Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Dan Sejarahnya Lengkap

Posted on

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli – Apa yang dimaksud dengan aplikasi? Aplikasi adalah sistem yang dirancang untuk mengolah data, dengan aturan dan ketentuan tertentu serta menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Berikut ini pembahasan lengkap tentang pengertian aplikasi menurut para ahli dan sejarahnya.
Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian Aplikasi

Pada umumnya aplikasi merupakan sebuah program yang berbentuk perangkat lunak, yang berjalan pada suatu sistem tertentu yang sangat berguna dalam membantu beragam aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Masih ada banyak lagi pengertian lainnya dari aplikasi, menurut para ahli.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pemahaman para ahli tentang pengertian aplikasi, diantaranya sebagai berikut :
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (1998:52)
Aplikasi adalah sistem yang dirancang untuk mengolah data dengan aturan dan ketentuan tertentu, serta menggunakan bahasa pemrograman tertentu.
2. Yuhefizar
Aplikasi adalah program yang sengaja dibuat serta dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, di dalam melakukan sebuah pekerjaan.
3. Harip Santoso
Aplikasi adalah kelompok file class, form, report, yang tujuannya yaitu untuk melakukan suatu kegiatan tertentu, yang saling berkaitan. Misalnya aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dan sebagainya.
4. Jogiyanto (1999:12)
Aplikasi adalah instruksi atau pernyataan yang terdapat pada suatu perangkat keras, baik komputer atau smartphone yang dirancang dengan sedemikian rupa supaya dapat mengolah masukan atau input menjadi keluaran atau output.
5. Rachmad Hakim S
Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan dalam suatu tujuan tertentu, seperti mengatur Windows, mengolah dokumen, dan lain sebagainya.
6. Ali Zaki dan Smitdey Comunity
Aplikasi adalah komponen yang sangat bermanfaat yang menjadi media untuk melakukan pengolahan data, atau kegiatan yang lainnya seperti misalnya pengolahan atau pembuatan dokumen & file.
7. Hengky W. Pramana
Aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang sengaja dibuat serta dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam beragam kegiatan/pekerjaan, seperti misalnya kegiatan periklanan, pelayanan masyarakat, perniagaan, permainan, dan berbagai aktivitas lainnya.
8. Hendrayudi
Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat serta dirancang untuk melakukan kegiatan atau suatu pekerjaan tertentu.
9. Ibisa
Aplikasi adalah alat bantu yang memudahkan serta mempercepat proses kegiatan atau pekerjaan bagi yang menggunakannya.
10. Djokopran & Eko. I
Aplikasi adalah prosedur aliran data di dalam infrastruktur teknologi informasi yang sangat bermanfaat untuk setiap pengambil keputusan, yang sesuai dengan jenjang dan juga kebutuhan.
11. Sri Widianti
Aplikasi adalah perangkat lunak yang tugasnya sebagai font end pada suatu sistem, yang dipakai dalam mengolah beragam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi penggunanya dan sistem yang berhubungan.

READ  Pengertian ODP (Officer Develompent Porgram) Lengkap

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Sebelum menjadi berkembang seperti sekarang, ada sejarah yang panjang dalam proses ditemukannya aplikasi tersebut. tak seperti aplikasi yang sekarang ada dalam komputer yang berjalan dengan canggih saat ini, seluruh perangkat lunak mengandalkan Aljabar Boolean.
Yang dimana aljabar ini menggunakan kode binary digit yang terdiri atas dua angka, yaitu 1 (On/Benar) & 0 (Off/ Salah). Yang menjadikannya rumit dan terlalu panjang dari penggunaan kode binary digit ini, yang menjadikan orang-orang saat itu mulai membuat atau merancang kelompok-kelompok bit yang terdiri dari word ( 2 byte), nible (4 bit), byte (8 bit), & doubel word (32 bit).
Dengan dibuatnya kelompok bit ini maka cukup membantu pengguna dalam beragam kegiatan yang dilakukan pada perangkat lunak komputer. Dengan adanya beberapa kelompok bit yang ada saat itu, yang kini menjadikan orang-orang mulai merancang kode tersebut menjadi beragam struktur instruksi seperti  operasi logika, transfer, dan penyimpanan. Sampai akhirnya terciptalah kode baru yang dikenal dengan nama assembler. Kode ini nantinya menjadi cikal bakal dibuatnya aplikasi yang sekarang memudahkan dan mempercepat kegiatan manusia.
Sekian pembahasan tentang pengertian aplikasi menurut para ahli yang lengkap dengan sejarahnya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda yang ingin memahami aplikasi dengan benar.
Baca Juga :