Manfaat Ilmu Geografi di Bidang Pertanian dan Industri

Posted on

Manfaat Ilmu Geografi di Bidang Pertanian dan Industri

MANFAAT GEOGRAFI

Geografi mempunyai landasan yang kuat untuk mempelajari setiap fenomena secara utuh dan menyeluruh demi kepentingan manusia. Fenomenafen0mena geosfer dipelajari untuk perencanaan proses, dan keberhasilan pembangunan. Oleh karena itu, ahli geografi harus dapat menjelaskan fenomena yang terjadi di permukaan bumi secara objektif dan menunjukkan ljkasi serta persebarannya.

Manfaat Ilmu Geografi di Bidang Pertanian dan Industri

Ilmu dan sarana bantu geografi dapat digunakan ntuk menjelaskan hubungan antargejala di permukaan bumi dan berbagai aspek kehidupan, contohnya pertanian dan industri.

Bidang Pertanian

Ditinjau dari segi geografi, pertanian merupakan sistem keruangan yang terdiri dari aspek fisik dan aspek manusia. Adapun aspek manusia meliputi tenaga kerja, tradisi kehidupan, teknologi, dan ekonomi masyarakat.

Analisis hubungan antara aspek fisik dan manusia tersebut dalam studi geografi sangat bermanfaat untuk menyusun diversifikasi tanaman pada lahan pertanian. Hal itu penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan lahan agar produktivitas lahan tetap tinggi.

Bidang Industri

Tinjauan geografi terhadap aspek industri terutama pada hubungan antara aspek fisik dan aspek manusia. Aspek fisik antara lain meliputi lahan, bahan baku, dan sumber daya energi. Aspek manusia antara lain meliputi tenaga kerja, tradisi, teknologi, konsumen, dan pasar. Hasil analisis hubungan antara aspek fisik an aspek manusia tersebut digunakan untuk menyusun rencana pembangunan dan pengembangan industri. Sebagai contoh, dalam rangka mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata, lokasi industri sebaiknya diarahkan ke daerah yang masih jarang penduduknya.