Nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an Dan Artinya Lengkap

Nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an Dan Artinya Lengkap

Nama-Nama Hari Akhir – Percaya pada hari akhir adalah salah satu bagian dari rukun iman yang ke 6. Haru akhir titu pasti ada tetapi waktunya dirahasiakan. Berikut ini ulasan lengkap tentang nama akhir yang perlu anda ketahui.

Nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an Dan Artinya Lengkap

Nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya

Yaumul Akhir

Artinya adalah hari akhir. Yang ada di dalam QS : Al-Baqarah : 8 yang artinya, “Dan diantara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman“.

Yaumul Qiyamah

Artinya hari kiamat. QS. Al-Baqoroh ayat 85 yang artinya: “Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang-orang yang berbuat demikian diantara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan“.

Yaumul Hasrah

Artinya hari penyesalan. Yang ada di dalam QS. Maryam: 39 yang artinya: “Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus, sedang mereka dalam kelalaian dan mereka tidak beriman“.

Baca Juga :  Wakaf – Pengertian Dan Hukumnya Dalam Islam Lengkap

Yaumul Ba’ats

Adalah hari kebangkitan. Yang terdapat dalam al quran surat Ar-Rum ayat 56 yang artinya: “…Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi (dahulu) kamu tidak meyakini(nya)“.

Yaumul Hisab

Adalah hari perhitungan. Yang terdapat dalam al quran QS. Sad:16 yang artinya: “Dan mereka berkata, “Ya Tuhan kami, segerakanlah azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari perhitungan“.

Yaumu Diin

Adalah hari pembalasan. Yang ada di dalam al quran surat Al-Fatihah ayat 4 yang artinya: “pemilik hari pembalasan“.

Yaumul Haq

Adalah hari yang pasti terjadi. Yang terdapat dalam al quran QS. An-Naba: 39 yang artinya: “Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya“.

Yaumul Jam’i

Adalah hari berkumpul. Yang ada di dalam al quran QS. Asy-Syura’ Allah berfirman yang artinya: “Dan demikianlah Kami wahyukan Al-Qur’an kepadamu dalam bahasa Arab, agar engkau memberi peringatan kepada penduduk ibu kota (Mekkah) dan penduduk (negeri-negeri) disekelilingnya, serta memberi peringatan tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak diragukan adanya“.

Yaumul Khulud

Artinya hari kekekalan. Yang terdapat dalam al quran QS. Qaf: 34 yang artinya: “Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi“.

Yaumul Fasli

Artinya hari keputusan. Yang ada di dalam al quran QS.Ad-Dukhan: 40 yang artinya: “Sungguh hari keputusan (hari kiamat) adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya“.

Yaumul Wa’id

Artinya hari terlaksananya ancaman. Yang terdapat dalam al quran QS. Qaf: 20 Allah berfirman yang artinya: “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang diancamkan“.

Yaumul Khuruj

Artinya hari keluar dari kubur. Yang juga ada di dalam al quran QS. Qaf: 42 yang artinya: “(Yaitu) pada hari (ketika) mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur)“.

Baca Juga :  3 Sumber Ajaran Islam Dan Penjelasannya Lengkap

Yaumu Taghabun

Artinya hari diperlihatkannya kesalahan. Yang ada dalam al quran QS. At-Taghabun: 9. Allah berfirman yang artinya: “(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kami pada hari berhimpun, itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan…”.

Yaumu Tanad

Artinya hari panggil memanggil. Yang terdapat dalam al quran QS. Al-Mu’min: 32 yang artinya: “Dan wahai kaumku!Sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan (siksaan) hari saling memanggil“.

Yaumul Mau’ud

Artinya adalah hari yang dijanjikan. Yang terdapat dalam al quran QS. Al-Buruj: 2 yang artinya: “Dan demi hari yang dijanjikan“.

Yaumul Fathi

Artinya yaitu hari kemenangan. Yang ada dalam al quran QS. As-Sajdah: 29 yang artinya: “Katakanlah, “Pada hari kemenagan itu, tidak berguna lagi bagi orang-orang kafir keimanan mereka dan mereka tidak diberi penangguhan“.

Yaumul Kabir

Adalah hari besar. Yang terdapat dalam al quran QS. Hud: 3 yang artinya: “… Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat)“.

Yaumul ‘Asir

Adalah hari yang sulit. Yang juga ada di dalam al quran QS. Al-Mudassir: 9 yang artinya: “Maka itulah hari yang serba sulit“.

Itulah pembahasan mengenai nama-nama hari akhir dengan artinya lengkap. Semoga informasi ini berguna bagi anda semua, dan dapat menambah wawasan anda serta menjadi pengingat akan adanya hari akhir.

Baca Juga :

Nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an Dan Artinya Lengkap | yurissa icha | 4.5