Anomali – Pengertian Dan Contohnya Lengkap

Anomali – Pengertian Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Anomali Dan Contohnya Lengkap

Apa Itu Anomali – Pengertian anomali adalah suatu keanehan atau keganjilan atau penyimpangan dari keadaan yang biasa/normal yang berbeda dari kondisi secara umum di suatu lingkungan. Pada umumnya anomali mengandung dua dimensi, yaitu dimensi fisik dan perilaku. Dari dimensi fisik itu digambarkan dengan penyimpangan satu bagian, atau seluruh tubuh manusia.

Anomali

Sedangkan dimensi perilaku anomali banyak diadaptasi dalam ilmu sosiologi, psikologi, dan juga ekonomi. Di dalam bidang tersebut pengertian anomali adalah penyimpangan secara individu atau sosial C.P Chapiln 1989. Contoh dalam bidang ekonomi, anomali dapat dilihat dari penyimpangan keadaan harga yang seharusnya berlaku di pasaran.

Tetapi konsep anomali secara umum ini mengandung kelemahan, yaitu kurangnya kekuatan dalam melakukan perubahan pada saat kondisi mayoritas itu dihadapkan pada norma. Yaitu ketentuan hukum, aturan atau toleransi sosial yang berlaku.

Contohnya dalam bidang politik, misalnya dalam lingkungan yang dimana aktivitas menjadi hal yang biasa, justru orang yang tak melakukan perbuatan korup itulah yang akan dianggap sebagai anomali. Sehingga anomali tak lagi sekadar penyimpangan dari yang biasa/umum atau kondisi mayoritas. Tapi secara lebih luasnya mencakup penyimpangan dari norma yang seharusnya, yang sesuai dengan aturan ketentuan, hukum maupun toleransi sosial yang hubungannya dengan kedudukan dan juga peran seseorang di suatu lingkungan.

Maka istilah anomali dengan cara norma ini bisa digunakan untuk menunjukkan perilaku pejabat yang menyimpang, dari fungsi pemerintah. Atau wakil rakyat selaku anggota legislatif yang menyimpang dari norma kelembagaan legislatif yang sebagaimana tertuang dalam ketentuan toleransi sosial, aturan, atau hukum baik yang sifatnya universal maupun yang spesifik legal di Indonesia.

Baca Juga :  Contoh Surat Jaminan Pembayaran Hotel Oleh Perusahaan

Bukan hanya secara umum  dan norma, tapi anomali juga digunakan dalam bidang yang spesifik dan khusus yaitu dengan cara linguistik atau ilmu bahasa dan juga teknis. Sedangkan secara teknis, arti anomali adalah penyimpangan dari kesegaraman bentuk dan juga sifat fisik dan seringkali menjadi perhatian untuk dieksplorasi. Contohnya anomali lalu lintas, dan anomali magnetik.

Pengertian anomali air adalah ketidakteraturan air di dalam proses menyusut dan memuai, yaitu bila air dipanaskan sampai dengan suhu di atas derajat 4o maka air pun akan memuai. Tapi air akan menyusut apabila dipanaskan antara 0o-4o C.

Pengertian anomali data base adalah data yang menyimpang yang tak diharapkan, yang timbul dari proses tertentu. Agar normal kembali harus dilakukan normalisasi data.

Pengertian anomali cuaca adalah kondisi tidak teraturnya cuaca yang menyimpang dari keadaan normal secara rata-rata. Artinya anomali cuaca merupakan fenomena cuaca yang tak seperti biasanya. Misalnya badai salju yang menghantam Amerika Selatan.

Yang dimaksud dengan anomali pasar adalah penomena di pasar akan hal-hal yang tidak seharusnya, atau adanya keadaan yang tak biasa atau menyimpang dari hipotesis pasar secara efisien.

Itulah penjelasan tentang pengertian anomali dan beberapa jenis serta contohnya lengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :