Mengenal Strategi Paket Bundling, Jualan Konsep “Paketan” Lengkap

Mengenal Strategi Paket Bundling, Jualan Konsep “Paketan” Lengkap

Bundling Adalah – Di dalam dunia bisnis gadget dan telekomunikasi saat ini, menunjukkan persaingan yang sangat sengit. Karena dari berbagai vendor dan operator yang ada, dengan cara simultan mereka bersama-sama saling mengalahkan para pesaingnya. Dari persaingan sengit itulah lalu diantara mereka sepakat untuk bekerja sama dan saling mendukung. Mereka yang notabenenya berada dalam cakupan bisnis yang sama, memungkinkan untuk saling bekerja sama sampai menciptakan sinergi yang dapat menarik konsumen dalam membeli produknya.

Mengenal Strategi Paket Bundling

Kerjasama dan hubungan saling mendukung tersebut, dikenal dengan istilah bundling atau paket bundling. Misalnya ketika kita membeli smarphone maka kita mendapat penawaran paket bundling dengan promo bonus yang menarik dari operator telekomunikasi seperti gratis nelepon, SMS atau paket internet lainnya.

Apa itu Paket Bundling dan Apa Tujuannya

Paket bundling adalah suatu cara, metode dan juga strategi pemasaran yang menjual dua jenis produk dalam satu paket dengan harga yang lebih murah. Strategi bundling ini diterapkan penjual dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan penjualan, memberi kemudahan pada pembeli, menghemat waktu, memperkecil biaya promosi, dan memberi nilai tambah besar pada konsumen.

Maka sangat mungkin bagi produsen yang melakukan strategi ini, untuk mampu meraih simpati konsumen dalam meraih penjualan pada target pasar yang telah menjadi sasaran. Paket bundling ini kebanyakan selalu menarik perhatian pembelinya. Karena dalam paket tersebut terdapat keuntungan yang ditawarkan oleh penjual, yang sudah bekerja sama. Untuk mempersembahkan dua jenis produk kepada konsumen.

Baca Juga :  Konsolidasi : Pengertian, Ciri, Dan Contoh Perusahaannya Lengkap

Pada umumnya paket bundling ini memang sangat menarik karena ada beberapa jenis tawaran promo dan juga bonus dari kedua perusahaan penyelenggara. Strategi penjualan dengan paket ini biasanya banyak dijumpai dalam penjualan ponsel pintar, walaupun tidak selalu begitu. Dalam kasus ponsel ini pada umumnya strategi paket bundling merajut kerjasama dengan pihak produsen atau vendor smartphone, dengan pihak operator telekomunikasi.

Sejarah Munculnya Paket Bundling

Sejarah munculnya paket bundling ini adalah pada saat dunia telekomunikasi menghadirkan ponsel CDMA tahun 1995 silam. Untuk menarik masyarakat dalam menggunakan ponsel dengan jaringan baru CDMA, maka kemudian vendor dan juga operator yang menghadirkan jaringan CDMA ini melakukan strategi paket bundling. Dengan strategi tersebut, para pembeli jadi banyak membeli ponsel CDMA tersebut.

Membludaknya pembelian ponsel CDMA tersebut karena konsumen mendapat keuntungan seperti misalnya aplikasi untuk Facebook, Twitter dan jejaring sosial lain dengan harga yang murah. Penerapan strategi paket ini lalu dicontoh oleh produsen vendor yang berasal dari Cina, dengan memberi paket perdana gratis. Strategi yang dilakukan oleh beberapa ponsel asal Tiongkok itu akhirnya berhasil dengan gemilang.

Dari Ponsel Low End ke Ponsel High End

Dari penerapan paket bundling ponsel kelas low end lalu strategi ini diikuti juga oleh ponsel kelas high end. Misalnya brand samsung dan blackberry yang pernah meraih sukses dengan paket bundlingnya, yaitu menawarkan modem 3G/HSDPA.

Beberapa vendor dan operator ponsel kelas high end menawarkan paket bundling mengedepankan layanan data. Mengenai inisiator paket bundling tersebut memang tak harus berasal dari pihak operator saja, karena pihak vendor tercatat jarang pernah menjadi inisiatif bundling seperti dengan menggandeng penyedia konten.

Baca Juga :  Pengertian Fluktuatif Secara Lengkap

Jenis Pembelian Produk Paket Bundling

Berdasarkan cara pembeliannya produk yang dijual dengan paket bundling ini dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu :

  1. Bundling Alternatif. Adalah suatu produk yang dijual dengan alternatif yang dimana konsumen memperoleh pilihan untuk membeli salah satu produk saja, atau membeli satu paket produk dengan cara bersamaan. Misalnya pembelian paket bundling netbook dengan modem, yang dimana konsumen mempunyai pilihan untuk membeli notebooknya saja atau membeli notebook sekaligus dengan modemnya.
  2. Bundling Murni. Adalah produk yang dijual dalam satu paket yang dimana konsumen tidak memiliki pilihan dan harus membeli produk dalam satu paket yang utuh. Misalnya pembelian rumah dengan interiornya, dalam satu paket utuh.

Sekian pembahasan lengkap tentang bundling yang ada di dalam bidang telekomunikasi atau gadget tertentu. Semoga informasi ini berguna bagi anda, dan dapat menambah wawasan anda semua.

Baca Juga :

Mengenal Strategi Paket Bundling, Jualan Konsep “Paketan” Lengkap | yurissa icha | 4.5