Intervensi – Pengertian, Jenis Dan Bentuknya Lengkap

Intervensi – Pengertian, Jenis Dan Bentuknya Lengkap

Intervensi – Pengertian, Jenis Dan Bentuknya Lengkap

Intervensi – Pada umumnya pengertian intervensi adalah suatu upaya dalam mencampuri, mempengaruhi, bahkan mengendalikan pihak lain. Yang tujuannya adalah untuk mewujudkan tujuan tertentu pada pihak yang diintervensi. Ada pula definisi dari intervensi yaitu sebagai tindakan ikut campur pada urusan politik, ekonomi, dan budaya dari negara lain.

Intervensi

Walaupun banyak orang yang menganggap intervensi sebagai tindakan ikut campur yang berlebihan, yang pada dasarnya intervensi sering dilakukan karena memang ada niat untuk membantu. Istilah ini sering digunakan di beragam bidang, misalnya kesehatan, pemerintahan, politik, keperawatan, pendidikan, psikologi, dan lainnya.

Berikut ini beberapa pengertian intervensi dalam berbagai bidang :

  1. Arti intervensi kesehatan adalah tindakan logis yang dilakukan untuk kepentingan pasien. Contohnya kolaborasi dokter dengan perawat untuk memberi perawatan terbaik bagi pasiennya.
  2. Intervensi pemerintah adalah tindakan mencampuri konflik diantara dua pihak yang sedang bertikai, dan yang dilakukan oleh penguasa atau pemerintah demi tujuan yang baik.
  3. Intervensi keperawatan yaitu tindakan campur tangan dari dokter/perawat dalam membantu kesembuhan pasien.

Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

  1. Pengertian intervensi menurut Parry dan Grant adalah tindakan turun campur sebuah negara, yang secara diktator pada negara lainnya dengan tujuan untuk menjaga atau mengubah kondisi aktual tertentu.
  2. Pengertian intervensi menurut Oppenheiman Lauterpacht adalah campur tangan sebuah negara dengan diktator, pada urusan dalam negeri negara lain dengan tujuan utamanya yaitu untuk memelihara atau mengubah kondisi, situasi atau barang yang ada di negara tersebut.
  3. Pengertian intervensi menurut Gordon (1994) adalah campur tangan dokter/perawat yang dilakukan untuk membantu kesembuhan pasien seperti sediakala.
  4. Pengertian intervensi menurut J.G. Starke adalah bentuk propaganda atau kegiatan lainnya, yang dilakukan oleh negara dengan tujuan untuk mendorong terjadinya revolusi atau perang saudara di negara lain.
  5. Pengertian intervensi menurut Dr. Wirjono Prodojodikoro adalah campur tangan negara asing yang bersifat menekan, dengan alat kekerasan atau dengan ancaman dalam melakukan kekerasan jika keinginannya tak terpenuhi.
Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan Pengalaman Kerja Anak Magang

Jenis Intervensi

Invertensi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berdasarkan jangakauannya dan dampaknya. Berikut penjelasannya :

1. Intervensi Berdasarkan Jangkauannya

  • Intervensi Internal. Adalah tindakan campur tangan yang dilakukan oleh negara asing dalam memberi dukungan kepada kelompok tertentu dalam rangka kegiatan pemberontakan pada pemerintah yang sah.
  • Intervensi Eksternal. Adalah tindakan campur tangan dari negara asing atas perang yang terjadi diantara negara lainnya, yang dimana tujuannya yaitu untuk mendamaikan tanpa membela salah satu pihak yang terlibat perang tersebut.
  • Intervensi Reprisal. Adalah tindakan campur tangan yang dilakukan oleh negara yang tujuannya adalah untuk membalas kerugian yang diderita oleh negara lain, dengan cara menimbulkan kerugian contohnya blokade.

2. Intervensi Berdasarkan Dampaknya

  • Intervensi Positif. Adalah bentuk campur tangan dari negara asing atau lembaga dunia, yang dimana tujuannya yaitu untuk menegakkan keadilan. PBB merupakan salah satu organisasi internasional yang sering melakukan tindakan intervensi positif.
  • Intervensi Negatif. Adalah campur tangan dari negara asing dengan tujuan untuk mendapat atau memanfaatkan beragam produk, yang ada di suatu negara. Bentuk intervensi negatif ini sering dilakukan oleh negara maju pada negara berkembang.

Bentuk Intervensi

Intervensi Diplomatik

Adalah campur tangan yang dimana seorang diplomat memberi komentar yang memihak pada masalah politik yang terjadi di negara tempatnya bertugas.

Intervensi Klasik

Adalah bentuk campur tangan yang dilakukan dengan kegiatan atau misi rahasia. Salah satu bentuk dan contoh intervensi ini adalah menyuap pejabat negara pada negara sasarannya supaya mau melakukan suatu tindakan tertentu.

Pameran Kekuatan Militer

Merupakan bentuk intervensi yang efisien dengan biaya yang relatif murah dan resikonya rendah dibandingkan dengan melakukan pengiriman kekuatan militer di suatu tempat.

Baca Juga :  Contoh Surat Serah Terima Barang Pinjaman "Keperluan Usaha dan Umum"

Gerakan Bawah Tanah (Subversi)

Adalah suatu gerakan politik dan militer yang terorganisir, ditunjang, dan diarahkan negara asing, yang dimana tujuannya adalah untuk memanfaatkan beragam elemen di negara sasaran.

Gerakan Gerilya

Adalah bentuk intervensi hasil perpaduan antara subversi dengan sistem perang konvensional. Gerilya tidak selalu merupakan hasil intervensi dari kekuatan asing, tapi cukup sering kegiatan gerilya yang merupakan intervensi dan manifestasi.

Intervensi Militer

Merupakan bentuk campur tangan yang diwujudkan dengan cara mengirim ekspedisi militer dalam menunjang pemerintahan yang sedang berkuasa, atau membantu kelompok pemberontak.

Demikian uraian tentang intervensi yang dilengkapi dengan pengertian, jenis dan juga bentuknya. Semoga artikel ini berguna bagi anda dan dapat menambah wawasan.

Baca Juga :