk ke dalam saluran pernapasan yang tak bisa dikeluarkan melalui mekanisme pertahanan yang normal.

Baca Juga :  Contoh Surat Undangan Arisan Lengkap Dengan Susunan Acara

Yang menarik adalah aspirasi dalam titik linguistik atau bahasa, yaitu realisasi dari sebuah bunyi bahasa atau fonem yang disertai dengan hembusan udara atau letupan napas yang cukup keras sehingga bisa terdengar. Misalnya huruf G dan K yang merupakan dua fonem yang berbeda, contohnya pada kata CAGAR dan CAKAR.

Sekian penjelasan tentang pengertian aspirasi dalam berbagai bidang dan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini memberi manfaat untuk anda semua, serta menambah wawasan anda.

Baca Juga :