8 Manfaat Indraja (Penginderaan Jauh) – Pengertian dan Tujuannya Lengkap

Posted on

Manfaat Indraja Penginderaan Jauh

MANFAAT INDRAJA

Tujuan utama indraja adalah merekam objek untuk mengumpulkan data sumber daya alam dan lingkungan. Hingga saat ini indraja makin banyak dimanfaatkan, antara lain karena alasan-alasan berikut ini.

Manfaat Indraja Penginderaan Jauh

  • Citra menggambarkan objek di permukaan bumi dengan wujud dan letak objek mirip yang sebenarnya, gambar relatif lengkap, liputan daerah yang luas dan sifat gambar yang permanen.
  • Citra tertentu dapat memberikan gambar tiga dimensi jika dilihat dengan menggunakan stereoskop. Gambar tiga dimensi itu sangat menguntungkan, antara lain karena menyajikan model objek (medan) yang jelas, relief lebih jelas, memungkinkan pengukuran beda tinggi, memungkinkan pengukuran lereng, dan memungkinkan pengukuran volume.
  • Citra dapat menggambarkan benda yang tidak tampak sehingga dimungkinkan pengenalan objeknya. Sebagai contoh adalah terjadinya kebocoran pipa bawah tanah.
  • Citra dapat dibuat secara cepat meskipun pada daerah yang sulit ditempuh melalui daratan, contohnya hutan, rawa, dan pegunungan.
  • Citra sebagai satu-satunya cara untuk pemetaan daerah bencana.

Indraja memiliki peran yang sangat besar dalam sistem informasi data dan pengelolaannya. Peran tersebut antara lain untuk mendeteksi perubahan data dan pengembangan model di berbagai kepentingan.

Perapan teknologi indraja antara lain berikut ini.

Bidang Kependudukan

Indraja menghasilkan data yang ringkas tentang lingkungan yang berkenaan dengan bumi. Salah satu aplikasi yang nyata pemanfaatan data indraja dalam bidang kependudukan adalah untuk memetakan distribusi spasial penduduk. Selain itu, data indraja juga dapat dimanfaatkan untuk meneliti dampak keberadaan  manusia dalam lingkungan hidup. Oleh karena ukuran penduduk terlalu kecil, pola distribusinya hanya dapat diinterpretasi secara tidak langsung, yaitu berdasarkan pola permukiman penduduk atau bukti lain yang tampak. Pola permukiman penduduk itu sendiri dapat diketahui dengan menginterpretasikan bentuk lahan dan penggunaannya.

READ  [TRIK CERPEN] Rahasia Menulis Cerpen Dari Penulis Legendaris

Bidang Meteorologi dan Klimatologi

Aplikasi indraja untuk bidang meteorologi dan klimatologi memiliki acuan yang sangat luas. Data yang dihasilkan oleh indraja penting untuk diterapkan guna mengetahui keadaan lingkungan atmosfer. Guna memperoleh data tentang lingkungan atmosfer melalui indraja, wahana yang diperlukan adalah satelit. Di antara satelit-satelit yang digunakan untuk informasi lingkungan atmosfer adalah Synchronous Meteoroligical Satellite (SMS) yang diluncurkan pada tanggal 17 Mei 1974. Generasi ketiga dan satelit itu diganti namanya menjadi Geosyncronous Operational Environment Satellite (GOES) yang diluncurkan pada tanggal 16 Oktober 1975.

Aplikasi indraja untuk bidang meteorologi dan klimatologi antara lain sebagai berikut.

  • Melakukan perekaman terhadap pola awan guna mengetahui bidang pergerakan tekanan udara.
  • Melakukan perekaman terhadap tingkat per-awanan dan kandungan air di udara untuk mengetahui keadaan cuaca dan iklim.

Bidang Pemetaan

Penggunaan indraja untuk pemetaan merupakan kegiatan yang umum dilakukan pada saat sekarang, antara lain pemetaan penggunaan lahan. Tahapan dalam pembuatan pola dengan menggunakan data indraja (foto udara) diawali dengan melakukan penggabungan foto udara dalam bentuk mozaik guna membatasi wilayah yang akan dipetakan.

Interpretasi merupakan kegiatan selanjutnya dan diikuti dengan uji medan yang didukung dengan berbagai data acuan.

Baca Juga :