Menerangkan Sifat-Sifat Tokoh Dari Kutipan Novel Lengkap

Posted on

SIFAT-SIFAT TOKOH DARI KUTIPAN NOVEL

Pernah membaca novel hingga akhir cerita? Novel ialah karya sastra berbentuk prosa yang mengisahkan secara utuh problem kehidupan seorang tokoh atau beberapa orang tokoh. Pada novel, pengarang sengaja menciptakan keindahan dalam cerita melalui kata-kata yang disajikan.

Meski demikian, tidak semua pembaca dapat menangkap keindahan novel yang disajikan oleh para pengarang. Kebosanan dan ketidakpahaman alur cerita sering menjadi masalah. Hanya dengan konsentrasi dan ketelitian serta kecermatan yang tinggi, cerita dalam novel bisa dinikmati keindahannya.

Dalam penceritaan, watak tokoh dapat dipahami melalui penuturan dan ekspresi pembaca. Apa yang dialami tokoh itu bisa hidup. Tokoh seakan bicara Iangsung pada pendengar. Alhasil, pendengar dapat membedakan emosi tokoh yang sedang sedih, gembira, kecewa, dan perasaan lain.

Kutipan Novel

Penokohan ialah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh dalam cerita. Untuk menggambarkan karakter tokoh, pengarang dapat menggunakan teknik berikut ini.

  • Teknik analitik yang bermakna karakter tokoh diceritakan secara langsung oleh pengarang
  • Teknik dramatik yang berarti karakter tokoh dikemukakan melalui hal-hal berikut ini.
  • Penggambaran fisik dan perilaku tokoh
  • Penggambaran lingkungan kehidupan tokoh
  • Penggambaran tata kebahasaan tokoh

Gambaran Sifat Tokoh

Tokoh dalam novel pada umumnya dibagi dua, yakni tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis ialah tokoh yang biasanya memiliki sifat balk dan mendukung jalannya cerita. Tokoh antagonis ialah yang memiliki watak buruk dan menentang arus cerita. Tokoh protagonis mampu mendatangkan simpati dan empati, sedangkan antagonis memunculkan kebencian dan antipati pembaca.

Setiap tokoh yang ada dalam novel memiliki berbagal macam dimensi. Dimensi-dimensi itu dibagi tiga, yakni dimensi psikis, dimensi fisik, dan dimensi sosiologis.

READ  Bunyi : Pengertian, Macam, Karakteristik Beserta Penjelasannya Lengkap

Dimensi psikis atau dimensi kejiawaan

Penggambaran watak dan dimensi psikis yang dilakukan dengan melukiskan temperamen tokoh, seperti baik hati, penyabar, dermawan murah hati, pemaaf, atau yang lainnya.

Dimensi  fisik atau dimensi jasmaniah

Penggambaran watak dan dimensi fisiologis atau keadaan flsik yang dihubungkan dengan ciri-ciri fisik, seperti tinggi badan, warna kulit, potongan rambut, bentuk muka, jenis kelamin, dan lain-lain.

Dimensi sosiologis

Penggambaran watak dan dimensi sosiologis yang dikaitkan dengan persoalan suku bangsa, status sosial, pangkat atau kedudukan, profesi, pekerjaan, kekayaan, dan lain-lain.