Kesenjangan Sosial Ekonomi – Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak Dan Contohnya Lengkap

Kesenjangan Sosial Ekonomi – Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak Dan Contohnya Lengkap

Kesenjangan Sosial – Pengertian kesenjangan sosial adalah sebuah keadaan/kondisi yang tak seimbang di dalam kehidupan sosial masyarakat, baik individu maupun kelompok. Yang dimana terjadi ketidakadilan atau ketidaksetaraan disitribusi mengenai hal yang dianggap penting dalam kehidupan masyarakat.

Kesenjangan Sosial Ekonomi

Kesenjangan sosial ini sering dihubungkan dengan perbedaan yang nyata dari segi finansial masyarakat, yang meliputi kekayaan harta, kekayaan barang dan jasa dan lainnya. Dengan adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat, maka bisa dilihat dari adanya peluang serta manfaat yang tak sama pada posisi sosial yang berbeda di dalam masyarakat tersebut.

Kesenjangan sosial juga bisa ditandai dengan ketidakseimbangan barang atau jasa, imbalan, kekayaan, kesempatan, dan hukum yang didapatkan masing-masing individu.

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

  1. Pengertian kesenjangan sosial menurut Rober Chambers adalah gejala yang timbul di masyarakat karena adanya perbedaan akan batas kemampuan finansial, dengan yang lainnya diantara masyarakat yang hidup di suatu wilayah tertentu.
  2. Pengertian kesenjangan sosial menurut KBBI adalah ketidakseimbangan, perbedaan, jurang pemisah, yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Pengertian kesenjangan sosial menurut Wikipedia adalah kesenjangan sosial yang berkaitan dengan kesenjangan dalam hal pendapatan, kekayaan, dan jurang pemisah antara kaya dan miskin, mengacu pada persebaran ukuran ekonomi di antara individu dalam kelompok, kelompok dalam populasi, atau antarnegara.
Baca Juga :  Contoh Surat Perubahan Nama Perusahaan Swasta

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Anda juga harus mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya kesenjangan sosial tersebut. berikut ini beberapa faktor penyebab dari terjadinya kesenjangan sosial. Diantaranya sebagai berikut :

1. Faktor Perbedaan Sumber Daya Alam

Tingkat perekonomian dalam suatu daerah dipengaruhi oleh sumber daya alam yang ada di daerah tersebut. laju ekonomi pun bisa berjalan dengan meningkat apabila ada SDA (Sumber Daya Alam) yang dikelola dengan baik.

Bila di suatu daerah kekurangan sumber daya alam, maka akan berpengaruh pada perekonomian di daerah tersebut yang cukup besar.

2. Faktor Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga bisa menjadi faktor munculnya kesenjangan sosial di masyarakat. Misalnya kebijakan program transmigrasi. Pada umumnya masyarakat pendatang lebih cepat maju dibanding dengan warga asli di suatu daerah.

Kesempatan yang lebih besar yang diberikan pada pendatang membuat mereka menjadi berkembang lebih cepat. Hal itu lalu menimbulkan kesenjangan sosial diantara dua kelompok masyarakat tersebut.

3. Faktor Pengaruh Globalisasi

Globalisasi juga bisa dimanfaatkan untuk mencapai kemajuan. Tetapi di sisi yang lain, globalisasi juga menimbulkan kesenjangan sosial ekonomi dalam masyarakat.

Kesenjangan sosial ini terjadi saat sebagian masyarakat tak bisa beradaptasi dan tidak memanfaatkan globalisasi dengan baik.

4. Faktor Demografis

Tingkat pertumbuhan masyarakat, pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, dan struktur kependudukan menunjukkan kondisi demografis suatu daerah.

Kondisi demografis di suatu daerah dengan daerah lainnya yang berbeda, bisa menyebabkan kesenjangan sosial juga. Karena produktivitas kerja masyarakat pada suatu daerah dengan daerah yang lainnya tidak sama.

5. Faktor Letak dan Kondisi Geografis

Secara umum tingkat pembangunan di suatu daerah dipengaruhi oleh letak serta kondisi geografisnya. Masyarakat yang ada di dataran tinggi cenderung lebih sulit dan butuh waktu dalam membangun infrastruktur, dibanding masyarakat yang ada di dataran rendah.

Baca Juga :  Pengertian Rasional – Tipe, Contoh Sikap Atau Tindakan Rasional Lengkap

Hal itu menyebabkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah cenderung lebih cepat berkembang. Lalu hal itu menimbulkan kesenjangan sosial di dua masyarakat tersebut.

Dampak Kesenjangan Sosial

Berikut ini dampak secara tak langsung, dari adanya kesenjangan sosial di masyarakat. Diantaranya yaitu :

Kemiskinan dan Pengangguran

Kesenjangan sosial biasanya ditandai dengan angka kemiskinan dan pengangguran, yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bila masyarakat miskin dan menganggur lebih dominan di suatu negara, maka pendapatannya pun akan lebih rendah.

Dengan pendapatan yang tak pasti dan cenderung rendah, maka daya beli masyarakatnya pada kebutuhan sekunder akan menurun. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan keuntungan perusahaan yang tidak optimal.

Target Pasar yang Tidak Jelas

Sesuai dengan pengertiannya, yang dimana terjadinya ketimpangan yang signifikan diantara masyarakat maka hal itu akan membuat target pasar perusahaan arahnya menjadi tidak jelas. Bila perusahaan mempunyai target pasar di kalangan menengah ke bawah, maka hal itu cenderung akan merugikan perusahaan karena daya beli mereka biasanya lebih stabil.

Walaupun perusahaan mempunyai target di kalangan menengah ke atas, hal itu tidak menjamin perusahaan akan mengalami keuntungan. Karena kalangat elit di Indonesia biasanya lebih suka produk luar negeri, dibanding produk dalam negeri.

Sulit Mencari Tenaga Kerja yang Kompeten

Kenyataannya walaupun banyak pengangguran di Indonesia, tapi banyak juga perusahaan yang mengaku kesulitan dalam memperoleh tenaga kerja yang kompeten. Kesenjangan sosial menyebabkan tingkat serta kualitas pendidikan di masyarakat, banyak yang ada di bawah rata-rata.

Walaupun banyak yang memiliki gelar sarjana tapi kenyataannya keahlian mereka banyak yang belum diperlukan di negara ini, apalagi bila mereka masih fresh graduate.

Maraknya Tindak Kejahatan

Kasus kejahatan di Indonesia terbilang sangat tinggi. Bahkan akhir-akhir ini banyak hacker yang merugikan perusahaan besar, karena meretas data penting perusahaan.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan Untuk Perusahaan Ke Karyawan Shift

Tingginya tindak kriminal di masyarakat bisa terjadi karena masalah finansial akibat dari kesenjangan sosial. Hingga saat ini ekonomi menjadi salah satu faktor terbesar, yang menyebabkan seseorang/sekelompok orang berbuat jahat.

Contoh Kesenjangan Sosial

Contoh konkrit kesenjangan sosial yang ada dalam kehidupan nyata di Indonesia, bisa dilihat dari Kota Jakarta yang menjadi Ibukota. Sebagai kota metropolitan dengan banyaknya gedung yang tinggi, rumah-rumah mewah, teknologi yang sangat maju. Tapi dalam kenyataannya masih banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan, dengan lingkungan tempat tinggal yang kumuh.

Kondisi seperti itu banyak terjadi juga di wilayah lainnya dan sampai saat ini belum mendapat solusi yang nyata. Karena kesenjangan sosial bukan masalah yang bisa diatasi dengan mudah dan cepat, karena menyangkut hidup banyak orang serta komunitas yang terlibat.

Contoh kesenjangan sosial di masyarakat :

  • Ketidakadilan hukum; koruptor yang mengambil uang negara miliaran rupiah dihukum penjara selama 2 tahun, sedangkan pencuri kambing dihukum 3 tahun penjara.
  • Fasilitas umum; kurangnya fasilitas umum bagi para penyandang cacat.
  • Perlakuan sosial; masyarakat yang berpenampilan mewah diperlakukan lebih baik oleh pelayan ketimbang masyarakat dengan berpenampilan biasa saja.

Sekian penjelasan tentang kesenjangan sosial, yang mencakup pengertian, faktor penyebab, dampak, dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :

Kesenjangan Sosial Ekonomi – Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak Dan Contohnya Lengkap | yurissa icha | 4.5