Kontribusi – Konsep Dan Pengertiannya Lengkap

Kontribusi – Konsep Dan Pengertiannya Lengkap

Konsep Dan Pengertian Kontribusi Lengkap

Kontribusi Adalah – Banyak orang yang belum paham apa arti dari kontribusi secara teoritis. Sebagian besar masyarakat yang awam mengartikan kontribusi sebagai sumbangsih atau peran, dan keikutsertaan mereka dalam sebuah kegiatan. Padahal ada banyak pengertian dari kontribusi itu sendiri, dan menurut para ahli. Para ahli tersebut mengartikan kontribusi menurut pandangannya masing-masing. Misalnya dalam kalimat Dalam melakukan pembangunan di daerah masyarakat harus ikut berkontirbusi dalam pembangunan desa. Kontribusi dalam kalimat tersebut adalah adanya ikut campur dari masyarakat baik dalam bentuk tenaga,, pikiran, atau kepedulian dalam program atau kegiatan yang dilakukan oleh pihak tertentu.

Kontribusi juga tidak bisa diartikan sebagai keikutsertaan seseorang saja, dengan cara yang formalitas. Tapi juga harus ada bukti yang nyata atau aksi nyata, bahwa orang/kelompok itu ikut membantu dan ikut turun ke lapangan dalam mensukseskan sebuah kegiatan. Bentuk kontribusi yang dilakukan oleh masyarakat ini harus sesuai dengan kapasitas, atau kemampuan dari masing-masing orang tersebut. individu/kelompok dapat menyumbangkan pikirannya, tenaganya, dan materinya demi mengsukseskan kegiatan yang direncanakan demi untuk mencapai tujuan bersama. Itulah pengertian kontribusi secara umum.

Definisi kontribusi menurut Danny H adalah kontribusi merupakan sokongan yang berupa uang. Sokongan dalam pengertian itu diartikan ke dalam ruang lingkup yang jauh lebih sempit lagi, yaitu kontribusi dalam bantuan yang dikeluarkan oleh individu/kelompok yang berbentuk uang dan dana. Pengertian kontribusi menurut Yandianto dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia artinya adalah bentuk uang atau iuran, pada sebuah kegiatan untuk mencapai tujuan bersama yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tetapi kontribusi tak boleh hanya diartikan sebagai bentuk bantuan yang berupa uang atau materi saja. Hal itu akan membatasi bentuk kontribusi tersebut. artinya hanya orang-orang yang memiliki uang saja yang dapat melakukan kontribusi. Sedangkan kontribusi diartikan sebagai kepedulian atau keikutsertaan individu/kelompok pada sebuah kegiatan.

Baca Juga :  Pengertian Doktrin Dalam Berbagai Bidang Lengkap

Pengertian dari kontribusi itu sendiri adalah tak terbatas pada pemberian bantuan, yang berupa uang saja. Tetapi bantuan yang juga berupa bantuan tenaga, bantuan pemikiran, bantuan materi, dan segala macam bentuk bantuan. Yang sekiranya dapat membantu mensukseskan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya dalam mencapai tujuan bersama. Istilah ini sering kali dihubungkan dengan kajian ilmu manajemen. Kontribusi juga sering dijadikan variabel bebas atau variabel X, yang memengaruhi variabel terikat atau variabel Y.

Pengertian Kontribusi

Kontribusi adalah ke-ikutsertaan, keterlibatan, melibatkan diri maupun dalam bentuk sumbangan. Yang dalam hal ini kontribusi bisa berupa tindakan atau materi. Kontribusi berasal dari bahasa Inggris yaitu contribute, atau contribution. Dan dalam KBBI pengertian kontribusi adalah uang iuran, sumbangan (dalam perkumpulan, organisasi atau semacamnya).

Di dalam dunia bisnis kontribusi adalah jumlah pendapatan yang tersisa, sesudah seluruh biaya langsung dikurangi dengan pendapatan. Sisanya adalah jumlah yang tersedia dalam membayar biaya tetap, dan bahwa bisnis muncul dan timbul selama periode pelaporan. Kontribusi harus dihitung dengan menggunakan basis aktual, sehingga seluruh biaya yang terkait dengan pendapatan diakui di dalam periode yang sama dengan pendapatan. Bila tidak maka jumlah diakui dengan cara yang tidak benar, bisa mencakup biaya yang tak terkait dengan pendapatan. Atau tidak termasuk ke dalam biaya yang harus berkaitan dengan pendapatan.

Pengertian Kontribusi Di Dalam Empat Kategori

  1. Pada umumnya kontribusi dikenakan atau dibutuhkan pembayaran.
  2. Di dalam bidang akuntansi kontribusi adalah jumlah yang tersisa setelah variabel langsung, biaya yang dikurangkan dari pendapatan penjualan. yang juga disebut dengan pendapatan kotor, jumlah ini membayar langsung biaya tetap dan memberi kontribusi untuk laba yang bersih.
  3. Dalam bidang asuransi kontribusi adalah berbagi proposional kerugian oleh perusahaan asuransi, saat lebih dari satu kebijakan yang diambil oleh yang bertanggung jawab untuk bahaya yang sama. Berdasar pada kontrak ganti rugi, tertanggung dan tidak mendapat keuntungan darinya terlepas dari jumlah kebijakan yang ada.
  4. Dari segi hukum kontribusi adalah hak debitur bersama atau pelaku kerugian bersama. Yang membayar seluruh hutang atau kewajiban untuk pulih dari debitur yang lainnya bersama atau kerugian bersama, dengan saham masing-masing dari utang/kewajiban.
Baca Juga :  Contoh Surat Serah Terima Jabatan

Sekian pembahasan serta penjelasan lengkap mengenai pengertian kontribusi. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua, dan menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :