4 Sarana Bantu Yang Digunakan Untuk Mempelajari Ilmu Geografi

Posted on

Jelaskan Sarana Bantu Yang Digunakan Untuk Mempelajari Ilmu Geografi

SARANA BANTU GEOGRAFI

Oleh karena kajian geografi sangat luas untuk memberikan gambaran tentang fenomena-fenomena yang terjadi diperlukan sarana bantu, antara lain tabel, peta, diagram, dan grafik.

4 Sarana Bantu Yang Digunakan Untuk Mempelajari Ilmu Geografi

Tabel

Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data atau informasi yang biasanya berupa kata-kata atau bilangan yang tersusun secara sistematis, urut ke bawah dalam kolom dan baris tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah dipahami. Misalnya, Tabel Kepadatan Penduduk di Indonesia Tahun 2000. Di dalam tabel tersebut berisi nama-nama daerah di Indonesia beserta luas daerah dan jumlah penduduknya tiap kilometer persegi.

Peta

Peta adalah gambar sebagian atau seluruh permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala tertentu. Peta sangat bermanfaat untuk melihat persebaran fenomena geografi, baik peta yang bersifat umum maupun peta yang bersifat khusus.

Diagram

Diagram adalah gambaran (sketsa) untuk menjelaskan suatu gejala, misalnya perbandingan jumlah produksi pertanian. Penggambaran dapat berupa diagram batang atau lingkaran.

Grafik

Grafik adalah lukisan pasang surut nilai suatu fenomena yang dilukiskan dengan menggunakan garis. Contohnya Grafik Pertumbuhan Penduduk Indonesia Tahun 1960 – 2000.

Baca Juga :

Baca Juga :  Perbedaan Peta Dan Citra Penginderaan Jauh Terlengkap